Monday, September 14, 2009

RUU Rahasia Negara

RUU rahaSiAA negaraKu


Bayangkan apabila suatu hari rumah yang anda tinggali digusur untuk pembangunan jalan tol. Kemudian dengan cara sepihak, kontraktor yang didukung oleh pemerintah memutuskan bahwa harga lahan ganti rugi adalah Rp 500rb/m2 (padahal harga umumnya 2,5 juta/m2). Saya yakin panjenengan semua pasti tidak akan menyetujui sehingga berjuang agar mendapatkan ganti rugi yang layak. Dari hasil nego selama satu tahun alkhamdulillah belum ada kesepakatan harga, sehingga pemerintah melalui keputusan PN setempat menetapkan bahwa harga ganti rugi tetep Rp 500rb/m2.

Saking kesalnya akhirnya anda curhat melalui email dan blog. Anda menuliskan ketidakpuasan tersebut ke dalam blog serta mengirim email kepada teman-teman melalui milis. Karena saya temen anda dan juga karena wujud solidaritas sesala blogger, maka saya ikut memposting keluhan anda tersebut melalui blog saya.

Tanpa diduga sebelumnya, keesokan harinya anda dan saya di tangkap oleh Pak Polisi. Meskipun penangkapan tidak dilakukan oleh densus 69 atau densus 88, tetap saja kita menjadi pesakitan. Akhirnya saya dan anda di tahan dengan tuduhan menyebarkan rahasia negara. Anda yang memang berjuang untuk mengembalikan hak yang terampas, kalo cuma di tangkap polisi adalah konsekwensi yang logis. Tapi saya, hanya dilandasi oleh solidaritas cuma sekedar menulis kembali curhat anda sama-sama ditangkap dengan tuduhan tersebut diatas.

Begitulah gambaran yang mungkin akan terjadi dalam kehidupan dunia maya negara kita. Apalagi jika RUU Rahasia Negara jadi diberlakukan. Niat kita memberi kontrol yang baik kepada pemerintah (misalnya dengan melaporkan KKN yang terjadi), malah kita dituduh membocorkan rahasia negara (padahal korupsi adalah rahasia oknum pegawai negara). Dan yang lebih menakutkan, tidak semua orang akan tahu mana yang dimaksud dengan rahasia negara karena memang dirahasiakan oleh negara :-)

Semoga kondisi tersebut tidak benar-benar terjadi. Semoga saja DPR yang memiliki wewenang mengesahkan Undang-Undang bisa berfikir secara rasional. Dan apabila sampai RUU tersebut disahkan, maka kemungkinan besar saya akan mengakomodir masukan dari Kata Hati saya untuk golput seumur hidup (kecuali kalau saya mencalonkan diri menjadi Caleg atau Capres tentunya....hehehehehe)

26 comments:

  1. mangkane ayo mas ndaftar dadi agen rahasia....

    ReplyDelete
  2. wah...edyaan tenan...

    kalo bener² disahkan...sebagai rakyat JELA[la]TA[n], saya akan pensiun dini saja...

    ReplyDelete
  3. @suryaden: daftare nang ndi kang?
    @minch: pengen dadi pejabat po?

    ReplyDelete
  4. Pa kabar sahabatku
    Ehm, moga rahasia negara bukan tuk memperdaya rakyatnya ya :D

    ReplyDelete
  5. Kayaknya salah contoh tuh mas.. contoh kasusnya lebih cocok buat UU ITE. RUU Rahasia Negara Gak kayak gitu kok..

    Di Amerika yang dibilang negara "paling" demokratis aja punya UU seperti ini, malah lebih ketat. Lagi pula kalo gak salah di RUU itu akan ada badan yang menentukan sebuah informasi itu merupakan rahasia negara atau tidak, dan juga rahasianya gak selamanya, ada batas waktunya.

    Salam kenal mas..

    ReplyDelete
  6. wakakaka jadi agen rahasia enak yah wakakaka
    bisa tahu segala sesuatu yang rahasia hehe milik negara lagi

    ReplyDelete
  7. beginilah Indonesia mas...
    kabeh2 RWT alias RUWET
    pemerintah kita bukan pengayom peli-ndung tapi penguwasa

    ReplyDelete
  8. @cucuharis: alhamdulillah baik
    @gandi: semoga saya salah mas. Btw badan yg menentukan bisa dari pejabat daerah dan kepanjangan tangannya. Kriteria hal2 yg masuk rahasia negara juga rawan dimanfaatkan tuk kepentingan pribadi

    @andif: nantinya kita semua harus tau rahasia negara. Bukan hanya intelejen

    ReplyDelete
  9. @genthokelir: jare mbah surip enak n mantep
    @ciwir: penguasa merangkap pengusaha

    ReplyDelete
  10. Memang isinya terkait apaan tuh. Kalau KKN di rahasiakan keliatannya mustahil deh. Pasti ada materi atau lingkup yang dirahasiakan. Tapi nyampe sekarang molor terus karena memang kia sudah paham, ada conflict of interest baik dari DPR maupun pemerintah

    salam mampir ke blog kami
    Kontes SEO ERAnet .. Support kami

    ReplyDelete
  11. Kayak sumpahnya PNS aja.
    Memegang teguh rahasia jabatan dan rahasia negara
    hehe...

    ReplyDelete
  12. @gostav: contohnya pengadaan barang dan jasa yg berkaitan dgn hankam maupun perekonomian nasional
    @kalasenja: mending mangan nasi ruwet wae yo
    @humor bendol: sumpah blogger

    ReplyDelete
  13. makin lama makin banyak aturan saja ya bro

    ReplyDelete
  14. huaaa... cuma curhat kok dikira membocorkan rahasia negara, piye tooo???

    ReplyDelete
  15. Wah bener bener akan sakit hati dan merasa tidak diadili dengan baik, dan pasti akan sangat membeci.
    kalo itu kan sama saja pasti sangat merasa dirugikan sekali,
    apalagi kalo sampai dktangkap karena hal tersebut.
    Iklan Gratis

    ReplyDelete
  16. Weleh emang makin aneh nih UU sekarang (doh)

    salam kenal mas ^^

    ReplyDelete
  17. RUU opo meneh ki..
    waduh nek arep komen dadi wedi ki
    ada agen rahasia yang baca nggak???

    ReplyDelete
  18. Memang kacau negeri ini.
    Saya sendiri tiada mengerti, apa itu UURN. lha wong dirahasikan kok..

    ReplyDelete
  19. setuju golput seumur hidup .haha

    ReplyDelete
  20. @mr phsyco: hu'uh...
    @lyla: la kalo yg curhat pejabat negara...?
    @iklan gratis: anda benar
    @dhodie: salam kenal juga

    ReplyDelete
  21. @annosmile: ada, agen rahasia 069
    @mjdb: saya jg baru ngerti dari detik.
    @yuda: jgn lupa perkecualiannya

    ReplyDelete
  22. para penguasa sekarang sedang test case... apakah rakyat sudah bisa dikuasai oleh rezim diktator lagi apa tidak. pengkebirian kpk dan wacana ruu rahasia negara contohnya...

    ReplyDelete
  23. Place one matted light pandora Jewelry left of the area for jewellery, and one to the right. pandora sale Place reflector light near where the camera is. Whatever you do, avoid mixing light types. pandora charms Use only non-fluorescent lights, and isolate your photo 'lab' away from natural light. pandora bracelets To have freedom with many settings that will be a must, we will have to use longer exposures. For longer exposures to pandora bracelet achieve maximum sharpness, we'll need a tripod. pandora bracelets sale Our hand shakes too much, when camera runs at exposition Buy a 'tripod' for You don't need a heavy duty tripod. pandora bangles If your setup will be on a desk, you can chose mini tripod - approx and stand tripod on the pandora necklaces desk as well, or longer tripod, approxand stand it on the floor. pandora beads Two desk lamps with soft light irrelevant if you are using photo tent -- the tent is there to soften the light and reflector light at the front. pandora earrings I keep the cube open at the front, for easier adjustments and photographs, unless jewellery is highly reflective of the image of me taking photograph. Uniform background colour is recommended. White background works great.

    ReplyDelete
  24. Place one matted light pandora Jewelry left of the area for jewellery, and one to the right. pandora sale Place reflector light near where the camera is. Whatever you do, avoid mixing light types. pandora charms Use only non-fluorescent lights, and isolate your photo 'lab' away from natural light. pandora bracelets To have freedom with many settings that will be a must, we will have to use longer exposures. For longer exposures to pandora bracelet achieve maximum sharpness, we'll need a tripod. pandora bracelets sale Our hand shakes too much, when camera runs at exposition Buy a 'tripod' for You don't need a heavy duty tripod. pandora bangles If your setup will be on a desk, you can chose mini tripod - approx and stand tripod on the pandora necklaces desk as well, or longer tripod, approxand stand it on the floor. pandora beads Two desk lamps with soft light irrelevant if you are using photo tent -- the tent is there to soften the light and reflector light at the front. pandora earrings I keep the cube open at the front, for easier adjustments and photographs, unless jewellery is highly reflective of the image of me taking photograph. Uniform background colour is recommended. White background works great.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab