Thursday, April 21, 2011

Permainan indah, prestasi, pemberdayaan dan keproyekan

Permainan indah, Prestasi, 
Pemberdayaan dan Keproyekan


[www.pencerah.blogspot.com] Pertarungan seteru abadi Real Madrid dan Barcelona dalam bulan -bulan ini mencapai puncaknya yaitu dengan adanya 4 pertemuan beruntun. Pertarungan 2 klub raksasa tersebut pada intinya adalah pertarungan antara dua orang pelatih besar dengan dua strategi yang bertentangan. Mourinho merupakan salah satu pelopor sepakbola pragmatis yaitu untuk meraih kemenangan dengan berbagai taktik, termasuk memainkan banyak pemain bertahan. Sedangkan Guardiola, penganut konsep sepakbola indah yang mengedepankan kualitas permainan dengan konsekwensi kemenangan bukanlah segalanya. 

Strategi permainan indah dan pragmatisme seperti layaknya mata uang yang memiliki 2 sisi. Keduanya merupakan satu tubuh tapi sifatnya saling bertolak belakang (meskipun masih memungkinkan untuk disandingkan). Demikian pula dengan pemberdayaan dan keproyekan. Senasib dengan 2 strategi diatas, pemberdayaan dan keproyekan merupakan dua sisi bertolak belakang dengan kemungkinan masih bisa dipadukan.


Manakah yang terbaik, permainan atraktif atau pragmatis, pemberdayaan atau proyek..? Jika boleh memilih pasti keduanya akan kita pilih untuk disandingkan. Tapi kalau disuruh memilih salah satu?
Pilihan kita pasti akan ditentukan oleh paradigma berfikir kita, posisi kita saat menghadapi keduanya, serta situasi dan kondisi yang sedang terjadi. Adakalanya kita harus memilih salah satu dan dikemudian hari pilihan kita harus dilepaskan untuk memilih yang satunya.

17 comments:

  1. ikut menyimak saja... :)

    Salam Persahabatan...

    ReplyDelete
  2. Saya ikut dua duanya...Top Bgt dech

    ReplyDelete
  3. mourinho and guardiola are man the world today

    ReplyDelete
  4. semuanya akan menjadi baik jika ditempatkan pada porsinya masing-masing

    ReplyDelete
  5. Real Madrid kemarin bermain bagus banget hehehe

    ReplyDelete
  6. program nasional pemberdayaan masyarakat ya mas?

    ReplyDelete
  7. cuma mo bilang ... I love you, Mou!
    cuma bisa mengenang masa2 manis ketika sosoknya ada di Stamford Bridge ... hiks ... missed that moment so much!

    ReplyDelete
  8. Pemberdayaan proyek atau proyek pemberdayaan, kalau yang penting hasil akhir, apapun dianggap sah, yang penting tujuan tercapai he.he..

    Salam

    ReplyDelete
  9. saya lebih suka gaya mourinho dalam sepak bola

    ReplyDelete
  10. Apapun siarannya Barcelona tetap Juara Champion,..

    ReplyDelete
  11. like this barcelona<<
    PATEN...

    ReplyDelete
  12. Mozilla Firefox se niega a colaborar con la censura en la Red impuesta por EEUU - Mozilla, la organización responsable del navegador Firefox, ha decidido plantar cara a las autoridades de Estados Unidos. Mientras éstas le solicitaban la retirada de una extensión que permite acceder a páginas web bloqueadas por uno de sus departamentos de seguridad, los responsables del navegador han respondido con un "no" rotundo a esta posibilidad.

    ReplyDelete
  13. Kini RealMadrid telah berbenah dengan didatangkannya pemain muda berkualitas. Dlm komentar terarkhir Guardiola menghawatirkan pemain muda Madrid. La Liga yg jelas akan semakin seru, apalagi Malaga kini telah dimiliki oleh Raja Qatar AL THANI.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab