Wednesday, March 4, 2009

Perpustakaan Keliling

Perpustakaan Keliling


Muter ke Balai Desa untuk menyambangi perangkat desa adalah salah satu tugasku. Kemarin waktu berada di salah satu balai desa, tanpa sengaja aku bertemu dengan Perpustakaan Keliling. Suatu pemandangan yang sebelumnya memang tidak lazim dijumpai di daerah ini (setidaknya menurutku) Suatu nilai tambah yang cukup bagus bagi Pemkab Pemalang dengan adanya mobil penjaja buku keliling ini.

Begitu mobil datang, langsung saja perangkat desa dan beberapa orang warga desa mengerumuni untuk mengembalikan dan memilih buku yang akan mereka pinjam. Otakku yang memang berisi buku langsung saja sok sibuk ikut memilih milih buku yang dijajakan. Meskipun tadak ada keinginan untuk meminjam (hehehehe)

Menurut petugas yang ada disana, fasilitas perpustakaan keliling itu memang baru dua bulanan diadakan dan itupun mobilnya baru satu, sehingga bisa kembali ke desa itu satu bulan kemudian. Karena sosialisasinya juga belum maksimal, maka peminjam buku itu sampai saat ini masih sebatas perangkat desa dan warga lain yang memiliki hobi nongkrong di balai desa.Untuk kedepannya sudah dipersiapkan lagi satu mobil, sehingga kinerja perpustakaan keliling tersebut dapat ditingkatkan.

Salut juga dengan keberadaan mobil perpustakaan keliling tersebut, meskipun satu bulan sekali tapi bisa menjadi oase bagi orang-orang yang kehausan untuk mencari pencerah dari sebuah bacaan bermutu. Semoga saja seluruh warga desa bisa antusias dalam memanfaatkan fasilitas tersebut sebagai ajang untuk mengasah kata hati dan pengetahuan

26 comments:

  1. memang bagus ada perpustakaan keliling....q aja klo disini ada mau banget ikut nimbrung...baca n minjem buku....

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah ngeliat perpus keliling..
    Kalau denger hal itu ya sering..
    Bagus juga tuch..

    ReplyDelete
  3. semoga bisa dimanfaatka secara optimal...

    ReplyDelete
  4. program bagus.
    apalagi kalau setiap kecamatan bisa bikin program perpustakaan keliling. terutama untuk masyarakat pedesaan biar lebih menambah wawasan dan ilmu.

    ReplyDelete
  5. wah kalo bisa semakin menjangkau pedalaman, bagus tuh, jadi ransangan untuk gemar membaca makin memasyarakat

    ReplyDelete
  6. sampeyan Pemalang?? Pemalang mana?
    makanya beberapa waktu lalu aku liat mobil perpus keliling di kec.Ulujami..

    ReplyDelete
  7. Ini program bagus banget...semoga bisa bermanfaat dengan optimal.

    ReplyDelete
  8. Program yang sangat baik, sangat membantu buat mencerdaskan anak bangsa

    ReplyDelete
  9. Semoga...bermanfaat bagi anak dan warga masyarakat...dan semoga gemar membaca mampu menjadi kebiasaan buat kita semua. :)

    salut banget dengan program-program begini.

    ReplyDelete
  10. @Anonymous : emangnya sekarang dimanah?

    @rampadan: ane juga baru liat sekali itu om

    @suryaden: Amien

    @sepur: hu'uh

    @nA: iya, tapi operasionalnya yang mahal

    ReplyDelete
  11. @mardee: Comal om

    @Atca: amien juga

    @Erik: tul betul

    @kweklina: termasuk membaca blog saya :)

    ReplyDelete
  12. bagus juga klau ada internet keliling... :)

    ReplyDelete
  13. bagus....bagus....
    coba semua partai kampanyenya dengan penyediaan buku-buku gratis...

    tapi kemarin ada deng yang bagi-bagi handbook gratis berisi program ekspor beras :P

    ReplyDelete
  14. semoga kehadiran perpus keliling akan menambah cerdas masyarakat kita...

    support pemerintah untuk hal-hal semacam ini sangat diperlukan..

    ReplyDelete
  15. kehadiran perpustakaan keliling, sungguh, sangat besar manfaatnya utk menciptakan budaya literasi di negeri yang konon termasuk yang paling rendah di asia. semoga kehadiran perpustakaan keliling bisa mengakrabkan masyarakat pada dunia buku.

    ReplyDelete
  16. Sebuah kegiatan positif untuk mencerdaskan kehidupan Bangsa yang harus kita dukung mas

    ReplyDelete
  17. semoga dapat menghasilkan pencerah-pencerah lainnya di daerah kamu. :)
    kamu PNS ya?

    ReplyDelete
  18. wah..bagus tuh untuk masa depan indonesia kita yg lebih cerah lagi..

    semoga perpus keliling ini segera merambah seluruh wilayah di negri ini. :D

    ReplyDelete
  19. di tempatku juga ada "mobil pintar",sama,isinya buku2 untuk di baca,sayangnya,pemiliknya juga pintar,ada embel2 kampanye

    ReplyDelete
  20. Mantap mantap mantaps.....

    Aku juga yg bekerja dibidang pengembangan Sistem Automasi Perpustakaan (perpustakaan digital)

    Dan melihat soal perpustakaan keliling ini aku sangat mendukuuuuung ...

    dan terus beri pencerahan negeri ini melalui membaca ...

    ReplyDelete
  21. wah aku tunggu d daerahku yah,kayaknya mobil juga bisa nyampe demak tu,biar demak juga bisa cerah dengan pencerah,he he he

    ReplyDelete
  22. saya salut dengan pemerintah Pemalang, yang memiliki perpustakaan keliling!
    dan kesadaran masyarakat yang sangat mencintai pengetahuan melalui buku.

    ReplyDelete
  23. Di Nganjuk juga ada perpustakaan keliling. Setahu saya di setiap kota ada perpustakaan keliling.

    ReplyDelete
  24. One accessory that many pandora beads women consider a necessity is a handbag. In fact there is such a demand for pandora bracelet ladies handbags in the marketplace that the selection just constantly pandora bracelets ebay increases. As each new season begins there are pandora bracelets uk dozens of new designs of ladies handbags available. pandora charm bracelet Every woman has her own sense of style and therefore she’ll tend to purchase ladies pandora charms handbags that reflect that. For some women they only buy designer ladies handbags. pandora charms bracelets These particular types of ladies handbags are crafted from the finest materials and pandora jewellery carry the names of some of the most celebrated designers in the world. Designer pandora jewelry ladies handbags are very expensive but many women view them as a fashion pandora uk investment.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab