Thursday, July 23, 2009

Penilai yang Tidak Bisa Menilai

Penilai Yang Tidak Bisa Menilai.


Memberikan penilaian merupakan hal yang mudah, tetapi memberikan penilaian secara obyektif hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki kecerdasan pikiran (otak) dan emosi.

Untuk membuat penilaian yang bagus dan obyektif, kita perlu merumuskan beberapa variabel terlebih dulu. Semakin banyak variabel yang dinilai, semakin bagus penilaian. Namun, perlu pemikiran yang teliti dan waktu yang tidak sedikit.

Penilaian akan lebih mudah dilakukan apabila variabel yang digunakan bersifat kuantitatif (angka). Sedangkan penilaian dgn variabel kualitatif sangat mengedepankan kemampuan dari si penilai itu sendiri.

Jadi, apabila kita pernah merasa didholimi karena penilaian terhadap diri kita yang kurang pas, maka silahkan perhatikan Sang Penilai. Mungkin kemampuannya dalam menilai sesuatu 'hanya segitu', sebab Tuhan tidak menganugrahi semua manusia dengan kemampuan otak dan hati yang baik. Semoga bisa menjadi pencerah bagi kita semua. Amien

21 comments:

  1. Ini yang dinilai lomba apa mas? kalo lombanya balap karung duh ga ikutan deh...secara tubuh lagi melar melarnya mo balap karung lum berani nunggu tujuh belasan aja ya mas....

    ReplyDelete
  2. hahaha... kok balap karung sih?hiii kaya agustusan ajah

    ReplyDelete
  3. Sip deh. Ini membuat saya mesti lebih berhati-hati lagi dalam mengkritik lewat tulisan.

    ReplyDelete
  4. nah menjadi penilai itu memang ga mudah bang. saya pernah disuruh jadi tim penilai utk lomba tari. dan saya pusing menilainya :D

    ReplyDelete
  5. Hidup ini hanyalah sebuah Persepsi saja...., ada 100 kepala, yah ada 100 persepsi, sementara persepsi tergantng dari input yang masuk kedalam otak kita, mungkin ini yang bisa membuat kita untuk lebih mengerti orang lain.
    Hati-hati dengan hati karena disana ada perasaan, mencoba mengerti orang lain dari pada kita ingin dimengerti, itu sepertinya lebih baik.
    salam silaturahim sahabat ....

    ReplyDelete
  6. Nilai D saya ada 2!
    huhuhu..

    *yak,saya curcol*

    ReplyDelete
  7. saya sih cuek-cuek aja dinilai kayak apa...
    karena sama sekali bukan pencerahan ya kan?

    ReplyDelete
  8. Paling penak maneh tukang maido mas...

    ReplyDelete
  9. MENILAI KALAU SUDAH ADA STANDARNYA ENAK CENDERUNG OBYEKTIF TAPI KALAU TIDAK ADA STANDAR BAKUNYA YA RELATIF SUBYEKTIF MAS

    ReplyDelete
  10. ada baiknya jika kita hendak menilai sesuatu, sebaiknya kita harus bisa menilai diri sendiri dulu...
    penilaian yg diberikan seseorang kepada kita, itu sebuah penghormatan lho, karena mereka masih memberikan perhatiannya kepada kita, baik buruknya nilai tersebut, anggap saja sebagai kritikan membangun untuk kita...

    always positife thinking.....
    Stop Dreaming Start Action

    ReplyDelete
  11. aq paling ga suka dinilai..
    tapi dalam hati suka alhamdulillah ..ternyata sudah ada yg mengingatkan.

    ReplyDelete
  12. kudu sing netral pokok e, salam kenal

    ReplyDelete
  13. duh jadi engga berani klao dipilih jadi penilai
    sementara saya saya sendiri belom bisa menilai diri sendiri

    ReplyDelete
  14. memang bukan hal yang mudah utk menjadi oenilai yang benar2 100% objektif, mas pencerah. selain menggunakan variabel2 tertentu, menilai sesuatu juga perlu dg hati dan perasaan.

    ReplyDelete
  15. yang enak lagi jadi tim oposisi ;)

    ReplyDelete
  16. Menjadi penilai memang tidak mudah, salah-salah bikin siswa kecewa. Terima kasih pencerahannya.

    ReplyDelete
  17. penilaian yg subyektif memang relatif ya bro

    ReplyDelete
  18. kan kita juga manusia biasa
    pasti kadang kala ada kesalahan dalam penilaian
    ya nggak??
    hehehehe

    ReplyDelete
  19. penilaian dilihat dari sudut apa dulu sob. Masing2 orang punya standarisasi sendiri2 dalam menilai sesuatu. :D
    coba sobat nilai saya, "ganteng ga?" *narsis kumat*

    ReplyDelete
  20. Whenever wandering thomas sabo charms in a very wintry thomas sabo jewellery wonderland totals some sparkle thomas sabo uk to any eyes, and even memories thomas sabo rings of any big day thomas sabo watch to the fields makes a thomas sabo watches grin on your face, or thomas sabo wholesale simply the original thomas sobo bracelets snowflakes of the weather sabo jewellery build someone feel like thomas charm bracelets a baby when, a perfect gift idea is thomas sabo rings correct on you- Snowflake thomas sabo watch earrings. Snowflake thomas sabo watches bracelets, hooks and pendants arrive thomas sabo wholesale lots of types. There may for thomas sobo bracelets certain a single i mean the ideal section for you, above thomas sabo charm all, to one's special someone.New discovery a couple of snowflake rendering it a real ideal bracelets focus?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab