Monday, July 20, 2009

Dilarang Bicara Pada Waktu Khotbah

Dilarang Bicara Pada Waktu Khotbah


Peristiwa ini terjadi kala saya sedang menjalankan tugas pendampingan masyarakat di salah satu bagian di Kabupaten Pemalang, tepatnya beberapa hari yang lalu. Berhubung sudah masuk waktu sholat, maka bersama teman-teman menunaikan kewajiban didalam kewajiban menjalankan pekerjaan.

Tanpa di sengaja dan tanpa diduga, mak bedunguk, mak jegagik, tiba-tiba pandangan saya tertuju pada secarik kertas yang ditempel di dinding masjid. Seuntai kalimat yang maksudnya bagus tapi penulisannya membuat ketawa, minimal tersenyum pembacanya: "Dilarang Bicara pada waktu khotbah"

Setelah membaca tulisan itu, saya langsung grenengan dengan teman saya.

"Kang, kasihan bener ya jadi khotib di sini", kata saya pada temen saya

"Loh kenapa emangnya...?"

"Coba njenengan baca tulisan itu....!!! Khotib disini kalau khotbah harus pake bahasa isyarat", kata saya sambil menunjukkan tulisan yang ada.

Bukan jawaban yang aku dapatkan, tetapi tawa yang menggelegak melebihi bom JW Marriot dan Ritz Charlton. (lebai dikit gak apa-apa ah).

Mungkin kalau Paijo melihatnya dia akan ngamuk-ngamuk seperti pada saat lihat rambu lalu lintas Belok Kiri Jalan Terus atau tulisan di gerbang kota yang berbunyi Selamat datang/Jalan Kota Ngan.

Perlu diketahui, bahwa tulisan ini bukan untuk menyalahkan atau menggungat tukang tulis menulis. Hanya saja saya merasa agak risih juga membaca tulisan yang seharusnya bisa mencerahkan bagi kita akan tetapi justru menggelikan.

25 comments:

  1. wahahaha...
    khutbahe pake rekaman kaset boleh kan...

    ReplyDelete
  2. Ya, itulah salah satu contoh centang-perenang bahasa Indonesia :D

    ReplyDelete
  3. hmmm.. salah kaprah jadi lucu ya bro xixixi

    ReplyDelete
  4. kalau khotib gak ngomong berarti gak ada khotbah dong.
    gimana sih??

    kalau diganti belok kiri jalan kiri emangnya kepiting?

    ReplyDelete
  5. kalau khotib gak ngomong berarti gak ada khotbah dong.
    gimana sih??

    kalau diganti belok kiri jalan kiri emangnya kepiting?

    ReplyDelete
  6. Podo karo tulisan di pintu rumah yang mau di sewakan...
    Seringnya ditulis: DIKONTRAKAN...

    Saya suka mesem2, ning kontrakane sopo?
    Mustinya kan DIKONTRAKKAN.

    ReplyDelete
  7. Dilarang bicara saat Khotbah berlangsung
    Gitu kali ya?
    waduh...bingung bos...
    Beri pencerahannya dong...

    ReplyDelete
  8. Yup bener banget, karena kalau berbicara sholat kita bakalan sia2

    ReplyDelete
  9. hehe ... banyak yang salah kaprah memang kalau bikin tulisan perinagatan atau petunjuk masyarakat kita ini, mas pencerah. baca juga yang ada di wc. seelah kencing harap digebyur, keke ...

    ReplyDelete
  10. ya sahabatku

    makasih atas doanya selama ini
    Insyaallah ini hari terakhir saya tuk bedrest
    Dan esok bisa kembali beraktifitas :)

    ReplyDelete
  11. seperti yang bawa HP harap dimatikan he..he..

    ReplyDelete
  12. SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG

    ReplyDelete
  13. Kadan kadang dibalik peristiwa yang pahit sekalipun masih terdapat suatu 'kegelian'. Tergantung kita mau dibuat geli atau tidak geli. halah...

    ReplyDelete
  14. belok kiri jalan terus => turn left go ahead
    indonesia sama englaisnya sama anehnya,kok :D

    ReplyDelete
  15. saya bukan menyalahkan yang nulis. berarti para khotibnya engga bisa baca donk xiixixi *ngumpet ah takut di laporin remas masjid hehe

    ReplyDelete
  16. Agar kalimat tersebut jadi "cerrah" artinya, perlu ditambah "kecuali khotib" berarti ya..
    Hehe

    ReplyDelete
  17. wakakakak dah modern khatibnya pake bahasa iysarat aja dah ngerti semua tuh jemaahnya.......
    karena khatib di larang bicara

    ReplyDelete
  18. Nglirix commentnya Blogspot Template :D ckckckck ...

    ReplyDelete
  19. betul, mas pencerah. pengumuman2 macam itu emang banyak mengandung kesalahan logika. tapi gak banyak disadari!

    ReplyDelete
  20. Hahaha...itu mah beda persoalan sob...
    eh, ternyata aku udah komeng ya disini *insomnia kambuh*

    ReplyDelete
  21. Mungkin kalimatnya perlu diubah menjadi : "berbicara saat khatib berkhotbah bisa menghilangkan pahala solat Jumat"..

    ReplyDelete
  22. One accessory that many pandora beads women consider a necessity is a handbag. In fact there is such a demand for pandora bracelet ladies handbags in the marketplace that the selection just constantly pandora bracelets ebay increases. As each new season begins there are pandora bracelets uk dozens of new designs of ladies handbags available. pandora charm bracelet Every woman has her own sense of style and therefore she’ll tend to purchase ladies pandora charms handbags that reflect that. For some women they only buy designer ladies handbags. pandora charms bracelets These particular types of ladies handbags are crafted from the finest materials and pandora jewellery carry the names of some of the most celebrated designers in the world. Designer pandora jewelry ladies handbags are very expensive but many women view them as a fashion pandora uk investment.

    ReplyDelete
  23. The fashion ed hardy shoes for girls skinny leg denim jeans is massive! There are sever ed hardy shoes al reasons for this following. Firstly, these ed hardy shoes figure squeezing jeans are well-liked by teen superstars and girls often like to emulate their most loved star. They are also very easy to wear – jeans complement everything in your wardrobe and can be dressed up or dressed down
    based on the situation. Additionally, young women and teen girls prefer ed hardy clothing to have on something their own mothers can’t, and skinny ed hardy outlet leg jeans fit this description.

    ReplyDelete
  24. Whenever wandering thomas sabo charms in a very wintry thomas sabo jewellery wonderland totals some sparkle thomas sabo uk to any eyes, and even memories thomas sabo rings of any big day thomas sabo watch to the fields makes a thomas sabo watches grin on your face, or thomas sabo wholesale simply the original thomas sobo bracelets snowflakes of the weather sabo jewellery build someone feel like thomas charm bracelets a baby when, a perfect gift idea is thomas sabo rings correct on you- Snowflake thomas sabo watch earrings. Snowflake thomas sabo watches bracelets, hooks and pendants arrive thomas sabo wholesale lots of types. There may for thomas sobo bracelets certain a single i mean the ideal section for you, above thomas sabo charm all, to one's special someone.New discovery a couple of snowflake rendering it a real ideal bracelets focus?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab