Tuesday, August 31, 2010

Kata orang singapura tentang Indonesia

Kata orang singapura 
tentang Indonesia





[http://pencerah.blogspot.com]Ini adalah sebuah cerita nyata yang diceritakan dari sebuah mailist dan telah diceritakan dari forum ke forum di internet hingga para blogger. cerita ini memang agak basi dimata para blogger tapi bagi anda yang belum tahu, anda patut mengetahui cerita ini.

Suatu pagi di Bandar Lampung, kami menjemput seseorang di bandara. Orang itu sudah tua, kisaran 60 tahun. Sebut saja si bapak.

Si bapak adalah pengusaha asal singapura, dengan logat bicara gaya melayu, english, (atau singlish) beliau menceritakan pengalaman2 hidupnya kepada kami yang masih muda. Mulai dari pengalaman bisnis, spiritual, keluarga, bahkan percintaan

Your country is so rich! (Negara kamu itu sangat kaya!), Ah biasa banget kan denger kata-kata begitu. Tapi tunggu dulu.

Si bapak melanjutkan ucapan-nya
Indonesia doesn't need the world, but the world needs Indonesia! (Indonesia tidak memerlukan dunia ini. Dunia inilah yang butuh indonesia!)

Everything can be found here in Indonesia, u don't need the world!
(Semua telah tersedia di indonesia, kalian tidak memerlukan dunia!)

Mudah saja, Indonesia paru2 dunia. Tebang saja hutan di Kalimantan, dunia pasti kiamat. Dunia yang butuh Indonesia !

"Singapore is nothing, we cant be rich without Indonesia . 500.000 orang Indonesia berlibur ke Singapura setiap bulan. Bisa terbayang uang yang masuk ke kami, apartemen2 dan condo terbaru kami yang membeli pun orang-orang indonesia, tidak peduli harga yang selangit, laku keras. Lihatlah rumah sakit kami, orang Indonesia semua yang berobat."

"Kalian tahu bagaimana kalapnya pemerintah kami ketika asap hutan Indonesia masuk? Ya, benar2 panik. sangat terasa, we are nothing."

"Kalian ga tau kan kalau Agustus kemarin (tahun lalu) saat dunia krisis beras. Termasuk di Singapura dan Malaysia, kalian di Indonesia dengan mudah dapat beras"


"Lihatlah negara kalian, air bersih dimana-mana.. lihatlah negara kami, air bersih pun kami beli dari malaysia. Saya pernah ke Kalimantan, bahkan pasir pun mengandung permata. Terlihat glitter kalo ada matahari bersinar. Petani disana menjual Rp3000/kg ke sebuah pabrik di China. Dan si pabrik menjualnya kembali seharga Rp 30.000/kg. Saya melihatnya sendiri"

"Kalian sadar tidak kalau negara-negara lain selalu takut meng-embargo Indonesia?! Ya, karena negara kalian memiliki segalanya. Mereka takut kalau kalian menjadi mandiri, makanya tidak di embargo. Harusnya
KALIANLAH YANG MENG-EMBARGO DIRI KALIAN SENDIRI. Belilah dari petani2 kita sendiri, belilah tekstil garmen dari pabrik2 sendiri. Tak perlu kalian impor klo bisa produksi sendiri."

"Jika kalian bisa mandiri, bisa
MENG-EMBARGO DIRI SENDIRI, Indonesia will rules the world.." (Indonesia akan Mengendalikan Dunia Ini)
(sumber: www.indonesiaindonesia.com)

Wednesday, August 25, 2010

Sang Pencerah

Sang Pencerah



[http://pencerah.blogspot.com] Tulisan ini bukan dimaksudkan untuk membahas blog pencerah bertajuk Kata Hati ini, tetapi sebuah ulasan tentang film yang menceritakan salah satu tokoh terbesar di Indonesia yaitu KH Ahmad Dahlan seorang ulama pendiri Muhammadiyah. Banyak sumber sejarah  menyatakan bahwa KH Ahmad Dahlan lah yang sebenarnya lebih layak disebut bapak pendidikan, karena beliau lebih dulu  memberikan kesempatan ‘sekolah’ pada rakyat kecil.dari pada  Ki Hajar Dewantara 

Adapun sinospsis dari Film Sang Pencerah yang sempat terekan di www.21cineplex.com adalah sebagai berikut:

Jogjakarta 1867 -1912:

Sepulang dari Mekah, Darwis muda (Ihsan Taroreh) mengubah namanya menjadi Ahmad Dahlan. Seorang pemuda usia 21 tahun yang gelisah atas pelaksanaan syariat Islam yang melenceng ke arah Bid’ah /sesat

Melalui Langgar / Surau nya Ahmad Dahlan (Lukman Sardi) mengawali pergerakan dengan mengubah arah kiblat yang salah di Masjid Besar Kauman yang mengakibatkan kemarahan seorang kyai penjaga tradisi, Kyai Penghulu Kamaludiningrat (Slamet Rahardjo) sehingga surau Ahmad Dahlan dirobohkan karena dianggap mengajarkan aliran sesat. Ahmad Dahlan juga di tuduh sebagai kyai Kafir hanya karena membuka sekolah yang menempatkan muridnya duduk di kursi seperti sekolah modern Belanda.

Ahmad Dahlan juga dituduh sebagai kyai Kejawen hanya karena dekat dengan lingkungan cendekiawan Jawa di Budi Utomo. Tapi tuduhan tersebut tidak membuat pemuda Kauman itu surut. Dengan ditemani isteri tercinta, Siti Walidah (Zaskia Adya Mecca) dan lima murid murid setianya : Sudja (Giring Nidji), Sangidu (Ricky Perdana), Fahrudin (Mario Irwinsyah), Hisyam (Dennis Adishwara) dan Dirjo (Abdurrahman Arif), Ahmad Dahlan membentuk organisasi Muhammadiyah dengan tujuan mendidik umat Islam agar berpikiran maju sesuai dengan perkembangan zaman


Semoga dengan adanya Film Sang Pencerah yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini mampu memberikan pencerahan bagi kita semua. Satu hal berkaitan dengan pesan dari KH Ahmad Dahlan yang dari kecil hingga sekarang masih tersimpan di benak saya adalah:

Hidup-hidupkanlan Muhammadiyah, 
tapi jangan mencari hidup dari Muhammadiyah 

Tuesday, August 24, 2010

Batik Gedog, cindera mata dari Tuban

 Batik Gedog, cindera mata dari Tuban


Tuban merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang cukup terkenal sejak jaman kerajaan Majapahit. Di kota tersebut juga terdapat Pondok Pesantren yang cukup terkenal yaitu Pondok Pesantren Langitan yang merupakan salah satu kawah candradimukanya ulama di Indonesia. Tuban Merupakan Kota Semen pada masa sekarang, Semen Gresik yang terkenal besar di Indonesia pada masa sekarang juga beroperasi dan mendirikan pabrik di daerah ini. Selain itu di Tuban juga terdapat beberapa industri skala internasional, terutama dibidang Oil & Gas. Perusahaan yang beroperasi di Tuban antaralain PETROCHINA (di kecamatan Soko) yang menghasilkan minyak mentah, serta ada juga PT. TPPI & PERTAMINA TTU (di kecamatan Jenu)

 Tuban memiliki banyak obyek wisata yang memiliki panorama cukup indah, di antaranya Gua Akbar, Masjid Agung Tuban, Makam Sunan Bonang, Ngerong Rengel, Pemandian Bektiharjo, Air Panas Prataan, Air Terjun Nglirip,Goa Suci,Makam Syeh Maulana Ibrahim Asmaraqandi dan Pantai Boom. 

Adapun cinderamata khas yang bisa kita dapatkan di sana antara lain batik tuban dengan motif yang sangat khas yaitu warna yang beragam. Motif khas ini juga bisa kita temui dalam bentuk kaos, baju wanita, dan selendang. Batik Tuban yang juga biasa disebut dengan batik gedog memiliki kemiripan dengan batik Cirebon terutama pada penggunaan benang pintal dan penggunaan warna merah dan biru pada proses pencelupan

 Disamping itu ada juga cinderamata berupa miniatur tempat berjualan Legen (minuman khas tuban) yang disebut "ONGKEK". Tuban juga terkenal sebagai kota Tuak yaitu cairan (legen)dari tandan buah pohon lontar (masyarakat menyebutnya uwit bogor) yang difermentasikan sehingga sedikit memabukkan karena mengandung alkohol.

Anda tertarik untuk datang ke Tuban..????
jangan lupa bawakan saya tuak batik gedog yang cukup fenomenal tersebut

Monday, August 23, 2010

Cerita Anak SMP

Cerita Anak SMP


[http://pencerah.blogspot.com] Jaman SMP merupakan suatu masa yang indah dan menarik untuk dilupakanceritakan selain masa-masa SMU. Masa remaja awal merupakan waktu yang identik dengan  masa SMP. Saat itu, dengan rok biru atau celana biru dan kemeja putih mulai terpupuk kebanggaan karena masa anak-anak mulai berakhir.

Upaya-upaya untuk mencari jati diri dimulai dari saat itu. Baik dengan senyum sana-sini tebar pesona untuk mencari teman baru atau (cinta) monyet baru, bermain kesana kemari bersama teman-teman nongkrong, berusaha menunjukkan potensi yang dimiliki dengan berbagai cara meskipun kalau diperhatikan mirip cacing yang menggelinjang kepanasan. Bagi anak-anak yang memiliki bakat nakal dan binal, masa-masa SMP juga menjadi ajang dimulainya jiwa pemberontakan dari melakukan tindakan-tindakan seperti merokok, berkelahi atau menonton video porno, membaca cerita mesum atau bolos sekolah untuk bermain di obyek wisata


Yach begitulah sekelumit cerita tentang anak SMP yang mungkin bagi orang-orang kreatif bisa difilmkan dalam bentuk video 3gp, vcd dan lain sebagainya.
Apakah teman-teman memiliki cerita yang layak dibanggakan saat SMP?


Sunday, August 15, 2010

Seven Summit Merbabu

Seven Summit Merbabu


[http://pencerah.blogspot.com] Artikel ini adalah hasil copas dari note facebook-nya Bank Iwan Nepal, seorang tokoh kunci Turis Gunung Indonesia (TGI) yang dekat dengan penguasa Gunung Merbabu
Pada pertengahan 2004 bersama rekan rekan dari KOMPPAS sebagai volunteer resmi Gunung Merbabu jawa tengah jalur utara desa thekelan kecamatan getasan, dideklarasikan route pendakian yang dinamakan pendakian Seven Summit Gunung Merbabu atau bisa disebut pendakian 7 puncak gunung merbabu yang meliputi :
1. puncak watu gubug (setelah melalui pos pending, pos pereng putih, pos gumuk mentul dan
pos lempong sampan)
2. puncak pemancar
3. puncak helipad
4. puncak jembatan setan
5. puncak syarif
6. puncak ondo rante
7. puncak kenteng songo (titik triangulasi)

dari puncak kenteng songo dapat disaksikan keindahan gunung merapi. Route yang luar biasa dengan variasi visual dan topografi yang menakjubkan...
ayooo kunjungi dan nikmati tantangan pendakian 7 puncak gunung merbabu dan rasakan keramahan masyarakat desa Thekelan....

we love mountaineering...
 

Monday, August 2, 2010

Sail Banda 2010

Sail Banda 2010


[http://pencerah.blogspot.com]Sudah hampir satu bulan ini disekitar kita penuh dengan publikasi tentang Sail Banda 2010. Adakah yang tahu, makanan seperti apa yang dimaksud dengan Sail Banda tersebut?

Sail Banda adalah salah satu event kelautan yang dilaksanakan di Ambon Indonesia. Ide kegiatan tersebut pertama kali dipresentasikan Menteri Kelautan dan Perikan, Fredy Numberi pada Rapat Koordinasi Sail Bunaken tanggal 16 September 2009. Sail Banda 2010 akan mengambil tema utama “ Small Island For Our Future “ yang memiliki arti pulau-pulau kecil untuk masa depan kita. Tema ini diambil karena Maluku sebagai lokasi kegiatan ini merupakan provinsi yang srtuktur geografisnya didominasi oleh pulau-pulau kecil. Tema utama tersebut di atas akan dibahas dalam suatu konferensi internasional tentang pulau-pulau kecil melibatkan 38 Negara pulau kecil (Small Island Developping States /SIDS).

Kegiatan ini menurut rencana akan berlangsung antara 27 Juli sampai 8 Agustus 2010 dengan sejumlah agenda utama berupa yacht rally and race, kerjurnas olah raga perairan dan game fishing, internasional diving tournament, Arafura games, internasional conference on small island, konferensi kerjasama Indonesia-Australia, internasional seminar on “ sago and spices for food safety, seafood and fish product expo, lintas nusantara remaja bahari, peringatan Kemerdekaan RI Di Maluku Barat Daya, operasi “ Surya Baskara Jaya “ dan Navy to Navy talk and port visit. Agenda ini masih terus berkembang jika ada ide-ide cemerlang berkembang dari daerah.

Ada jumlah event nasional dan internasional lain diluar agenda Sail Bunaken yang dapat digabungkan untuk meramaikan Kota Ambon antara lain :1) Konferensi nasional pesisir dan pulau-pulau kecil yang melibatkan peserta 500 sampai 1000 orang,2) Senior Official Meeting (pertemuan eselon 1) dan Ministerial Meeting (Pertemuan tingkat menteri) dari 6 negara wilayah segitiga terumbu karang (Coral Triangle) yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Timor Leste, Papua New Guinea dan Salamon Islands.
(Dari berbagai sumber)

Kepada teman-teman semua, adakah yang tertarik untuk datang ke event Sail Banda 2010 tersebut? atau cukup memancing di kali kecil yang ada di tempat panjenengan sambil membayangkan indahnya Pulau Banda....?