Thursday, July 30, 2009

Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil

Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil:

Pengoptimalan Potensi Lokal di Kabupaten Pemalang





Keberadaan pohon kelapa merupakan suatu hal yang biasa di wilayah negara Indonesia. Hampir disetiap daerah, terutama kawasan pesisir pohon serbaguna tersebut tumbuh dengan tegaknya.
Untuk memanfaatkan potensi yang ada tersebut, masyarakat Desa Kendalrejo Kec Petarukan Kab Pemalang mengajukan usulan kepada BKM Maju Mandiri untuk mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil), salah satu produk turunan buah kelapa yang bisa dijadikan obat.


Secara kebetulan, didesa Kendalrejo terdapat pembuat VCO yang sudah cukup berhasil. Proposal yang diajukan oleh masyarakat Kendalrejo melalui KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) Bina Usaha langsung diterima. Adapun dana yang nantinya akan digunakan untuk membiayai kegiatan pelatihan tersebut diambilkan dana dari BLM PNPM Mandiri Perkotaan Tahap III sebesar Rp 3.814.000,- yang ditambahkan dengan swadaya masyarakat sebesar Rp 1.372.000,-.

Pelatihan yang diikuti oleh 20 peserta tersebut akhirnya diadakan di Balai Desa Kendalrejo pada hari Selasa, 12 Mei 2009. Pada saat penjelasan teori, M Suja’i tentor kegiatan pelatihan menyampaikan bahwa pelatihan pembuatan VCO terdiri dari 6 kegiatan pokok, yaitu teori umum, pengenalan alat dan bahan, praktek pembuatan VCO, penyaringan, pengolahan limbah dan pengemasan hasilnya.



Kegiatan praktek pembuatan VCO dimulai dengan pengupasan kelapa dan pembersihan yang dilanjutkan dengan pemarutan kelapa. Untuk memarut kelapa tersebut, diipergunakan dua buah mesin pemarut kelapa. Selanjutnya ampas kelapa tersebut diperas dengan menggunakan mesin pengepres untuk diambil santannya yang selanjutnya di saring dan diendapkan selama 2 jam.
Setelah diendapkan dan diambil airnya dengan selang penyedot, maka tersisa krim santan yang selanjutnya diendapkan lagi selama 6 jam. Hasil endapan yang sebenarnya terdiri dari VCO, minyak goreng (Blondo) dan air. Setelah ketiganya dipisahkan, maka VCO disaring dengan batu zeolit dan blondo dipanaskan untuk diambil minyak kelapanya. VCO yang sudah bersih selanjutnya dikemas dan siap untuk dipasarkan.

Satu kemasan VCO dengan volume 100 cc, biasanya dijual di apotik-apotik dengan harga Rp 30.000,-. VCO merupakan salah satu minuman kesehatan yang memiliki banyak manfaat, antara lain untuk obat kolesterol tinggi, penyakit jantung, darah tinggi, osteoporosis, HIV/AIDS, Liver, diabetes, hepatitis, obesitas, kanker, TBC, asma, berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur serta sebagai anti oksidan dan peningkat daya tahan tubuh. Untuk kedepannya, KSM Bina Usaha juga sedang merintis kemitraan dengan Disperindag Kabupaten Pemalang untuk mendapatkan pelatihan pembuatan sabun dari buah kelapa.

Semoga dengan adanya kegiatan pelatihan pembuatan VCO yang dilaksanakan oleh KSM Bina Usaha Desa Kendalrejo Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang tersebut mampu menggugah kelompok masyarakat lainnya untuk memanfatkan potensi yang ada disekitarnya. Saatnya kita kembali ke potensi alam untuk mengembalikan fitrah negara indonesia sebagai negara agraris yang disegani oleh negara-negara lain.



(Eka, Tim V PNPM MP Kab Pemalang)

28 comments:

  1. nitip

    ikutan vote di sini: Jadikan Pulau Komodo Sebagai 7 Keajaiban Dunia Jangan sampai kita kehilangan 'Borobudur' lagi! (he.. he..)

    ReplyDelete
  2. Pohon kelapa memang selalu membawa manfaat.
    Tinggal kita bisa apa tidak?

    ReplyDelete
  3. wakh kalo deket ama aku, pengen dech ikutan

    ReplyDelete
  4. khasiatnya wah...
    kok bisa serba guna begitu sih... hebat banget...
    maju terus KSM Bina Usaha.

    ReplyDelete
  5. wah.. jadi pengin bikin vco juga. di tempatku banyak klopoooo

    ReplyDelete
  6. kalo saya, enakan beli aja deh mas, hehehhe....

    ReplyDelete
  7. harus ada pemasarannya, biar banyak yang beli. :D

    ReplyDelete
  8. bagus boz harus tetap SEMANGAT buat pelatihannya dan produknya, semoga selalu lancar dalam pemasarannya.

    ReplyDelete
  9. " banyak manfaat, antara lain untuk obat kolesterol tinggi, penyakit jantung, darah tinggi, osteoporosis, HIV/AIDS," oooo kirain obat untuk kembali jadi perawan wakakaka

    eh emang hiv/aids bisa disembuhkan ya?

    ReplyDelete
  10. seep deh...
    semoga pelatihan ini bisa banyak bermanfaat bagi masyarakat...
    semoga dengan diadakan pelatihan ini, bisa memajukan masyarakat dan memperbaiki perekonomian masyarakat...

    salam kenal :D
    Start Ation

    ReplyDelete
  11. pelatihan seperti ini perlu dilakukan di tempat lain juga lho mas, agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan

    ReplyDelete
  12. sungguh mulia bos hati si bos

    ReplyDelete
  13. wah bagus banget tuh, seandainya saya bisa ikut yach

    ReplyDelete
  14. Betul,semoga pelatihan seperti it bs memajukan masyarakat,
    salam kenal :P

    ReplyDelete
  15. setuju tuh , gitu donk ... kasih pelatihan plus kredit buat rakyat , biar makmur .

    ReplyDelete
  16. amiin..

    wah hebat pak.. layak dan harus ditiru kawan2 yang lain...

    ReplyDelete
  17. Ada pelatihan buat Es Kelapa Muda nggak ya???

    ReplyDelete
  18. trims mas infonya. sebuah karyanyata dalam meningkatkan potensi masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya di lingkungan sekitar. Semoga sukses selalu. Salam sukses.

    ReplyDelete
  19. Terima kasih ilmunya.

    Selamat berjuang KSM Bina Usaha, semoga sukses. Amin.

    Salam kenal.

    ReplyDelete
  20. wah pinter tenan gawe vco. mugo2 sukses selalu yo mas

    ReplyDelete
  21. semoga sajah cah.. untungnya di desaku sudah ada kegitan semacam ini.

    ReplyDelete
  22. One accessory that many pandora beads women consider a necessity is a handbag. In fact there is such a demand for pandora bracelet ladies handbags in the marketplace that the selection just constantly pandora bracelets ebay increases. As each new season begins there are pandora bracelets uk dozens of new designs of ladies handbags available. pandora charm bracelet Every woman has her own sense of style and therefore she’ll tend to purchase ladies pandora charms handbags that reflect that. For some women they only buy designer ladies handbags. pandora charms bracelets These particular types of ladies handbags are crafted from the finest materials and pandora jewellery carry the names of some of the most celebrated designers in the world. Designer pandora jewelry ladies handbags are very expensive but many women view them as a fashion pandora uk investment.

    ReplyDelete
  23. Wuihhh...ternyata di desa kita ini banyak juga industri-industri pengobatan...maju tyuzzz kendalrejo.. Aminn...

    ReplyDelete
  24. Wuihhh...ternyata di desa kita ini banyak juga industri-industri pengobatan...maju tyuzzz kendalrejo.. Aminn... (Sorry di ulang, untuk ke web gak bener...)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab