Sunday, September 19, 2010

Amblesnya Jalan Kami

Amblesnya Jalan Kami


[http://pencerah.blogspot.com]. Cerita ini tidak akan mengisahkan tentang Ontorejo yang suka ambles ke bumi, tapi sebuah realitas yang sebenarnya sudah terjadi bertahun-tahun, tapi baru disadari oleh sebagian besar orang yang berkepentingan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat opera van indonesia berikut ini:

Alkisah, di suatu tempat di wilayah ibukota negara Indonesia ada sepenggal ruas jalan yang ambles sampai kedalaman 7 meter. Suatu hal yang aneh (menurut sebagian besar orang) karena jalan tersebut baru saja diperbaiki yaitu dengan dibeton sehingga mampu menahan beban berat yaitu truk-truk kontainer yang setiap hari terseok-seok melewati jalan tersebut. 

Suatu hal yang memalukan rupanya terjadi lagi. Kegiatan perkerasan jalan yang menelan uang rakyat Milyaran rupiah tersebut rupanya  dikerjakan oleh "tukang sulap", sehingga dengan segala trik yang dipunyai tiba-tiba langsung berwujud jalan beton dengan permukaan yang kelihatannya bagus. Sungguh berbeda apabila proyek tersebut dikerjakan oleh kontraktor atau setidaknya orang yang mengerti proyek konstruksi.

Dan yang lebih menarik lagi, para pengawas yang seharusnya memonitor pelaksanaan pekerjaan tersebut berubah menjadi penonton saja (maklum yang bekerja adalah tukang sulap dan tukang sirkus). Dengan pandangan takjub dan terheran-heran mereka terpukau oleh keahlian si tukang sulap. Mereka yang katanya berasal dari instansi pemerintah (pusat) bagaikan terhipnotis hanya bisa terbengong-bengong, sehingga mereka yang sebenarnya pintar tampak bodoh (kebalik gak ya...?)
Tapi bagaimanapun itu sudah terjadi. Dan kalau dibandingkan dengan kasus-kasus lain itu hanyalah kasus yang sangat kecil. Kasus yang sangat besar seperti Lumpur Lapindo-pun akhirnya bisa dialihkan menjadi  Kesalahan Tuhan dengan dalih bencana alam, apalagi kasus amblesnya jalan ini. Saya yakin Tuhan masih mau dijadikan biang kesalahan dengan dalih bencana alam sehingga kelalaian manusia bisa dihapuskan. Setidaknya sampai mereka itu menyadari akan kebodohan dan kelalaiammya.

24 comments:

  1. itu baru peringatan...jalannya dulu

    ReplyDelete
  2. (Maaf) izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
    jangan selalu mengganrtungkannya kepada Tuhan lewat istilah bencana alam. Toh, semua itu sejatinya berawal dari kita sendiri

    ReplyDelete
  3. Semoga bisa mengambil hikmah dari kejadian tersebut

    ReplyDelete
  4. Untung saja jalan Semarang gak pati ambles

    ReplyDelete
  5. Bisa meresahkan kejadian ini, apalagi tahun lalu baru saja bikin jembatan panjang diMadura, semoga bukan kontraktor yang sama yang mengerjakannya.

    ReplyDelete
  6. Mungkin ini salah satu yang disebut mas alamendah sebagai penyebab terjadinya multy bencana alam yang terjadi di negeri Indonesia ini :(
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  7. mungkin ini sebuah contoh kebobrokan dan kekorupsian.......

    ReplyDelete
  8. itu hanya sedikit kasus saja ,... berarti masih bnyak yg lain dan lebih besar pula tentunya ,...

    ReplyDelete
  9. itu hanya sedikit dan kecil saja dr semua kasus yg ada,.. wah , berarti masih banyak yg lainnya dg ukuran yg lebih besar dan begitu banyaknya ,..

    ReplyDelete
  10. Semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi...

    ReplyDelete
  11. pengawasnya ikut menikmati kontruksi betonnya kok mas

    ReplyDelete
  12. semoga mereka yg bersalah bisa dihukum seadil2nya...

    ReplyDelete
  13. hahahahah semrang wae meh tenggelam kok...enk sing nek ngesrep..

    ReplyDelete
  14. bukan cuma jalannya yang ambles, kotanya juga hampir ambles

    ReplyDelete
  15. gara gara agung sedayu grup nich hihihihi

    ReplyDelete
  16. memang menyedihkan, mas pencerah. kok bisa jalan di ibukota jebol dan amblas seperti itu. makin terbukti kalau bangsa kita memang pintar membangun, tapi tak sanggup merawatnya. selamat idulu fitri juga, ya, mas, mohon maaf lahir dan batin atas kesalahan dan kehilafan saya selama ini.

    ReplyDelete
  17. iya ka.. manusia belum sadar klo belum di tegur dengan teguran yang luar biasa... :D

    ReplyDelete
  18. wah d sini ada top komentarnya ya,... mo nambah ah,... :D perkembangan suatu negara sangat d pengaruhi lancarnya arus transportasi, kalau masih seperti ini terus kapan Indonesia akan bertahan sebagai negara berkembang yang konon adalah sebutan untuk memperhalus " negara miskin " , perkembangan tentunya untuk lebih baik dan maju :D

    ReplyDelete
  19. bukan hanya jalan2 di Kota Jakarta, di sekitar semarang juga sudah ambles

    ReplyDelete
  20. wah, wah wah siap-siap pindahan dunk kelak
    salam kenal

    ReplyDelete
  21. akankah jawa jadi pulau menyeramkan di dunia pula?
    semoga aja tidak

    ReplyDelete
  22. Photographing jewellery thomas sabo bracelet can be tricky, but with a few concepts and budget below US$500 it is possible to thomas sabo bracelets achieve near-professional look of the photographs. This guide thomas sabo bracelets uk is intended for absolute beginners. Terminology is simplified, and camera thomas sabo bracelet clearanceadjustments are discussed with only jewellery in mind. Strung together innovatively with thomas sabo charm bracelet gold or silver wire, these form great offbeat organic jewelry. Pearls are as versatile as you want to make them, choose pearl jewelry that is thomas sabo charms bracelet crafted to bring out your features and attitude to their discount thomas sabo bracelet best advantage.

    ReplyDelete
  23. jalan amblas untuk menguji orang yang menang dalam tender proyek nanti.. kalau masih ada yg curang pasti jalanya amblas lagi...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab