Thursday, November 12, 2009

Melalui Pelatihan Menjahit, 14 orang langsung bekerja di Perusahaan Garmen

Melalui Pelatihan Menjahit,
14 orang langsung bekerja di Perusahaan Garmen


Mengurangi pengangguran adalah salah satu misi yang tertuang dalam PJM Pronangkis Desa Sirangkang Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Sebagaimana kita ketahui bersama, pengangguran adalah salah satu masalah yang juga menjadi prioritas utama untuk diatasi oleh pemerintah Indonesia.
Berdasarkan kondisi tersebut, maka melalui serangkaian rembug masyarakat, BKM Mukti Raharjo memasukkan kegiatan pelatihan keterampilan sebagai salah satu program sosialnya. Bak gayung bersambut, kesempatan tersebut akhirnya dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk membentuk KSM yang diberi nama Flamboyan dengan jenis kegiatan pelatihan menjahit. KSM yang berhasil mengumpulkan swadaya sebesar RP 2.590.000,- tersebut akhirnya mendapatkan kucuran dana Rp 10.000.000,- dari BKM Mukti Raharjo melalui BLM tahun 2007.
Setelah melalui survai ke beberapa Lembaga Pelatihan Kerja yang ada di Kabupaten Pemalang dan sekitarnya, akhirnya KSM Flamboyan memilih SMK Texmaco Pemalang sebagai mitra kerjanya. SMK Texmaco Pemalang selama ini memang sudah dikenal sebagai SMK yang memiliki fasilitas lengkap serta instruktur-instruktur yang handal dalam kegiatan pelatihan per-textilan termasuk pelatihan menjahit. Akhirnya, 30 orang peserta pelatihan menjahit yang diwadahi oleh KSM Flamboyan mengikuti pelatihan di ruang Praktek Jahit SMK Texmaco Pemalang. Selama 1 bulan para peserta mengikuti pelatihan dengan antusias. Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan setiap hari senin-jum’at dengan lama pertemuan 5 jam, yaitu dari jam 09.00-14.00.
Ketika masa waktu pelatihan akan berakhir, pihak pengelola pelatihan (SMK Texmaco) menyelenggarakan tes akhir sebagai syarat kelulusan peserta pelatihan. Berdasarkan hasil ujian tersebut, semua peserta bisa mengikuti dengan baik sehingga dinyatakan lulus pelatihan. Dan yang lebih menggembirakan, SMK Texmaco yang memiliki jaringan luas memfasilitasi 14 dari 30 peserta untuk dipekerjakan di pabrik garmen yang dimiliki oleh CV Delima Bogor. Untuk pemberangkatan 14 peserta pelatihan menjahit tersebut, CV delima menanggung semua biaya transportasi dan akomodasi menuju Bogor.
Kegiatan Pelatihan menjahit KSM Flamboyan merupakan salah satu bentuk kegiatan sosial yang difasilitasi oleh Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkototaan (PNPM MP) Kabupaten Pemalang. Selain kegiatan tersebut, masih banyak kegiatan lain seperti pelatihan pembuatan VCO, pembuatan paving block, ternak bergulir, budidaya jamur, perikanan darat dan lain sebagainya. Semoga dengan kegiatan-kegiatan tersebut bisa membantu pemerintah dalam upaya mengurangi pengangguran dan mengurangi jumlah penduduk yang tidak berdaya. (Tina Fitri-Tim 6 Pemalang)

8 comments:

  1. upaya yg baik
    utk mengembangkan skill masyarakat dan meyalurkannya

    ReplyDelete
  2. Suatu pekerjaan yang sangat mulia...suatu saat kebaikan yang diberikan para pelatih dan penyelenggara pelatihan akan kembali kepada mereka...Trims and Peace

    ReplyDelete
  3. program serupa jg ada di kota gw cman danamya dari pemerintah... namanya psbr...:)

    ReplyDelete
  4. semoga program2 serupa semakin meluas ... amin..

    ReplyDelete
  5. One accessory that many pandora beads women consider a necessity is a handbag. In fact there is such a demand for pandora bracelet ladies handbags in the marketplace that the selection just constantly pandora bracelets ebay increases. As each new season begins there are pandora bracelets uk dozens of new designs of ladies handbags available. pandora charm bracelet Every woman has her own sense of style and therefore she’ll tend to purchase ladies pandora charms handbags that reflect that. For some women they only buy designer ladies handbags. pandora charms bracelets These particular types of ladies handbags are crafted from the finest materials and pandora jewellery carry the names of some of the most celebrated designers in the world. Designer pandora jewelry ladies handbags are very expensive but many women view them as a fashion pandora uk investment.

    ReplyDelete
  6. itu namanya memberdayakan masyarakat hingga siap bekerja, jadi tidak hanya siap mencari kerja , so benear benar ready stock ya ....
    salut !!!

    ReplyDelete
  7. memang sepastasnya pemerintah harus memberdayakan masyrakatnya untuk megurangi kemiskinan..

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab