Friday, July 27, 2012

Tempe Dele

 Tempe Dele


Bagi orang jadul apalagi yang berada di daerah pedesaan, sarapan berlauk tempe dele dan tahu merupakan suatu hal yang lumrah dan biasa. Justru menjadi luar biasa apabila di pagi hari lauk yang tersedia berupa ayam apalagi berbentuk fried chicken.

Saat ini, di jaman modern, yang menurut prediksi orang-orang pintar tempe dele dan tahu hanya menjadi makanan bagi masyarakat kelas dua, ternyata masih saja terhidang di meja makan sebagian besar manusia Indonesia. Tidak hanya di pedesaan, tapi perkotaan juga. Termasuk manusia yang mengaku modern dan suka instan, tempe dele dan konco-konconya pun masih menjadi hidangan favorit di meja makan rumah mereka.

Dan huru-hara ini bermula dari meroketnya harga minyak dele (kedelai) dunia. Sebagai salah satu negara dengan konsumsi tempe dele dan tahu terbesar di dunia, badai sistemik yang terjadi benar-benar membuat masyarakat bergejolak. Apalagi seiring dengan perkembangan jaman, tanaman kedelai yang dulu sempat menjadi idola petani saat musim kemarau berubah menjadi tanaman beton berbentuk rumah. Bahkan petaninya pun sudah berubah istilah menjadi buruh pabrik atau karyawan swasta

Semoga saja kenaikan popularitas (penyanyi) Adelle tidak berpengaruh terhadap kenaikan harga dele dan semoga para petani kita bisa menumbuhkan kembali kedelai-kedelai yang dulu sempat menjadi komoditas unggulan nenek moyang

19 comments:

  1. aduh.. makanan orang melarat sekarang menjadi makanan orang kaya..

    apa hubungannya adele dengan dele.. :D

    ReplyDelete
  2. Kira2 ada pengganti bahan tempe selain kedelai nggak ya?

    ReplyDelete
  3. semoga masalah kedelai cepat berakhir ...

    ReplyDelete
  4. Di pasar ndak ada tempeee x_X
    Dah tiga hari aku gak makan tempe... *curhat*

    ReplyDelete
  5. Kemarin sempat ngebahas, kalo tempe dan tahu adalah makanan impor karena kedelenya impor dari amerika serikat. Sedangkan kfc itu ayam dan minyak gorengnya adalah produk lokal 100%.

    ReplyDelete
  6. enak banget apa lagi mkanya sama sambel mantap

    ReplyDelete
  7. alhamdulilah..
    2 tetangga saya pengrajin tempe dan tahu belum ada kabar mogok ataupun naik harga :)

    ReplyDelete
  8. haduuh ngoment di sini makruh jdinya, lagi bulan ramadhan kaya gini liat itu gambar jadi gak karuan hiihihi...

    ReplyDelete
  9. Kalau makanan/minuman yg lain bisa disiasati bahan2nya dengan zat kimia, tapi kalau tempe dele kayaknya susah ya Mas.
    Lihatlah es degan di Simpang Lima itu
    Sepintas airnya persis air kelapa, tapi setelah diminum rasane pait :D

    ReplyDelete
  10. makahan khas Indonesia ini sedang. mengalami masalah, semoga cepet kelar deh masalah tentang kedelai itu.

    ReplyDelete
  11. tempe dele boekan makanan tempo doeloe

    ReplyDelete
  12. wissssss mantep tuh tempe kesukaan ku tuh...
    apalagi kalau dikombinasikan sama sayur asem wenak tenan....

    ReplyDelete
  13. Haha .. ternyata jarang update jg y si OM .. Hahaa

    ReplyDelete
  14. halaaahhh pic nya please deh gak nahan

    ReplyDelete
  15. bunda juga sering masak tempe dele loh mas

    ReplyDelete
  16. Tempe makanan kesukaan saya.
    apalagi makan bacem tempe, pecel tempe
    hm... nikmatnya

    ReplyDelete
  17. makanan faforit sampai dengan saat ini

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab