Wednesday, October 5, 2011

Batik Pekalongan

Batik Pekalongan

Batik dan Kota pekalongan merupakan dwi tunggal yang tidak dapat dipisah-pisahkan. Meskipun sentra batik bukan hanya pekalongan, tapi produk dari masyarakat pekalongan mampu mengalahkan produk sejenis dari Solo, Jogja, Rembang, cirebon dan lain-lain yang memiliki motif sesuai daerah masing-masing. 

Batik Pekalongan merupakan salah satu batik pesisir yang paling kaya akan warna. Sebagaimana ciri khas batik pesisir, ragam hiasnya biasanya bersifat naturalis. Jika dibanding dengan batik pesisir lainnya Batik Pekalongan ini sangat dipengaruhi pendatang keturunan China dan Belanda. Motif Batik Pekalongan sangat bebas, dan menarik, meskipun motifnya terkadang sama dengan batik Solo atau Yogya, seringkali dimodifikasi dengan variasi warna yang atraktif. Tak jarang pada sehelai kain batik dijumpai hingga 8 warna yang berani, dan kombinasi yang dinamis. Motif yang paling populer di dan terkenal dari pekalongan adalah motif batik Jlamprang. (batikpekalongan.wordpress.com)

Berdasarkan perkiraan para ahli, batik pekalongan mulai terkenal sejak tahun 1800-an dengan motif pohon-pohon kecil. Seiring dengan perkembangan jaman, motif batik pekalongan selalu bermetamorfose sehingga bisa menghasilkan banyak motif. Apalagi setelah adanya perang diponegoro, dimana banyak keluarga keraton Yogyakarta yang menyebar ke tempat lain termasuk pekalongan. 



Saat ini, batik pekalongan menjadi salah satu usaha perekonomian terbesar di Pekalongan baik di Kota maupun Kabupaten Pekalongan. Ribuan perajin batik bermunculan dan tetap eksis sampai dengan saat ini. Semoga saja Batik Pekalongan bisa bertahan seiring dengan adanya penetrasi konfeksi motif batik yang diproduksi oleh negara China.

13 comments:

  1. Batik dari manapun, kayaknya slalu ada dua kualitas, yang bagus dan yang nggak bagus...
    Sama kayak Jenang Kudus, kalau nggak paham2 banget, biso kapusan.
    Batik juga kayak gitu

    ReplyDelete
  2. Batk pekalongan dengan motifnya yang khas tidak bisa dipungkiri telah menjadi salah satu kekayaan budaya Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Batik adalah pakaian khas Indonesia yang harus dilestarikan sebagai budaya dan tradisi

    ReplyDelete
  4. Nice blog friend. . .b0leh tukeran link ga gan?
    Tp ne lg ok pake hp. .ga bsa psang link blog ini skarang. .kal0 berkenan,kunjngi blog q tman. .sykur mau psang banner q dlu. . .he
    thaks. .q supp0rt deh. . .:)

    ReplyDelete
  5. setiap kali dengar istilah batik, yang terlintas di kepala saya adalah kota Pekalongan, pasar Sentono.

    ReplyDelete
  6. tapi susah ya anak muda yg bisa ngebatik, kebanyakan udah pada nenek...

    mudah2an ada generasi penerusnya..

    ReplyDelete
  7. The workmanship is good to be listened to.
    can make at home look at some of your posts
    thank you ...

    ReplyDelete
  8. Kami sangat tertarik dengan website anda,
    saya akan kunjungi beberapa waktu lagi
    untuk melihat info baru dari anda.

    salam kenal semuanya dari www.agrobuah.com

    ReplyDelete
  9. Salam SUKSES untuk kita semua.
    Batik is Amazing!!! apalagi kalo udah punya baju atau batik sendiri.

    agan/sist yg terhormat, kami dari pemegang merk dagang Batik aqila Menyediakan berbagai Produk BATIK murah dan berkualitas.

    BATIK – ANEKA batik-BAJU batik – KEMEJA batik – kaos BATIK – batik SARIMBIT- TOPI batik – CELANA batik – BLOUSE batik – JAKET batik – JUAL batik – batik MURAH – GROSIR batik – PAKAIAN batik – ACCESSORIS batik – batik PEKALONGAN
    JUAL ANEKA macam BATIK, TOPI, KAOS, BAJU, KEMEJA, CELANA, PAKAIAN, HARGA MURAH DAN GROSIR, terima PARTAI BESAR DAN KECIL

    silahkan kunjungi kami di toko online kami http://www.kaosbatikpekalongan.wordpress.com

    Kepuasan Anda berbelanja di tempat kami, adalah kebanggaan bagi kami.

    ReplyDelete
  10. salah satu kebudayaan indonesia yang harus dilestarikan

    ReplyDelete
  11. Sayang sekali banyak anak muda yang kurang tertarik untuk meneruskan budaya adi luhung ini

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab