Thursday, March 3, 2011

Islam KTP

Islam KTP
Wajah Baru Persinetronan Kita



“Kata Bapak Tebe, kalau ada Bang Madit, lari......!!!”
Hampir sebagian masyarakat kita hapal dengan kata-kata yang diucapkan oleh seorang anak kecil yang   menyambangi kita setiap malam melalui sinetron Islam KTP di salah satu stasiun televisi nasional.  Memang sudah beberapa waktu ini, dunia pertelevisian terutama persinetronan dihebohkan dengan fenomena baru berupa sinetron religius modern. Bermula dari sinetron Para Pencari Tuhan (PPT) yang dibintangi oleh Dedy Miswar dan Trio Bajaj, sinetron religius modern mulai datang mengetuk hati para pemirsa televisi. 
 
 
Sinetron yang pada mulanya ditayangkan pada saat Bulan Ramadhan tersebut mampu menyihir kita melalui pesan-pesan religius yang dikemas secara modern ala anak muda atau anak gaul, berbeda dengan sinetron religius tradisional yang cenderung mengeksploitasi hal-hal gaib bahkan kadang diluar nalar kita.

Fenomena kesuksesan sinetron Islam KTP memang tidak lepas dari pemilihan setting dan alur cerita yang sesuai dengan perkembangan jaman. Pesan-pesan agama yang di usung oleh Bang Ali mudah sekali masuk ke dalam akal pikiran penonton, karena ditampilkan melalui peristiwa-peristiwa yang kita alami sehari-hari.  Bahkan peristiwa-peristiwa yang sedang hangat di negara kita, seperti kekerasan berlatarbelakang kepercayaanpun mampu di kemas melalui alur cerita yang bagus untuk memunculkan pencerahan yang mampu diterima oleh semua pemirsanya.

Meskipun kadang-kadang jalan cerita yang diusung tidak jauh berbeda dengan sinetron yang lain yaitu tentang percintaan anak muda, tapi perceritaan tentang cinta dalam Islam KTP mampu ditampilkan dengan sudut pandang yang berbeda, tapi menarik.  Penggambaran strata-strata yang ada dalam masyarakatpun mampu di terima dengan baik sesuai dengan logika kita. Berbeda sekali dengan sinetron-sinetron lain yang dilebih-lebihkan, tapi unsur pemaksaan jalan ceritanya begitu kelihatan.

Semoga saja  dunia persinetronan kita bisa didominasi oleh tontonan yang benar-benar bisa dijadikan sebagai tuntunan, bukan hanya sekedar hiburan berbau pembodohan layaknya sinetron-sinetron yang selalu muncul di layar televisi kita.

22 comments:

  1. saya tiap malam juka suka mantengin Tebe Mas.
    Ternyata selera kita sama

    ReplyDelete
  2. bagus tuh ceritanya,.
    sayang sekarang udah jarang liat lagi.

    ReplyDelete
  3. sekedar tau aja ceritanya,kalo mantengin sih ga pernah heheh..
    taunya kalo Tebe ngomong sambil tunjuk2,emang fenomenal,lucu,bintang2 baru pula,jadi ga membosankan,tambah2 ada kel.Gonzales...makin seru..

    ReplyDelete
  4. islam ktp memang tampil beda, mas pencerah, tdk sama dengan sinetron kebanyakan yang hanya menguras air mata dan dendam. meski demikian, masih juga banyak pesan moral dan relilgi yang terlalu vulgar seperti orang berkhubah, hehe ...

    ReplyDelete
  5. sudah lama saya tidak nonton sinetron hehehe agak malas :D

    ReplyDelete
  6. sayang jam kerja saya malam, jadi jarang nonton itu.

    ReplyDelete
  7. Saya jarang nonton sinetron ini, tapi mungkin menghibur juga kali ya...

    ReplyDelete
  8. Lama banget dah gak nonton tipi, tipinya saluran lokal mulu, belum bisa bayar yang berlangganan, yaitu tadi, jalan ceritanya kebanyakan maksaaaa banget untuk sinetron snetronya... :D

    ReplyDelete
  9. Pernah nonton tapi ngak ngikutin

    ReplyDelete
  10. Cuma saya koq agak risih dengan karakter abah kaya itu, yang suka menyebut nama Tuhan dengan cara digenjot suara ber-gas tinggi ya hehhee :)

    ReplyDelete
  11. Salam persohiblogan
    Baru update dan BW lagi nih daku

    Pokoknya Islam KTP keren

    ReplyDelete
  12. saya suka banget ma sinetron satu ini...
    banyak banget nilai-nilai positifnya..
    tapi perasaan sekarang bang madid jarang marah2 seperti dulu ya om???

    ReplyDelete
  13. untuk bang madit logat nya agak kenasional dikit.
    jangan logat betawi terus.

    ReplyDelete
  14. perceritaan tentang cinta dalam Islam KTP mampu ditampilkan dengan sudut pandang yang berbeda, tapi menarik.

    ReplyDelete
  15. like islam ktp...!!
    tetap maju...

    ReplyDelete
  16. kata bapa tebe.........
    hehe.. takan kulupa..

    ReplyDelete
  17. Mau tua ataupun muda pasti tau "kata bapa tebe...!!"

    ReplyDelete
  18. emz maju trs ya bwt sinetron islam ktp....

    ReplyDelete
  19. walaupun jarang nonton, klu liat pak tebe jadi terhibur...

    ReplyDelete
  20. Suka tengok Jamilah,isteri pak Madit.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab