Monday, July 19, 2010

Mebel Ukir Jepara

Mebel Ukir Jepara



[http://pencerah.blogspot.com] kalau mendengar kata "Jepara", ingatan kita pasti akan terpaut pada  dua hal, yaitu RA Kartini, seorang pahlawan wanita yang cukup terkenal serta kerajinan ukirnya. Memang selama beratus-ratus tahun, daerah Jepara terkenal sebagai daerah penghasil mebel bermotif ukir. Jika kita berjalan-jalan di seputar kota Jepara, memang dimana-mana akan terlihat aktifitas yang berkaitan dengan industri ukir tersebut..

Namun seiring berjalannya waktu, kerajinan ukir yang memerlukan bahan baku berupa kayu cukup besar ini mengalami penurunan. Salah satu penyebabnya adalah over production atau produksi yang berlebihan sebagai upaya untuk memenuhi permintaan eksport. Produksi yang terus digenjot tanpa diimbangi penyediaan bahan baku yang cukup ternyati menjadi momok yang cukup besar dalam industri ukir ini. 

Adapun sejarah munculnya seni ukir di Jepara ada banyak versi. Salah satunya adalah sebagai berikut :
Berdasarkan cerita sejarah, ukiran Jepara sudah ada sejak zaman Majapahit. Saat itu ada seorang seniman yang diminta untuk melukis tubuh dan wajah permaisuri raja di media kayu atau mengukir. Ternyata hasil lukisan di kayu tersebut sangat mirip dengan bentuk asli permaisuri. Dan ini bukannya membuat sang raja senang, tapi justru murka, karena ini mengartikan bahwa sang seniman sudah memahami betul secara detil bentuk tubuh dan wajah sang permaisuri.



Karena murkanya, sang raja mengusir seniman dan "melemparkannya" bersama alat-alatnya ke daerah yang kini dikenal Jepara. Sang seniman lantas melanjutkan hidupnya di Jepara dengan menjual produk mebel dan kerajinan tangan lainnya dengan ciri khas ukiran kayu. (www.suarakarya-online.com)
Yang jelas, sampai saat ini Kota Jepara masih terkenal di seluruh penjuru dunia sebagai pusat kerajinan ukir dengan motif yang sangat unik.
Kira-kira adakah yang mau datang kesini untuk diukir  ...?

20 comments:

  1. jare-jarene nek urusan cah enom, cewek njepara kuwi dienjepi mara... hahaha

    ReplyDelete
  2. disana juga terkenal ceweknya, cantik2 lho mas

    ReplyDelete
  3. (Maaf) izin mengamankan KEEMPAX dulu. Boleh, kan?!
    yups, tetangga kabupaten saya ini emang tenar kali sebagai penghasil ukiran bermutu

    ReplyDelete
  4. Tapi kalau mau cari hasil ukiran-ukiran murah lebih banyak di cepu atau sulur....

    ReplyDelete
  5. hehehe .... ndak mau, mas pencerah, bisa bolong2 dong nanti, haks. selain terkenal ukirannya, saya juga suka keramahan penduduknya.

    ReplyDelete
  6. waaaah,,,,mebel emang menjanjikan,,,hanya saja kurang berkembang di RIau

    ReplyDelete
  7. jepara terkenal juga panasnya :D

    jd pengen ke pantai bandengan lg..

    ReplyDelete
  8. sudah pernah kesana,kotanya tenang n menyenangkan

    ReplyDelete
  9. seumur umur belum pernah kesana

    ReplyDelete
  10. mampir disini untuk menyampaikan SELAMAT HARI ANAK NASIONAL...ayo beri dukungan untuk menyebarkan rasa sayang kepada anak-anak...

    ReplyDelete
  11. Mebeul ukir Jepara, terkenal hingga ke manca negara :)

    ReplyDelete
  12. wah emank keren seni ukir jepara itu sob keren banget hehe

    ReplyDelete
  13. nek pengen ngukir motor isoh rak yo

    ReplyDelete
  14. saya lahir dan besar di kota jepara. ukirannya, pantainya dll sudah menjadi bagian dari rumah saya. karena sudah terbiasa, hal2 tersebut jadi tampak biasa di mata saya. tp ternyata semua hal tersebut sangat terkenal di daerah2 lain. hehe.. terimakasih atas apresiasi saudara2 sekalian kepada kampung halaman saya...haha

    ReplyDelete
  15. sangat baik ya rajanya, coba klu di lempar kesini pasti terkenal donk desa kami..

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab