Monday, March 2, 2009

Klaten

KLATEN



16 tahun hidup di suatu tempat belum cukup untuk meyakinkan kita betapa beruntungnya kita bisa bertempat tinggal di daerah tersebut. 16 tahun sudah aku bernaung di Klaten, sebuah kota "kecil" yang berada diantara kota besar yaitu Jogja-Solo, dari kecil sampai sekolah akhir. Dan selama itu pula aku masih merasa biasa saja hidup di daerah klaten tersebut. Setelah mengembara dari satu tempat ke tempat lainnya aku baru sadar, ternyata ada yang istimewa dengan kotaku yang harusnya tercinta itu.

Jika di Semarang (bawah) tiap hari langganan rob dan tiap tahun mengalami banjir, alkhamdulillah aku baru mengalami bencana itu di Klaten sekali saja, dan itupun hanya setengah jam

Saat di Kedungjati aku bisa merasakan masyarakatnya sulit untuk menanam padi, di klaten aku bisa melihat ayahku dan tetangga-tetanggaku bisa menanam padi 2 atau 3 kali setahun.

Kalau di Pemalang untuk mendapatkan air minum yang sehat harus dengan mengebor tanah 80-120 m, di Gunung Kidul bahkan orang tidak perlu menggali karena memang tidak ada air di bawah tanah, sedangkan di klaten hanya dengan menggali3-4 meter saja air jernih sudah memancar

Di daerah Comal untuk membangun rumah harus menggunakan pasir dan batu kali kelas dua, Di rumahku sana pasir dan batu muntahan Merapi seakan terhampar tinggal menggali

Dan banyak sekali sebenarnya sebutan bagi Klaten yang berasal dari orang-orang daerah lain seperti Pengekspor Guru (karena banyak sekali warga yang menjadi guru), kawasan subur (karena berkah Merapi), Kampung Kucingan/angkringan (karena kebanyakan pemilik warung kucing berasal dari Klaten), penghasil beras (delanggu) dan jangan heran kalau di Klaten banyak Coklat (Cowok Klaten) yang manis-manis sehingga banyak menjadi incaran kaum wanita.

Semoga Klaten tetap bisa menjadi inspirasi dan pencerah bagi orang-orang yang mendiaminya


26 comments:

  1. kita emang harus bersyukur kan om..
    mau lahir di mana aja, tetep harus bersyukur,,
    semangat ya om..

    ReplyDelete
  2. percoyo wae aku... hahahha...

    ReplyDelete
  3. klaten iku di antara jogja dan sukoharjo
    [arah ponorogo] :D

    ReplyDelete
  4. seingatku klaten adalah penghasil beras andalan jawa Tengah dan terkenal dengan beras Delanggu mas

    ReplyDelete
  5. klaten...Bapakku yo seko kono...guru sisan...
    ncen Klaten tenan wok...

    ReplyDelete
  6. niatnya sih pengen komen, tapi kok komentar sebelumnya pada pake bahasa asing gituh.

    ReplyDelete
  7. memang klaten daerahnya subur kok..setahun kemaren aku sempat lewat disawah2 tumbuh subur...malah banyak tumbuhan tembakau yah?? yang daunnya besar2 itu...

    yang agak saksi cuman yang ini nihhh:

    di Klaten banyak Coklat (Cowok Klaten) yang manis-manis sehingga banyak menjadi incaran kaum wanita....hueheheheh

    ReplyDelete
  8. mau dunkkk coklat nyaaaaaaaaaa

    hhehehehheheh..di sini g' ada coklat
    yang banyak coba- coba (cowo2 bataxx)

    ReplyDelete
  9. wah, bersyukur banget punya kampung yg dicintai. aku orang jakarta asli. kampungku tak bisa dibanggakan, karena sudah dikuasai orang2 serakah yang memaksakan diri ngurus negara

    ReplyDelete
  10. aku belom pernah ke klaten tapi udah pernah ke yogya, pemalang, comal..

    ReplyDelete
  11. Klaten deket dari Jogja
    hehehehe

    ReplyDelete
  12. memang indah kampung halaman..... ngangeni!!!

    ReplyDelete
  13. Mas, saya juga pernah kerja (hampir 3 tahun) di Klaten. Emang kok "coklat" nya lueb-lueb, ... gak kalah ce-klat nya juga Mak Nyussss ....

    Iya mas kota kesayangan itu akan tidak berarti kalau kita tinggal disitu, tetapi akan terasa indah kalau kita jauh. .....kita akan merasa membutuhkan ketika kita jauh.....

    Iyo po rak ya?

    ReplyDelete
  14. @Evyta: Rob itu banjir krn pasangnya air laut mb

    ReplyDelete
  15. Klaten juga terkenal penerbit bukunya Mas...

    ReplyDelete
  16. klaten .. pernah bbrp kali kesana,orangnya ramah2

    ReplyDelete
  17. jangan heran kalau di Klaten banyak Coklat (Cowok Klaten) yang manis-manis sehingga banyak menjadi incaran kaum wanita.
    ------------------
    dirimu ga masuk itungan wkekwkekwkekw.....

    ReplyDelete
  18. sampeyan wong klaten apa wong pemalang sih jane... :)

    ReplyDelete
  19. @cebong: jangan salah....

    @alifahru: Asline klaten kang, tapi golek upo nang pemalang

    ReplyDelete
  20. oh gitu ya.. makanya yang jualan hik di sini kebanyakan orang klaten.

    ReplyDelete
  21. .... cla-10 syangx ssah cr kerja...hingga para coklat pada urban ke kota ... tp gue psti... kembali alias here I go again.. gitu lho

    ReplyDelete
  22. Whenever wandering thomas sabo charms in a very wintry thomas sabo jewellery wonderland totals some sparkle thomas sabo uk to any eyes, and even memories thomas sabo rings of any big day thomas sabo watch to the fields makes a thomas sabo watches grin on your face, or thomas sabo wholesale simply the original thomas sobo bracelets snowflakes of the weather sabo jewellery build someone feel like thomas charm bracelets a baby when, a perfect gift idea is thomas sabo rings correct on you- Snowflake thomas sabo watch earrings. Snowflake thomas sabo watches bracelets, hooks and pendants arrive thomas sabo wholesale lots of types. There may for thomas sobo bracelets certain a single i mean the ideal section for you, above thomas sabo charm all, to one's special someone.New discovery a couple of snowflake rendering it a real ideal bracelets focus?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab