Monday, December 7, 2009

Ramalan Jaya Baya (bagian III)

Ramalan Jaya Baya (bagian III)


Tulisan ini merupakan sambungan dari Ramalan Jaya Baya bagian II . Semoga  teman-teman semua tidak bosan membacanya dan saya juga berharap agar tulisan ini bisa dijadikan renungan bagi kita semua. 


117. Wong dora ura-ura---Orang (yang) bohong berdendang.

118. Ratu ora netepi janji, musna panguwasane---Raja ingkar janji, hilang wibawanya.

119. Bupati dadi rakyat---Pegawai tinggi menjadi rakyat.

120. Wong cilik dadi priyayi---Rakyat kecil jadi priyayi.

121. Sing mendele dadi gedhe---Yang curang jadi besar.

122. Sing jujur kojur---Yang jujur celaka.

123. Akeh omah ing ndhuwur jaran---Banyak rumah di punggung kuda.

124. Wong mangan wong---Orang makan sesamanya.

125. Anak lali bapak---Anak lupa bapa.

126. Wong tuwa lali tuwane---Orang tua lupa ketuaan mereka.

127. Pedagang adol barang saya laris---Jualan pedagang semakin laris.

128. Bandhane saya ludhes---Namun harta mereka makin habis.

129. Akeh wong mati kaliren ing sisihe pangan---Banyak orang mati lapar di samping makanan.

130. Akeh wong nyekel bandha nanging uripe sangsara---Banyak orang berharta tapi hidup sengsara.

131. Sing edan bisa dandan---Yang gila bisa bersolek.

132. Sing bengkong bisa nggalang gedhong---Si bengkok membangun mahligai.

133. Wong waras lan adil uripe nggrantes lan kepencil---Yang waras dan adil hidup merana dan tersisih.

134. Ana peperangan ing njero---Terjadi perang di dalam.

135. Timbul amarga para pangkat akeh sing padha salah paham---Terjadi karena para pembesar banyak salah faham.

136. Durjana saya ngambra-ambra---Kejahatan makin merajalela.

137. Penjahat saya tambah---Penjahat makin banyak.

138. Wong apik saya sengsara---Yang baik makin sengsara.

139. Akeh wong mati jalaran saka peperangan---Banyak orang mati karena perang.

140. Kebingungan lan kobongan---Karena bingung dan kebakaran.

141. Wong bener saya thenger-thenger---Si benar makin tertegun.

142. Wong salah saya bungah-bungah---Si salah makin sorak sorai.

143. Akeh bandha musna ora karuan lungane---Banyak harta hilang entah ke mana

144. Akeh pangkat lan drajat pada minggat ora karuan sababe---Banyak pangkat dan derajat lenyap entah mengapa.

145. Akeh barang-barang haram, akeh bocah haram---Banyak barang haram, banyak anak haram.

146. Bejane sing lali, bejane sing eling---Beruntunglah si lupa, beruntunglah si sadar.

147. Nanging sauntung-untunge sing lali---Tapi betapapun beruntung si lupa.

148. Isih untung sing waspada---Masih lebih beruntung si waspada.

149. Angkara murka saya ndadi---Angkara murka semakin menjadi.

150. Kana-kene saya bingung---Di sana-sini makin bingung.

151. Pedagang akeh alangane---Pedagang banyak rintangan.

152. Akeh buruh nantang juragan---Banyak buruh melawan majikan.

153. Juragan dadi umpan---Majikan menjadi umpan.

154. Sing suwarane seru oleh pengaruh---Yang bersuara tinggi mendapat pengaruh.

155. Wong pinter diingar-ingar---Si pandai direcoki.

156. Wong ala diuja---Si jahat dimanjakan.

157. Wong ngerti mangan ati---Orang yang mengerti makan hati.

158. Bandha dadi memala---Hartabenda menjadi penyakit

159. Pangkat dadi pemikat---Pangkat menjadi pemukau.

160. Sing sawenang-wenang rumangsa menang --- Yang sewenang-wenang merasa menang

161. Sing ngalah rumangsa kabeh salah---Yang mengalah merasa serba salah.

162. Ana Bupati saka wong sing asor imane---Ada raja berasal orang beriman rendah.

163. Patihe kepala judhi---Maha menterinya benggol judi.

164. Wong sing atine suci dibenci---Yang berhati suci dibenci.

 
.................Lagi-lagi tulisan ini bersambung

25 comments:

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    aman?

    ReplyDelete
  2. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    banyak yang sekarang benar2 terjadi, ya?

    ReplyDelete
  3. (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!

    ReplyDelete
  4. (maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!

    ReplyDelete
  5. (maaf) izin mengamankan KELIMAAAAXXZ dulu. Boleh kan?!

    ReplyDelete
  6. Weleh... mantap ramalane.... lengkap mantap... tapi kurang ngerti aku tentang ramalan? hoo

    ReplyDelete
  7. Makasih buat rangkumannya mas. Sangat berharga buat bahan renungan.

    ReplyDelete
  8. Lha aku izin yang keberapa yach?.. hehehe..

    ReplyDelete
  9. hmmm...
    masih ndak dan tidak akan percaya yang namanya lamaran... eh, ramalan :p

    ReplyDelete
  10. Emm, ya udahlah kalo begitu :D

    ReplyDelete
  11. banyak yang bersambung yach mas...hehehehe btw semoga aja ramalan itu hanya ramalan saja yach

    ReplyDelete
  12. kok gak ada penjelasannya ?? ada yang ngerti ada yang gak ngerti :D

    ReplyDelete
  13. saat ini ada benarnya tuh
    tapi tetep jangan percaya ramalan kan :)

    ReplyDelete
  14. ngeriiii... akeh ramalane sing saiki wis dadi cetha...

    ReplyDelete
  15. Ramalannya sudah banyak yg jadi kenyataan nih

    ReplyDelete
  16. Karena banyak orang yang lapar, sehingga sekarang banyak kejadian Orang Makan Orang

    Akan lebih baik bila Orang Maem Orek xixixixi..

    ReplyDelete
  17. Semakin serem aja nich baca ramalan2 belia, kayaknya semuanya sudah ada di jaman sekrang :(

    ReplyDelete
  18. Ramalannya sudah mulai saat ini....Bagaimana kita harus menyikapi semua ini ya?

    ReplyDelete
  19. sudah banyak yang terbukti dan terjadi.... bagus sebagai bahan renungan.....

    ReplyDelete
  20. One accessory that many pandora beads women consider a necessity is a handbag. In fact there is such a demand for pandora bracelet ladies handbags in the marketplace that the selection just constantly pandora bracelets ebay increases. As each new season begins there are pandora bracelets uk dozens of new designs of ladies handbags available. pandora charm bracelet Every woman has her own sense of style and therefore she’ll tend to purchase ladies pandora charms handbags that reflect that. For some women they only buy designer ladies handbags. pandora charms bracelets These particular types of ladies handbags are crafted from the finest materials and pandora jewellery carry the names of some of the most celebrated designers in the world. Designer pandora jewelry ladies handbags are very expensive but many women view them as a fashion pandora uk investment.

    ReplyDelete
  21. jualan pedagang semakin laris, maksudnya jualan lewat internet ya, atau banyak pembelinya..

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab