Tuesday, August 24, 2010

Batik Gedog, cindera mata dari Tuban

 Batik Gedog, cindera mata dari Tuban


Tuban merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang cukup terkenal sejak jaman kerajaan Majapahit. Di kota tersebut juga terdapat Pondok Pesantren yang cukup terkenal yaitu Pondok Pesantren Langitan yang merupakan salah satu kawah candradimukanya ulama di Indonesia. Tuban Merupakan Kota Semen pada masa sekarang, Semen Gresik yang terkenal besar di Indonesia pada masa sekarang juga beroperasi dan mendirikan pabrik di daerah ini. Selain itu di Tuban juga terdapat beberapa industri skala internasional, terutama dibidang Oil & Gas. Perusahaan yang beroperasi di Tuban antaralain PETROCHINA (di kecamatan Soko) yang menghasilkan minyak mentah, serta ada juga PT. TPPI & PERTAMINA TTU (di kecamatan Jenu)

 Tuban memiliki banyak obyek wisata yang memiliki panorama cukup indah, di antaranya Gua Akbar, Masjid Agung Tuban, Makam Sunan Bonang, Ngerong Rengel, Pemandian Bektiharjo, Air Panas Prataan, Air Terjun Nglirip,Goa Suci,Makam Syeh Maulana Ibrahim Asmaraqandi dan Pantai Boom. 

Adapun cinderamata khas yang bisa kita dapatkan di sana antara lain batik tuban dengan motif yang sangat khas yaitu warna yang beragam. Motif khas ini juga bisa kita temui dalam bentuk kaos, baju wanita, dan selendang. Batik Tuban yang juga biasa disebut dengan batik gedog memiliki kemiripan dengan batik Cirebon terutama pada penggunaan benang pintal dan penggunaan warna merah dan biru pada proses pencelupan

 Disamping itu ada juga cinderamata berupa miniatur tempat berjualan Legen (minuman khas tuban) yang disebut "ONGKEK". Tuban juga terkenal sebagai kota Tuak yaitu cairan (legen)dari tandan buah pohon lontar (masyarakat menyebutnya uwit bogor) yang difermentasikan sehingga sedikit memabukkan karena mengandung alkohol.

Anda tertarik untuk datang ke Tuban..????
jangan lupa bawakan saya tuak batik gedog yang cukup fenomenal tersebut

15 comments:

  1. kapan-kapan boleh juga main ke Tuban nih...

    kaos batik kayaknya cakep tuwh...hehhe

    ReplyDelete
  2. nanti kl jd ziarah ke tuban mau nyempitin ah beli oleh2 ini

    ReplyDelete
  3. (Maaf) izin mengamankan KETIGAX dulu. Boleh, kan?!
    Batik Gedog, salah satu kekayaan budaya dan seni yang kita miliki. Marilah berbangga dengan itu

    ReplyDelete
  4. (Maaf) izin mengamankan KEEMPAX dulu. Boleh, kan?!
    sayang, salah satu pesona Tuban, Air Terjun Nglirip lebih menjadi air terjun musiman yang hidup di musim penghujan saja, selebihnya mengering.

    ReplyDelete
  5. hati-hati mas saya sudah payout di reviewmu.com sampai sekarang belum di bayar

    ReplyDelete
  6. saya pesan 1 batik gedog nya... :)

    ReplyDelete
  7. Bagus juga mampir di Tuban kalo suatu saat lewat sana.

    ReplyDelete
  8. amankan posisi 5 besar...

    coba ada foto tentanng batik tersebut..saya pengen tahu motifnya seperti apa, karena saya emang gandrung banget dengan batik

    ReplyDelete
  9. sepuluh besar diamankan.. :)

    batiknya mangstab, anda dari tuban??

    ReplyDelete
  10. Top ternyata tuban juga ada tradisi batik...

    ReplyDelete
  11. boss asli tuban ya ???
    deket pantau ga ya???

    ReplyDelete
  12. It's pandora bracelets the same thrill as walking in a room pandora jewellery with stacked floor to ceiling designer cheap pandora canada shoes in your size. I have never pandora bracelets sale been lucky enough to experience this, but pandora charms I am a woman and I have my pandora bangles fantasies. In fact, entire television series have pandora necklaces been written about this. It was pandora beads called Sex in the City. And, yes, the sex part was pandora earrings great, but the shoes were what we really pandora sets wanted.

    ReplyDelete
  13. ongkek klu di sunda artinya muntah... gimana rasanya ya, klu di minum kira bakalan ongkek gak ya.. biasanya klu yg jarang minum suka puyeng..

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab