Monday, March 23, 2009

Kentongan dan Klakson

 Kentongan dan Klakson 


Bagi orang yang pernah bertempat tinggal di Jawa Tengah, pasti sudah pernah melihat suatu benda yang bernama kentongan. Barang yang biasanya berbentuk bulat, panjang dan gondal-gandul, tergantung di depan rumah tersebut merupakan media informasi/komunikasi  bagi sebagian besar masyarakat terutama di desa. Kentongan digunakan untuk memberi kabar kepada masyarakat berkaitan adanya peristiwa yang sangat penting, seperti orang meninggal dunia, pencurian, perampokan, pembunuhan, banjir, kebakaran dan lain sebagainya.

Pada saat saya masih kecil, banyak tetangga saya yang menggunakan kentongan sebagai sarana untuk mencari (memanggil) anak-anak mereka yang sedang bermain. Karena antara satu kentongan dengan kentongan yang lain memiliki bunyi yang berbeda-beda, maka setiap anak akan tahu kentongan yang berbunyi itu milik ayahnya atau bukan. Dan biasanya apabila mendengar kentongan ayahnya berbunyi anak-anak akan segera pulang.

Sedangkan klakson, tentu saja bukan barang yang asing bagi sebagian besar manusia di muka bumi ini. Hampir semua kendaraan bermesin memiliki klakson, karena merupakan salah satu syarat wajib yang berfungsi untuk memberi tanda kepada pengendara lain terutama yang berada didepan kita. Seperti halnya kentongan, klakson yang dibunyikan dengan irama tertentu ternyata juga memiliki arti sendiri-sendiri. Contohnya adalah sebagai berikut:

tit........................ : sory, kepencet dikit
tiiiiiit................... : Ayo jalan, lampunya dah hijau tuch
tit...tit................. : Saya mau mendahului anda, minggir dikit
tiiit...tiiit............. : Ayo jalan...cepet....saya mau meeting nich 
tit..tit..tit..tit..tit : Awas, ada kampanye
tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit : Maaf klakson saya kongslet


Untuk menggunakan klakson, ternyata ada juga etika yang harus dipatuhi. Sebagai contoh adalah dilarang membunyikan klakson di dekat rumah ibadah, rumah orang yang sedang berduka cita dan juga hindari membunyikan klakson di malam hari. 

Bagi teman-teman yang memiliki ti...tit eh klakson, mohon bisa memakai dan menggunakan dengan bijak. Jangan sampai barang teman-teman tersebut membuat masalah bagi pemiliknya atau penjenengan semua. 

34 comments:

  1. kalo sukses nyalip, biasanya setengah klakson... bunyinya aneh.. ti.. gitu aja.. wahaha...

    ReplyDelete
  2. gara2 klakson banyak juga yg berantem tuh di jalan,padahal masalah sepele saja

    ReplyDelete
  3. saya paling ga suka sama orang yang ketika lampu baru saja menyala hijau langsung klakson klakson seenaknya.. ga sabar bangeeett

    ReplyDelete
  4. ,kenapa yah....bunyinya musti titiiiiiit....
    ,knpa gak toet toet.....

    ReplyDelete
  5. huhu sama berbunyi utk memberi suatu pertanda
    trkadang klakson sering disalah gunakan oleh org yg emosi seenaknya .. cpe deeh

    ReplyDelete
  6. ah, jadi inget kode kentongan jadul, mas pencerah. kalau kentongan dipukul beruntun alias doro muluk, itu pertanda kalau situasi cukup aman dan terkendali.

    ReplyDelete
  7. Kalau Kenthongan di tempat saya dulu ada di masjid dan Musholla sebagai penanda waktu sholat mas

    ReplyDelete
  8. siap2 saja, nt ada game baru ttg kentongan

    ReplyDelete
  9. kalau di sumatera ada lagi tuh yang dilarang membunyikan klakson sembarangan: lewat depan markas tentara. bisa dikejar terus disuruh pus ap dan skot jam

    ReplyDelete
  10. kalo ditempat gw dulu, ada kentongn kecil yg selalu dibawa2 tukang bakso ato tukang batagor...nah kentongan itu yg selalu gw ingat...^^

    ReplyDelete
  11. wakakkakakka......tititmu eh salah... klaksonmu kayak kentongan kang!

    ReplyDelete
  12. kode ekntongan kalo banjir

    . . - - . -

    kok koyo kode morse wkwkwk

    paling ra senneg ning ndalan wong klakso, dudulz...kabeh yho ngerti kabeh yo pengen mlaku mengarep...ra usah diklkason nek dalan wes lego yho mlaku dewe..dudul 1000x

    ReplyDelete
  13. Jepang sudah mbuat kenthongan digital, nadanya bisa dipilih dari playlist.

    ReplyDelete
  14. aku sebeeeelll sm bunyi klakson yg tiiiitt..tiiitt. gtu :P

    ReplyDelete
  15. kalo klakson kendaraanku c bunyinya...teeet....teeeet...greng...greng...Hayyah :D

    ReplyDelete
  16. hahaha
    bisa aja sampeyan ini mas..
    hahaha
    ti..tit eh maksud saya klakson ternyata ada kodenya juga ya?
    hahaha
    semangat ya mas..

    ReplyDelete
  17. Ha ha ha tenyata ada makananya juga ya seperti morse aja

    ReplyDelete
  18. kalo kentongan biasanya ada di pos ronda
    kalo klakson umumnya di kendaraan :D

    ReplyDelete
  19. ada nada dering kenthongan gak ya?

    ReplyDelete
  20. TIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIITTT TOEET :D

    Suara apaan kalau itu :D ckckckck ..

    ReplyDelete
  21. nanti dikira maling mas....

    to....

    sekalian aja sirine polisi ma mabulan pake kentongan..hehehe

    ReplyDelete
  22. klakson saya gede jadi bunyinya nggak tiit tiit tapi toooot toooot hahahaha asem ki tenin hahaha

    ReplyDelete
  23. iya, kalo salah klakson nanti tambah salah paham.

    ReplyDelete
  24. Tit...tit...tit pasti yang punya laki-laki hee hee hee hee

    ReplyDelete
  25. pernah mau tawur gara2 klakson juga hehehe...

    ReplyDelete
  26. kalau lklakson motor diganti pakai kentongan ajah gimana?

    ReplyDelete
  27. kabur sebelum dilempar kentongan

    ReplyDelete
  28. Wkwkwk...
    Lucu tuh arti dari bunyi klaksonnya.
    DiriQ gak pernah mikir itu malahan.
    Nice posting. ^^

    ReplyDelete
  29. Yahh?
    Kog Kyk Gtu C ,Bunyi.a?
    G,Merdu..!(Jiahhh,,,Merdu?)
    KIDDING

    ReplyDelete
  30. One accessory that many pandora beads women consider a necessity is a handbag. In fact there is such a demand for pandora bracelet ladies handbags in the marketplace that the selection just constantly pandora bracelets ebay increases. As each new season begins there are pandora bracelets uk dozens of new designs of ladies handbags available. pandora charm bracelet Every woman has her own sense of style and therefore she’ll tend to purchase ladies pandora charms handbags that reflect that. For some women they only buy designer ladies handbags. pandora charms bracelets These particular types of ladies handbags are crafted from the finest materials and pandora jewellery carry the names of some of the most celebrated designers in the world. Designer pandora jewelry ladies handbags are very expensive but many women view them as a fashion pandora uk investment.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab