Tuesday, April 28, 2009

Flu Babi

FLU BABI


Flu Babi atau dalam istilah barat dikenal dengan nama swine influenza benar-benar telah mengguncang dunia. Sumber penyakit ini diketahui secara umum setelah 70 orang di Mexico menjadi korban. Flu babi pada manusia di Meksiko diduga disebabkan oleh strain baru virus H1N1. Berdasarkan riset Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, virus H1N1 yang berkembang di Meksiko diduga kuat gabungan flu unggas, flu babi, dan flu manusia. Karena virus tersebut berkembang ditubuh babi, maka akan mudah menular ke manusia karena sama-sama mamalia. Cara penularan flu babi, bisa melalui udara atau kontak langsung dengan penderita. Masa inkubasinya virus H1N1 ini 3 sampai 5 hari


Gejala-gejala Flu Babi

Gejala yang ditunjukkan oleh manusia yang tertular oleh virus ganas tersebut antara lain: demam, lelah, nafsu makan hilang, dan batuk. Beberapa penderita bahkan mengalami hidung berlendir, tenggorokan sakit, muntah-muntah, dan diare. Jadi apabila diantara keluarga atau tetangga kita yang mendapatkan gejala-gejala tersebut diatas, kita harus waspada. Apalagi apabila didekat permukiman yang kita diami terdapat peternakan babi dan peternakan ayam yang letaknya berdekatan. Alangkah lebih baiknya apabila kita langsung menghubungi puskesmas atau dokter terdekat.


Adapun tips yang dapat kita lakukan untuk mencegah penularan flu babi adalah sebabai berikut:

Bagi penderita Flu Babi :

Dibawa ke puskesmas, dokter atau rumah sakit terdekat untuk diisolasi

Dilarang berjabat tangan dan mencium orang lain

Menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk dengan tisu atau sapu tangan

Buang tisu di tempat sampah dan gunakan masker untuk melindungi orang disekitarnya

Hubungi dokter untuk mendapatkan arahan tindakan


Bagi kita semua (cara menghindari agar tidak tertular Flu babi):

Tidak melakukan perjalanan ke tempat yang terjangkit penyakit Flu Babi

Jangan sering menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Hindari makan daging babi (karena haram, heheheh)

Memakai masker apabila diperlukan untuk mencegah penularan kuman

Rajin mencuci tangan dan kaki dengan sabun yang higienis

Hindari merokok, tidur cukup, olahraga yang cukup, kelola stres, banyak minum air


Semoga tulisan yang berasal dari berbagai sumber ini bisa membuka kata hati kita tentang penyakit-penyakit berbahaya yang berada di sekitar kita. Semoga dapat menjadi pencerah bagi kita semua. Amien



46 comments:

  1. waaah..postingan yang berguna bgt buat kita-kita. :)

    ReplyDelete
  2. sama kalo naik kendaraan bermotor yang baru pake jaket kalo malam, huahaha

    ReplyDelete
  3. wah nice info nih..trims pengetahuaanya

    ReplyDelete
  4. Wah ... penyakit semakin gawat ... Makasih infonya ... sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. dampaknya sungguh mengerikan. semakin maju peradaban manusia, ternyata juga bermunculan penyakit2 baru yang aneh dan berbahaya. tantang bagi ilmuwan utk mengungkap rahasia-Nya.

    ReplyDelete
  6. nama penyakit makin aneh ya mas,

    lama-lama ada flu kelinci, flu gajah, flu monyet, ya pokoknya bermacam-macam.

    makasih atas infonya, aku jadi tau banyak ttg flu babi

    ReplyDelete
  7. tengkyu infone...
    minta izi tak kopi-paste ya dab...

    ReplyDelete
  8. cuci tangan sebelum makan, tutup mulut kalo bersin, jgn meludah sembarangan mungkin perlu ditambahkan. hehe... tp tutup mulut ketika bersin udah ada ya...

    ReplyDelete
  9. jangan merokok, emang merokok bisa menimbulkan menjdai kena flu babi mas, kalau ngerokoknya habis makan rica2 B2 mungkin juga

    ReplyDelete
  10. Semoga gak mewabah di tempat kita ya

    ReplyDelete
  11. Buat komentar/pertanyaan dari achmad sholeh >>> merokok bisa menurunkan daya tahan alami dari tubuh kita. Nah, yang namanya penyakit dari virus itu sangat mudah menyerang jika kondisi kekebalan alami tubuh kita menurun.

    ReplyDelete
  12. Sahabat
    Flu hewan aja kini menyerang manusia

    Moga kita terhindar
    Dan tetap sehat

    ReplyDelete
  13. flu babi itu, kalo bersin bukannya "haaaatsyiiii!", tapi "haaaagroooook!"

    ReplyDelete
  14. besok ada flu kodok dll
    byme

    ReplyDelete
  15. hahahahhaha........

    besok ada flu apa lagi ya.....

    ReplyDelete
  16. dunia makin tua saja,ada2 aja penyakit baru

    ReplyDelete
  17. heehehe... sebenernya aku paling suka ama daging babi... mmm dan mungkin sekarang mulai kudu hati2 deh..

    ReplyDelete
  18. misiii numpang lewatt. ketemu virus babi lagi nih..

    banyak banget diposting orang.

    ReplyDelete
  19. sekarang nama penyakit itu perasaan aneh2 ya...
    flu burung, flu babi, flu singapore, dll
    belum lagi yg pake nama latin, malah repot lagi mo ngomong nama penyakitnya....

    yang jelas.. perbaiki gaya hidup dan jaga pola hidup sehat, insya allah aman deh...

    ReplyDelete
  20. mungkin akan segera muncul flu monyet, flu anjing dan aneka jenis flu lainnya. hiks!, sedihhhhhhhhh

    ReplyDelete
  21. flu nya sekarang macam macam saja
    yah
    byme

    ReplyDelete
  22. semoga flu babi tidak masuk ke negara kita ini :)

    ReplyDelete
  23. Mudah-mudahan saja penyakit ini tidak sampai ke Indonesia ya, tetapi yah kita harus ytetep waspada, waspadalah....waspadalah

    ReplyDelete
  24. kok makin lama makin bannyak penyakit2 aneh yang muncul ya...semoga tidak sampai ke indonesia deh...mudah2an..

    ReplyDelete
  25. Dnger2 da ktmu buat antisipasi nya ya... moga2 aja ga masuk ke indo y T_T

    ReplyDelete
  26. Mungkin karena kelakuan manusia dah banyak yg kayak hewan ya bang.. moga aja gak masuk indo..

    ReplyDelete
  27. Hiiiii... Kok makin banyak aja ya penyakit yang bermunculan...

    ReplyDelete
  28. semoga bukan serangan virus yang memang sengaja disebarkan oleh orang-orang dengan kepentingan tertentu

    ReplyDelete
  29. udah lebih sekarang sob, dah ratusan yang meninggal.

    ReplyDelete
  30. semuga ndak ada flu cebong, nanti pada travel warning ke blog sayah

    ReplyDelete
  31. WHO telah menetapkan meksiko pada level 5, yang menyatakan meksiko di isolasi untuk sementara waktu.

    ReplyDelete
  32. wah mengerikan tu, konon sudah sampai asia...

    ReplyDelete
  33. wahhh...Nice info...Gw jarang ngikutin yang di tipitipi...nah kebetulah ada disini,,,jadi tau deh informasi tentang Flu Babi..hehhehe
    chalief

    ReplyDelete
  34. jaga kesehatan, sholat 5 waktu, dan tidak mengkonsumsi babi :)

    ReplyDelete
  35. semoga dijauhkan dari penyakit2 aneh itu.. :(

    ReplyDelete
  36. makin aneh-aneh aja ya penyakit jaman sekarang.... yah, tapi seiring sejalan lah ama kelakuan manusia2nya yang makin aneh juga..

    ReplyDelete
  37. Lha ini yang bener... bukan kayak di blogku

    ReplyDelete
  38. wew...lagi2 flu babi , thanks sob dah mampir .
    salam kenal,

    ReplyDelete
  39. so nice info...!!

    ReplyDelete
  40. sudah tahu haram ko' dimakan....
    itulah salah satu Peringatan dari ALLAH....
    maka diturunkn penyakit / virus pada babi biar orang jera...wkwkwkwkwk.........

    ReplyDelete
  41. jangan sampe masuk indonesia deh

    ReplyDelete
  42. Flu Kuda H7N7 dan H3N8 . Hati2 Bisa ketualaran apa lagi yang suka naek kuda n minum susu kuda liar .Flu ini jarang sekali ditemukan tatapi kita harus tetap waspada

    ReplyDelete
  43. One accessory that many pandora beads women consider a necessity is a handbag. In fact there is such a demand for pandora bracelet ladies handbags in the marketplace that the selection just constantly pandora bracelets ebay increases. As each new season begins there are pandora bracelets uk dozens of new designs of ladies handbags available. pandora charm bracelet Every woman has her own sense of style and therefore she’ll tend to purchase ladies pandora charms handbags that reflect that. For some women they only buy designer ladies handbags. pandora charms bracelets These particular types of ladies handbags are crafted from the finest materials and pandora jewellery carry the names of some of the most celebrated designers in the world. Designer pandora jewelry ladies handbags are very expensive but many women view them as a fashion pandora uk investment.

    ReplyDelete
  44. awas ada firus baru
    R4N1 udah ada korbannya

    ReplyDelete
  45. @shinta : hakakakak R4N1 julianni ya?
    kwakakakaka

    ReplyDelete
  46. sontak ini mengagetkan ketika flu babi terjadi dan mewabah...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab