Tuesday, December 1, 2009

Ramalan Ki Jaya Baya (bagian I)

Ramalan Jaya Baya (bagian I)



Lagi-lagi tulisan ini berasal dari facebook sahabat saya, Muhamad Vesovshchikov yang katanya jiplakan dari wikipedia. Sebuah catatan menarik berkaitan dengan ramalan Ki Jaya Baya, yaitu raja Kediri yang bertahta sekita tahun 1135-1157. Ramalan Ki Jaya Baya ini berkaitan dengan gambaran tentang kondisi nusantara pada masa yang akan datang. Adapun ramalannya adalah sebagai berikut:

1. Besuk yen wis ana kreta tanpa jaran --- Kelak jika sudah ada kereta tanpa kuda.

2. Tanah Jawa kalungan wesi --- Pulau Jawa berkalung besi.

3. Prahu mlaku ing dhuwur awang-awang --- Perahu berjalan di angkasa.

4. Kali ilang kedhunge --- Sungai kehilangan mata air.

5. Pasar ilang kumandhang --- Pasar kehilangan suara.

6. Iku tandha yen tekane zaman Jayabaya wis cedhak --- Itulah pertanda zaman Jayabaya telah mendekat.

7. Bumi saya suwe saya mengkeret --- Bumi semakin lama semakin mengerut.

8. Sekilan bumi dipajeki --- Sejengkal tanah dikenai pajak.

9. Jaran doyan mangan sambel --- Kuda suka makan sambal.

10. Wong wadon nganggo pakeyan lanang --- Orang perempuan berpakaian lelaki.

11. Iku tandhane yen wong bakal nemoni wolak-waliking zaman--- Itu pertanda orang akan mengalami zaman berbolak-balik

12. Akeh janji ora ditetepi --- Banyak janji tidak ditepati.

13. keh wong wani nglanggar sumpahe dhewe--- Banyak orang berani melanggar sumpah sendiri.

14. Manungsa padha seneng nyalah--- Orang-orang saling lempar kesalahan.

15. Ora ngendahake hukum Hyang Widhi--- Tak peduli akan hukum Hyang Widhi.

16. Barang jahat diangkat-angkat--- Yang jahat dijunjung-junjung.

17. Barang suci dibenci--- Yang suci (justru) dibenci.

18. Akeh manungsa mung ngutamakke dhuwit--- Banyak orang hanya mementingkan uang.

19. Lali kamanungsan--- Lupa jati kemanusiaan.

20. Lali kabecikan--- Lupa hikmah kebaikan.

21. Lali sanak lali kadang--- Lupa sanak lupa saudara.

22. Akeh bapa lali anak--- Banyak ayah lupa anak.

23. Akeh anak wani nglawan ibu--- Banyak anak berani melawan ibu.

24. Nantang bapa--- Menantang ayah.

25. Sedulur padha cidra--- Saudara dan saudara saling khianat.

26. Kulawarga padha curiga--- Keluarga saling curiga.

27. Kanca dadi mungsuh --- Kawan menjadi lawan.

28. Akeh manungsa lali asale --- Banyak orang lupa asal-usul.

29. Ukuman Ratu ora adil --- Hukuman Raja tidak adil

30. Akeh pangkat sing jahat lan ganjil--- Banyak pejabat jahat dan ganjil

31. Akeh kelakuan sing ganjil --- Banyak ulah-tabiat ganjil

32. Wong apik-apik padha kapencil --- Orang yang baik justru tersisih.

33. Akeh wong nyambut gawe apik-apik padha krasa isin --- Banyak orang kerja halal justru merasa malu.

34. Luwih utama ngapusi --- Lebih mengutamakan menipu.

35. Wegah nyambut gawe --- Malas untuk bekerja.

36. Kepingin urip mewah --- Inginnya hidup mewah.

37. Ngumbar nafsu angkara murka, nggedhekake duraka --- Melepas nafsu angkara murka, memupuk durhaka.

38. Wong bener thenger-thenger --- Orang (yang) benar termangu-mangu.

39. Wong salah bungah --- Orang (yang) salah gembira ria.

40. Wong apik ditampik-tampik--- Orang (yang) baik ditolak ditampik (diping-pong).

41. Wong jahat munggah pangkat--- Orang (yang) jahat naik pangkat.

42. Wong agung kasinggung--- Orang (yang) mulia dilecehkan

43. Wong ala kapuja--- Orang (yang) jahat dipuji-puji.

44. Wong wadon ilang kawirangane--- perempuan hilang malu.

45. Wong lanang ilang kaprawirane--- Laki-laki hilang perwira/kejantanan

46. Akeh wong lanang ora duwe bojo--- Banyak laki-laki tak mau beristri.

47. Akeh wong wadon ora setya marang bojone--- Banyak perempuan ingkar pada suami.

48. Akeh ibu padha ngedol anake--- Banyak ibu menjual anak.

49. Akeh wong wadon ngedol awake--- Banyak perempuan menjual diri.

50. Akeh wong ijol bebojo--- Banyak orang tukar istri/suami.

51. Wong wadon nunggang jaran--- Perempuan menunggang kuda.

52. Wong lanang linggih plangki--- Laki-laki naik tandu.

53. Randha seuang loro--- Dua janda harga seuang (Red.: seuang = 8,5 sen).

54. Prawan seaga lima--- Lima perawan lima picis.

55. Dhudha pincang laku sembilan uang--- Duda pincang laku sembilan uang.

56. Akeh wong ngedol ngelmu--- Banyak orang berdagang ilmu.

57. Akeh wong ngaku-aku--- Banyak orang mengaku diri.

58. Njabane putih njerone dhadhu--- Di luar putih di dalam jingga.


.................Masih ada sambungannya

25 comments:

  1. Sebagian besar ternyata sudah ada di zaman sekarang ya mas. Sisanya mungkin tidak lama lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. JIKA ANDA BUTUH ANGKA GHOIB/JITU 2D.3D.4D YG DI JAMIN TEMBUS 100% DI PUTARANG SGP/HKG SILAHKAN SAJA ANDA TLP KY JAYA DI NOMOR 085-342-064-735 TRIMAH KASIH

      Delete
  2. @iskandaria: betul kang, padahal yang diramalkan kebanyakan hal yang negatifff
    hanya bisa mengelus dada saja (tapi dada sendiri loh....)

    ReplyDelete
  3. wakh ramalannya...sudah bisa dikatakan yahud nih...tapi apakah itu bisa dibenerkan ya mas

    ReplyDelete
  4. Jayabaya kok pinter sekali, pernah sekolah meramal di mana ya?

    ReplyDelete
  5. terjemahane ora nguwati... kekeke

    ReplyDelete
  6. Meskipun ini sebuah ramalan, atau bisa juga disebut renungan biar pas, nyatanya ini sekrang terjadi, terutama tulisan berwarna merah. Astaghfirullah...hrs banyak perbaikan diri.

    ReplyDelete
  7. Kayak tanda-tanda kiamat yang dikatakan Rosul :D

    ReplyDelete
  8. hehehe.... ramalane yo akeh sing kebukti yo...

    ReplyDelete
  9. infonya bagus mas... emang bener tuh semua ramalan... yang aq kaget yang katamya pasar gag bising.... tepat coz skrg bnyk yg jual-beli lwt internet... mantap infonya..... apkah ini tanda2 akhir jaman?

    ReplyDelete
  10. maksudnya kuda makan besi apa ya?
    ramalan ini merupakan penjabaran yang tersurat dalam tanda-tanda kiamat dalam alquran maupun hadis. jadi tidak bisa dihindari jika semua pasti akan datang.

    ReplyDelete
  11. wah.. nenek moyang kita sakti-sakti mas...
    haruse jadi bekal para cucu ini untuk lebih mampu mengurusi bangsa ini..

    ReplyDelete
  12. wahh..baru tahu nih isi ramalannya ternyata begini...ada lanjutannya mas? penasaran nih.. :D

    ReplyDelete
  13. Wah info yang menarik nih bro, sering mendengar ramalan jayabaya, akhirnya jadi tau juga detilnya

    ReplyDelete
  14. bingung juga mbacanya. Hehe.

    Salam kenal ya.

    ReplyDelete
  15. saya tertarik dengan yang terakhir itu "..... Masih ada sambungannya"

    ReplyDelete
  16. Dapet data dari mana broi, lengkap banget kayaknya, dan hampir semuanya saat ini jaman itu sudah terjadi...

    ReplyDelete
  17. yang paling menarik adalah kuda doyan sambal, jangankan kuda, aku aja masih doyan kok, hehe (ra nyambung)

    ReplyDelete
  18. wahh.. dah banyak yang muncul ni.

    ReplyDelete
  19. coba liat no 38 - 40
    banyak disekitar kita ya??
    udah salah masih aja main nyalahin orang
    udah ga tau tdk mau dikasih tau
    lama lama ngeselin

    ReplyDelete
  20. pencerah : kunjungin postingan aku yang jayabaya prediction aku tulis juga
    aku tunggu ya

    ReplyDelete
  21. kuda doyan sambal kira2 apa ya maksudnya, kuda beneran atau hanya pribahasa aja..

    ReplyDelete

Silahkan mencela, menghina, atau memuji.
Beeebassss
Matur tengkyu semua