Monday, September 28, 2009

Bloger Social Responsibility

Bloger Social Responsibility


Judul diatas bukan dimaksudkan untuk bereview ria atau berenggres mania. Bloger Social Responsibility yaitu tanggung jawab sosial yang di miliki oleh bloger. Maksudnya adalah bahwa bloger harus peka terhadap kondisi sosial kemasyarakatan di sekitarnya.

Seorang bloger yg diberi anugerah oleh Tuhan berupa kemampuan menulis, memili kewajiban untuk menulis sesuatu yang berguna, minimal tidak merugikan masyarakat. Kadangkala seorang bloger tidak menyadari kalau ada beberapa orang yang memanfaatkan tulisannya demi kepentingan orang tersebut. Contohnya adalah adanya beberapa kontes blog, baik itu kontes review maupun SEO yang bertujuan untuk menyembunyikan kejahatan seseorang dengan menyebarkan backlink menyesatkan berupa sanjungan.
(jadi teringat kalau saya pernah ikut kontes SEO tentang kevisioneran seorang pejabat yang ternyata terlibat korupsi dan kasus pelecehan sosial). Secara tidak sadar, bloger telah menyembunyikan kebenaran-kebenaran yang seharusnya diungkap ke publik.

Tanggung jawab yang lain: sebagai suatu komunitas bloger memiliki potensi untuk mengadakan event2 sosial, seperti bakti sosial, penggalangan dana dll. Minimal bloger punya kemampuan untuk mengajak orang lain untuk berpartisipasi, atau paling tidak menyebarkan berbagai kegiatan sosial yang sedang diadakan.

Apabila diuraikan, masih banyak lagi tanggung jawab sosial yang diemban seorang bloger untuk kemajuan masyarakat.
Mari kita merenung untuk bertanya pada Kata Hati kita, apakah kita sudah menjaga tanggung jawab yang dibebankan ke kita atau belum...!!!

22 comments:

  1. (maaf) ternyata masih kebagian mengamankan PERTAMA.
    Wakakakakakak...
    ngaku juga. Saya sendiri gak pernah ikutan kontes.
    Btw setuju banget dengan tulisan yang peduli sama kondisi sosial kemasyarakatn termasuk isu-isu nasionalisme dan lingkunghan hidup.

    ReplyDelete
  2. saya juga mendukung perkembangan komunitas blogger
    he3x.. bergabung dengan komunitas daerah

    ReplyDelete
  3. setuju mas karena kita adalah mahluk sosial

    ReplyDelete
  4. Setuju! untuk selalu bertanggung jawab terhadap sosial dan masyarakat banyak. Kita sebagai blogger harus turut memicu (trigger) kebaikan dalam masyarakat kita.

    ReplyDelete
  5. Setuju mas, menyisipkan pesan sosial adalah sesuatu yg mulia.. Ayo kita laksanakan

    ReplyDelete
  6. Hehehehe. Saya juga bingung maz. Sebagaian dr blogger menganggap, ngeblog adalah menulis catatan. Seperti niat saya pertama ngeblog, hanya menulis pengalaman2 pribadi.

    ReplyDelete
  7. bener, peka terhadap kondisi sosial

    ReplyDelete
  8. Betul juga mas,,kalau blh tahu apa postingan DSAK-ku termasuk BSR?

    ReplyDelete
  9. Wah pancen endah koq gaweyane para Blogger Indonesia ki. Meski akeh sing kempung-kempung

    ReplyDelete
  10. berkunjung dengan senyuman euy,,heheh

    ReplyDelete
  11. @alamendah: akyu kan jujur

    @annosmile: hidup komunitas blogger daerah

    @ciwir: siap dan

    @achmad sholeh: asal bukan sok sial ajah

    @mjdb: saya juga setuju

    ReplyDelete
  12. @hadi: ayo

    @rampadan: yg penting tidak merugikan saja

    @reza fauzi: 100 nilainya

    @dasir: lgsg teko kang

    @nahdi: kempung2 ki opo?

    @rezky: welcome

    ReplyDelete
  13. salam kenal....

    jalan2 selepas idul fitri.... :)

    ReplyDelete
  14. ajakan yang menarik Mas, beberapa perlu untuk menjadi bahan renungan. semoga ada tindak lanjutnya. Trims atas ajakan dan sarannya. Salam

    ReplyDelete
  15. Apa pun profesi sebenarnya punya tanggung jawab sosial juga sih. Gak peduli mau blogger atau bukan. Kalo blogger wujudnya mungkin harus berusaha menulis yang mencerahkan kayak di blog ini :)

    ReplyDelete
  16. nek nurutku blogger ki kan ming seperti penumpang bis to mas :D

    so, yang punya resposibility itu kan perusahaan penyedianya.. wkwkwkwkw...

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah saya blogger rendah hati *halah* pengen posting tiap hari .. ide di kepala banyak sayang waktu luangnya nggak banyak termasuk untuk Blog walking *maaaaff*

    ReplyDelete
  18. Whenever wandering thomas sabo charms in a very wintry thomas sabo jewellery wonderland totals some sparkle thomas sabo uk to any eyes, and even memories thomas sabo rings of any big day thomas sabo watch to the fields makes a thomas sabo watches grin on your face, or thomas sabo wholesale simply the original thomas sobo bracelets snowflakes of the weather sabo jewellery build someone feel like thomas charm bracelets a baby when, a perfect gift idea is thomas sabo rings correct on you- Snowflake thomas sabo watch earrings. Snowflake thomas sabo watches bracelets, hooks and pendants arrive thomas sabo wholesale lots of types. There may for thomas sobo bracelets certain a single i mean the ideal section for you, above thomas sabo charm all, to one's special someone.New discovery a couple of snowflake rendering it a real ideal bracelets focus?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab