Wednesday, January 6, 2010

Obrolan Anak-anak Pantry

Obrolan Anak-anak Pantry


Jurusan PeWeKa aliyas Planologie Undip merupakan salah satu pabrik pemikir-pemikir hebat pada jamannya. Saking hebat pemikiran mereka banyak sekali hasil pemikiran tersebut yang tidak (belum) bisa diaplikasikan atau dilaksanakan. Dan karena terbiasa menjadi seorang pemikir, maka tak jarang mahasiswanya tidak lulus-lulus karena TA atawa skripsinya hanya dipikirkan saja, tapi tidak pernah dibuat (ngacung mode on...)

Dalam berbagai waktu, kesempatan dan media, anak-anak Planologie Country (Pantry-alumni planologie_2k) selalu berdiskusi tentang peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Baik itu peristiwa yang sangat penting, sedikit penting maupun tidak penting sekali selalu dibahas. Dan inilah hasil transkip rekaman obrolan anak-anak Pantry yang kemarin sempat diperdengarkan di MK


Hope Prastimoez 
''Banjir produk-2 China pasca Free Trade Area CHINA-ASEAN akan mengancam produk-2 anak negeri!'' Ayo! DIPILIH DIPILIH! Yg murah yg murah!
Today at 11:33am


Yudha Eriyanto
trading tidak hanya soal harga...faktor pencitraan juga berpengaruh...
Today at 11:38am


Hope Prastimoez
@yudha: otokritik tuk diri kita.,,Apakh produk-2 INA bs survive...we'll see
Today at 11:46am


Yudha Eriyanto
hanya dengan berpangku tangan,produk kita akan habis tergilas...kampanye dukungan produk lokal,dibarengi dengan pencitraan positif mungkin dapat sedikit meredam punahnya karya anak bangsa...
Today at 11:52am


Feisal Riza
yg pesimis psti mrsa produknya trancam...
bgi yg bjiwa pemenang, mrk akn 1000x Lbh kreatif u/ Lbh dr skedar brtahan...
Mrk mcri cra bgmna produk2 mrk mgaLahkan China, LaLu Go Int'L & to say: "bye..bye..Tiongkok!"
Today at 12:02pm


Hope Prastimoez
Di lapangan; sulit mengendalikan awareness pasar, harga ibarat dewa. Apalagi produk-2 dasar. Sdgkn produk-2 berbasis muatan lokal (budaya-seni) relatif memiliki posisi tawar yg tinggi. Saatnya lbh mengenali.
Today at 12:04pm


Yudha Eriyanto
barang dasar sekalipun juga tak lepas dari pencitraan...beras impor secara citra berada dibawah beras organik...
contoh mas pras dgn barang budaya-seni saya pikir mewakili efek dari pencitraan thd preferensi pasar...
Today at 12:12pm


Hope Prastimoez
@faizal: setuju optimis! :-) yg tdk kreatif ak tergilas,produsen ntas malah bs jd pedagang doank :-)
Today at 12:15pm


Hope Prastimoez
@yudha: pencitraan = branding kagak ya?
Today at 12:17pm


Dwi Istianto
Kesiapan infrastruktur dan suprastruktur untuk bisa berkompetisi dengan produk china sangat tidak bisa diandalkan...menurut data satu bulan ke depan akan bertambah 14 ribu pengangguran karena PHK akibat perusahaan tidak bisa berproduksi...ini tragis...amerika dan eropa saja berupaya terus untuk memproteksi arus pasar bebas china dengan berbagai ... See Morekebijakan salahsatunya dengan menaikan pajak pembelian produk china sementara di Indonesia dibiarkan terjun sebebas2nya...yang lebih ironi salahsatu pejabat mengatakan biar mekanisme pasar yang menentukan dan mengandalkan fanatisme terhadap produk lokal...GEJALA APA INI???
Today at 12:17pm


Yudha Eriyanto
mungkin sama,tapi kok aku lebih nyaman pakai bahasa kita saja xixixi....
@mas dwi:welcome to the jungle of capitalism....it's suck,tp kita teuteup hrs melawan...bukan diam...
Today at 12:26pm


Dwi Istianto
@ yudha : sejak dulu kita terus membaca sosialisme tapi kita gagap terhadap resistensi neo kapitalisme yang lebih mengerikan dari bentuk awalnya yakni capitalism...mestinya kita sadar betul apa yang dikatakan oleh Sutan Syarir, Bung Hatta, Tan Malaka, Sukarno dalam menantang kapitalism...SUNGGUH MALANGNYA NEGARA ini tapi tidak menyurutkan kita untuk mengepalkan tangan kiri sebagai tanda perlawanan...
Today at 12:37pm


Hope Prastimoez
@chi: ironi! memang,soalnya kita terbiasa tdk siap tanding. Ada sisi positif yg ku tangkap,bhw langkah ini tuk 'memancing' mental kreatif pengusaha2 keluar-krn terdesak- smoga aj benar :-) lbh dr itu,isu teknis spt infrastruktur (hard&soft) mjd bag tantangan pengelola negara.
Today at 12:39pm


Yudha Eriyanto
@mas dwi: sepakat mas dwi...pemimpin kita mungkin tidak pernah baca ekonomi daulat rakyat atau madilog...jadi ga tau sosialis rasa lokal...
@mas pras:menurut pengalaman pribadi sih kreativitas lebih dahsyat dan lebih gila di masa krisis....xixixi...
Today at 12:45pm


Dwi Istianto
@pras : Bukan Soal Siap Tanding atau Tidak...Rakyat Lapar, Sakit dan Mati di jalan itu sudah biasa terjadi...rakyat dibiarkan begitu saja tanpa ada perlindungan negara...ini persoalan peran negara dan eksistensinya...Dalam konteks ini bisa sajadi katakan bahwa negara ini belum siap terhadap FTA khususnya dengan china yang sedemikian gegap ... See Moregempitanya dalam soal ekspansi ekonomi...Bagaimana hendaki memikirkan inovasi dan segala bentuk kreatifitas sementara CHINA pun berpikiran demikian dengan segala infrastruktur dan suprastruktur yang sangat memadai...INI SAMA SAJA MENYURUH ELIAS PICAL (baca:indonesia) bertanding dengan EVANDER HOLLFIELD (baca : china) di dalam ring ketidakberdayaan
Today at 12:47pm


Dwi Istianto
SALAH SATU PENYAKIT NEGERI INI ADALAH TIDAK PERNAH BERPIKIR REALISTIC...anjiiinggggg emang
Today at 12:49pm


Hope Prastimoez
@Chi: woww!!...jd ini udah mulai masuk konsep NEGARA ya?? Kalo hal itu aku AKUR! Chi. PEMANGKU NEGARA lbh senang diakui di mata negara lain drpd di mata rakyatnya sendiri. Kalo ini yg tjd,berarti NEGARA LEMAH! @yudha: intermezo: apa bangsa ini hrs terus menerus dicambuk pantatnya biar berlari kencang? :-)
Today at 1:06pm


Hope Prastimoez
Catatan kecil: Lee Kuan Yew pnh bilang, NEGARA sebesar Indonesia seharusnya mjd NEGARA PRODUKSI! Kalo itu yg tjd, betapa BESAR-nya INDONSIA?? Tp...sptnya mimpi itu msh jauh panggang dari api...
Today at 1:10pm


Yudha Eriyanto
pemikiran realistis muncul dari realita sosial yang dihadapi...realita sosial kita sebagai RAKYAT bukanlah realita mereka sebagai PERUMUS KEBIJAKAN...karena antara KITA dan MEREKA terbentang jarak...lapar KITA adalah kenyang MEREKA...ketertindasan KITA adalah kemakmuran MEREKA...
ketika ada PENINDASAN hanya ada satu kata LAWAN!!!
Today at 1:12pm


Yudha Eriyanto
Jerman dua kali dihajar kekalahan perang dunia...Jepang luluh lantak pasca Hiroshima dan Nagasaki...
Indonesia???
ga cuma pantat kalee...kalo perlu kepala juga dijitakin br otak didalamnya dipake bt mikir...
nb:kalo masih punya he3...
Today at 1:19pm


Hope Prastimoez
  @yudha: realitas rakyat adlh ilusi realitas 'mereka'...hahaha... Jerman dan Jepang punya DETERMINASI! Gt loh..hahaha
Today at 1:43pm


Tanpa Nama
Hancurkan dulu indonesia, biar otak kita sedikit terangsang
Today at 1:53pm ·


Hope Prastimoez
Nah! Ini ada penyegaran nih. Py kuwi mksdnya Dabe?
Today at 1:56pm


Tanpa Nama
Jare yuda jerman n jepang hancur terus bangkit. Indon kudune yo ngono
Today at 2:02pm ·


Yudha Eriyanto
masih kurang hancurkah kita saat ini?atau mungkin kita perlu mengundang invasi militer negara lain?br suasana krisis tidak hanya milik 'kita'?
mosok beraninya mengundang invasi ekonomi mulu?
Today at 2:27pm


Tanpa Nama
Ngenteni kalah perang mungsuh malingsia yud
Today at 2:29pm ·


Hope Prastimoez
Oke kawan2..NICE DISCUSS GUYS! Let's do it again later :-)
Today at 5:29pm

17 comments:

  1. si Bu Beng Siawcut (Tanpa Nama) kuwi kok galak temen to??? medeni bocah!

    ReplyDelete
  2. Kalau sudah masalah ekonomi dan harga kolor kayak gini jadi bingung juga mau komentar. Di sastu sisi saya selalu memburu yang paling murah tapi di sisi lain saya terlanjur menjadi orang Indonesia yang katanya (meski sedikit) harus menunjukkan nasionalismenya.

    ReplyDelete
  3. wah saya orang indonesia, apakah anda juga termasuk orang indonesia ??

    ReplyDelete
  4. Ayam Kampung tetep paling Mak Nyus...
    Opomaneh Ayam Kampunge Undip...

    ReplyDelete
  5. pantryne gedhene sepiro kuwi ? koq rame ?

    ReplyDelete
  6. Pasar bebas itu bebas untuk beli apa aja, bebas untuk jual apa aja, bebas untuk tidak menjual, bebas untuk tidak membeli.... Seharusnya seperti itu. Tapi sekarang kita sudah tidak punya kebebasan untuk tidak menjual dan tidak bebas untuk tidak membeli. Apa ini yang namanya pasar bebas ya mas?

    ReplyDelete
  7. dadi ingat jaman bikin skripsi dipikir terus nggak dikerjakan.
    wah obrolan tingkat tinggi kuwi mas

    ReplyDelete
  8. walah obrolane berat ki, mas sampeyan cah country to? sekarang masih kuliah apa dah lulus? ak dl juga kul di semarang, di unnes, kangen ki meh dolan semarang

    ReplyDelete
  9. Really great blog you have, I really like it a lot. Thank you for the post, you do a very good job, keep it up.

    ReplyDelete
  10. sudah aku duga ini pasti oblolan bertendensi

    ReplyDelete
  11. kadang aku suga gak ngerti tuh ini maksudnya apa ya?
    btw aku dah baca 3 kali , bego amat gw ya?

    ReplyDelete
  12. kira2 produk cina itu yg ngerjainya TKI bukan ya?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab