Monday, July 5, 2010

Daftar Kenaikan Tarif Dasar Listrik 2010

Daftar Kenaikan Tarif Dasar Listrik 2010




Secara resmi, mulai tanggal 1 Juli 2010 ini, Tarif  Dasar Listrik mengalami kenaikan. Menurut  Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), kenaikan TDL ditetapkan   setelah mendapatkan persetujuan dari DPR RI.  Perlu diketahui bersama,  kenaikan ini tidak berlaku bagi pelanggan yang mempunyai daya 450 VA dan 900 VA. Akan tetapi, pelanggan dengan daya 450 VA dan 900 VA tetap dibebani biaya kenaikan harga sembako dan harga barang-barang lainnya sebagai imbas kenaikan TDL (yo mesti...ti...)

Adapun daftar kenaikan TDL secara lengkap adalah sebagai berikut:
- Pelanggan 450 VA – 900 VA tidak mengalami kenaikan
- Pelanggan 6600 VA ke atas golongan rumah tangga, bisnis, dan pemerintah, dengan batas hemat 30 persen tidak naik karena tarif listriknya sudah mencapai keekonomian.
- Pelanggan Sosial dinaikkan sebesar 10%
- Pelanggan Rumah Tangga lainnya dinaikkan sebesar 18%
- Pelanggan Bisnis naik sebesar 12% hingga 16%
- Pelanggan Industri lainnya sebesar 6%-15%
- Pelanggan Pemerintah lainnya sebesar 15%-18%.

Semoga daftar kenaikan TDL ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sehingga mampu menggunakan listrik dengan bijak. 

23 comments:

  1. listrik lom naik, istri saya dah bilang kebutuhan sehari2 dah naik, jatah belanja minta naik sementara gaji lom naik mas, pusingggg

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah aku ora termasuk sing mundhak

    ReplyDelete
  3. Saya masih bingung dengan istilah "Pelanggan 6600 VA ke atas golongan rumah tangga, bisnis, dan pemerintah, dengan batas hemat 30 persen tidak naik karena tarif listriknya sudah mencapai keekonomian." kalau di kost-kostan masuk yang mana ya?

    ReplyDelete
  4. lha aku 450 berarti gak naik (dance)

    ReplyDelete
  5. waah emang ini kudu kita maklumi...karena emang PLN rugi banget

    ReplyDelete
  6. Kalo PLN tarifnya naek yang mensosialisasikan selalu bukan PLN sendiri.

    ada apa dengan PLN

    ReplyDelete
  7. untung masih 450VA
    tetep kena imbasnya (DOH)

    ReplyDelete
  8. Walaupun tidak naik, namun dengan seringnya pemadaman bergilir, tetap saja akan menyusahkan. Jika memang harus naik, saya setuju asalkan tidak pernah terjadi pemadaman bergilir lagi.

    ReplyDelete
  9. duh, negara indonesiaku tercinta....
    banyak wargamu kebingungan karena biaya sekolah, listrik dan BBM yang mahal

    ReplyDelete
  10. wakakkaa.. keno kabeh.. minim 1300 je...

    ReplyDelete
  11. kebijakan yg semakin memijak :(

    ReplyDelete
  12. info yang bagus...kasian juga bapak kost ku deh...

    ReplyDelete
  13. Saat nya Indonesia pake Nuklir ya, biar turun harga listriknya

    ReplyDelete
  14. semua serba aneh sekarang
    ckck

    ReplyDelete
  15. paaraaah banget,,listrik naik,,yaa semua ikut naik,,sama aje kya BBm..
    asal jangan pemadaman bergilir lagi......

    ReplyDelete
  16. TDL naek, BBM naek, Gas naek, tingkat pengangguran naek, kerusakan jalan dan infrastruktur laennya naek, kerusakan moral pejabat yang korup naek.... hebat ya...

    Klo ditanya negara lain di Indonesia semuanya mengalami kenaikan....

    ReplyDelete
  17. Ngentot Tuh Pemerintah kagak ada Otaknya

    ReplyDelete
  18. pemerintah nie gimana..
    koq naik terus...

    ReplyDelete
  19. waduh ini mah emang BBM,
    bola bali mundak.
    mungkin yang turun tuh hanya hujan

    ReplyDelete
  20. naik 18% apaan... klo dihitung naiknya tarif dari Rp. 560/kwh menjadi 890/kwh untuk 3500 VA itu berarti 59 % kenaikannya....
    Yang mo buka usaha harus mikirkan untuk gulung tikar dulu karena ini>>>

    ReplyDelete
  21. alhamdulillah nyokap pakek yg 45o jadi kagak naik... hehe... nasib jadi orang miskin ada enaknya ada juga kagak enaknya... kalo masalah naik2an harga begini banyak enaknya karena kagak ikutan dinaekin... hehe..

    ReplyDelete
  22. It's pandora bracelets the same thrill as walking in a room pandora jewellery with stacked floor to ceiling designer cheap pandora canada shoes in your size. I have never pandora bracelets sale been lucky enough to experience this, but pandora charms I am a woman and I have my pandora bangles fantasies. In fact, entire television series have pandora necklaces been written about this. It was pandora beads called Sex in the City. And, yes, the sex part was pandora earrings great, but the shoes were what we really pandora sets wanted.

    ReplyDelete
  23. tiap tahun listrik naik terus, tetapi kenapa disini tiap minggu listrik padam terus? aneh padamnya dari sore sampe malam hari.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab