Saturday, January 21, 2012

Lafran Pane

 Lafran Pane



Apakah anda kenal dengan salah satu tokoh intelektual Muslim Indonesia ini? Saia yakin hanya sebagian kecil dari kita saja yang kenal dengan sosok beliau. Lafran Pane adalah salah satu tokoh yang berpengaruh dalam pergerakan di Indonesia, karena beliau adalah pendiri organisasi mahasiswa terbesar di Indonesia yaitu Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Lafran Pane dilahirkan  di Sipirok-Tapanuli Selatan, Sumatera Utara pada tanggal 5 Februari 1922. Beliau merupakan putra dari  Sutan Pangurabaan Pane, seorang tokoh yang cukup berpengauh di Sumatera Utara terutama daerah Tapanuli Selatan. Sutan Pangurabaan Pane adalah seorang tokoh nasional, ia pernah aktif menjadi pimpinan Partai Indonesia atau PARTINDO. Semasa muda, tokoh pendiri HMI ini tumbuh dalam lingkungan nasionalis-muslim dan beliau pernah menganyam pendidikan di Pesantren, Ibtidaiyah, Wusta dan sekolah Muhammadiyah

Sebagai salah satu tokoh pemuda yang aktif dalam pergerakan nasional, Lafran Pane ikut ke dalam kelompok pemuda yang ikut memprakarsai Proklamasi 17 Agustus 1945 bersama Adam Malik, Sukarni, N. Nitimiharjo, Winaka, Chaerul Saleh, Pandu Wiguna, Kusnaeni, Darwis, Johar Nur, Armunanto, dan Hanafi. Pergolakan pemikirannya saat kuliah di STI (Sekolah Tinggi Islam) yang saat ini berubah menjadi UII Yogyakarta.  Pada saat itu, beliau memiliki sebuah pemikiran sebagai berikut:

Melihat dan menyadari keadaan kehidupan mahasiswa yang beragama Islam pada waktu itu, yang pada umumnya belum memahami dan mengamalkan ajaran agamanya. Keadaan yang demikian adalah akibat dari sitem pendidikan dan kondisi masyarakat pada waktu itu. Karena itu perlu dibentuk organisasi untuk merubah keadaan tersebut. Organisasi mahasiswa ini harus mempunyai kemampuan untuk mengikuti alam pikiran mahasiswa yang selalu menginginkan inovasi atau pembaharuan dalam segala bidang, termasuk pemahaman dan penghayatan ajaran agamanya, yaitu agama Islam. Tujuan tersebut tidak akan terlaksana kalau NKRI tidak merdeka, rakyatnya melarat. Maka organisasi ini harus turut mempertahankan Negara Republik Indonesia kedalam dan keluar, serta ikut memperhatikan dan mengusahakan kemakmuran rakyat.

Dan akhirnya HMI berdiri pada tanggal 5 Februari 1947 di salah satu ruangan kuliah STI di Jalan Setiodiningratan (sekarang Panembahan Senopati). Ketika itu Lafran Pane berusia 25 tahun dan baru duduk di tingkat I STI. dan berhasil memotivasi mahasiswa STI khususnya mahasiswa di Yogyakarta, untuk mengerti dan memahami gagasannya untuk mendirikan HMI. 



11 comments:

  1. saya termasuk orang yang tida mengenal tokoh tersebut

    ReplyDelete
  2. Pak Pane yang ini pastinya tak ada hubungannya dengan Kedung Pane ya...

    ReplyDelete
  3. ada hubungannya dengan Armin Pane Sastrawan itu nggak ya mas

    ReplyDelete
  4. sampeyan? HMI Dipo ato HMI apa mas

    ReplyDelete
  5. walah, nama tokoh yang satu ini kok malah belum pernah saya dengar, ya, mas, mungkin lantaran sejak belajar dulu ndak pernah belajar berorganisasi, hihihi ....

    ReplyDelete
  6. saya juga tidak kenal dengan tokoh penting ini,hemmh,,,

    ReplyDelete
  7. Dan saya adalah orang yang tidak boleh tidak kenal dengan beliau. karena beliau adalah pejuang dan sekaligus pejuang dan membangun bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  8. Akan kami kenang jasa" mu kanda
    Akan kami lanjutkan tongkat estafet organisasi HMI ini sampai titik akhir hayat
    #YAKUSA

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab

DOWNLOAD MOVIE