Tuesday, March 16, 2010

Sony dan Sony

Sony dan Sony


Bagi teman-teman yang memiliki nama sama atau mirip dengan produk-produk terkenal harap berhati-hati. Suatu peristiwa langka bin aneh baru saja terjadi di dalam dunia maya dan nyata kita. Seorang blogger bernama Sony AK yang memiliki blog www.sony-ak.com disomasi oleh pihak sony corp karena dianggap telah menggunakan namanya yang sudah dipatenkan. Dan tentu saja teman blogger kita yang satu itu keberatan dengan adanya somasi tersebut. Telah bertahun-tahun Sony AK memiliki blog tersebut, menjaga dan memeliharanya hingga sekarang kini dituduh melanggar UU hak cipta. Padahal dia mengunakan nama blognya tersebut berdasarkan atas namanya sendiri. 

Tindakan sewenang-wenang dari perusahaan besar tersebut tak pelak mengundang solidaritas dari teman-teman blogger di tanah air. Teman-teman blogger merasa bahwa tindakan yang dilakukan oleh Sony Corp tersebut sudah keterlaluan dan berlebihan. Dukungan melalui blog maupun facebook mulai digelar. Genderang perang yang sudah ditabuh oleh perusahaan "penjajah" bangsa Indonesia tersebut akan disambut dengan perlawanan sekuat tenaga.
Bisa kita bayangkan apabila suatu saat kita disomasi oleh sebuah perusahaan besar karena kita mencantumkan nama kita (yang notabene) sama dengan perusahaan mereka. Akankah kita harus berganti nama..?

Masih teringat jelas di benak kita ketika tempe dan sebagian motif ukir telah dipatenkan oleh perusahaan yang ada di luar negeri. Padahal semua orang tahu kalau keduanya adalah milik bersama bangsa indonesia. Jangan-jangan semua pembuat tempe dan ukir-ukiran disomasi oleh perusahaan pematen tersebut karena dituduh menjiplak milik mereka.

Semoga pihak Sony Corp bisa tersadar dari tindakan bodoh mereka sehingga tidak sewenang-wenang untuk main somasi gara-gara sensitifitas nama.

27 comments:

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!

    Untung gak ada merk elektronik ALAMENDAH hingga gak perlu rebutan

    Ini komentar asli dari Alamendah, bukan kek orang yang ngaku-ngaku sebagai alamendah dan menuliskan fitnah dan provokasi sebagaimana baru saya posting

    ReplyDelete
  2. Saya tak paham pada batasan mana sebuah produk yang telah dipatenkan punya hak atas nama itu. Kalau tanpa batas itu maknanya arogan bin edan.

    Kalau hal ini dimenangkan oleh Sony Corp dan Sony AK dianggap pihak yang salah, sungguh betapa hebatnya sebuah hak paten atas sebuah nama. Kalau Sony AK dianggap meniru dan merugikan Sony Corp, bagaimana dengan nama Sonya misalnya?. Dan kalau Hak Paten kok cenderung mateni yang lain, lambat laun akan terjadi paten2an tenan…

    Lalu bagaimana pula dengan New Sony?.
    Bukankah hampir semua ibu2 di Indonesia pada New Sony alias Nyusoni?.

    ReplyDelete
  3. padahal kan nama blognya ada -Ak nya, seharusnya pihak sony corp gak mesti somasi ya...

    ReplyDelete
  4. ini yang nama liberalism...yang kuat makin kuat yang lemah tertindas. sistem barat yang sangat memilukan

    mampir keblog kami

    ReplyDelete
  5. kabar terbaru yang saya baca pihak sony corp telah meminta maaf kepada sony ak.
    semoga kejadian tersebut tidak diulang lagi.

    ReplyDelete
  6. Beuh kacau kalau sudah begini.
    Jangan2 namaku ada y sudah mematenkan juga
    Ampuuuun :)

    ReplyDelete
  7. ada ngak ya yang produk namanya soewoeng? jangan jangan

    ReplyDelete
  8. Oww Sony Corp, please deh, apakah ruang gerakmu sempit karena sony Ak? sempitnya pemikiran pihak sony corp ya? mari kita dukung sony Ak

    ReplyDelete
  9. betul!!

    setuju!!

    sepakat!!

    judul blogku (sama persis) dipakai orang saya juga tenang2 aja kok. hahaha...

    ReplyDelete
  10. Sesama sony mbok yo sing akur... hahaha...

    ReplyDelete
  11. Emang repot menghadapi suatu arogansi dengan backing "hukum", ....

    ReplyDelete
  12. ilmu dan semua itu milik kanjeng Gusti ALLAH kkok ndadak dipatenkan segala (idiot) (angry)

    ReplyDelete
  13. Kalo saya jadi Sony AK pasti saya somasi balik deh si Sony Corp. Enak ajah maen nuntut!!! Emang si Sony AK sama Sony Corp tuaan siapa, Ka? Ato jangan2 sony corp kebakaran jenggot gara2 si Sony AK jualan barang2 elektronik lebih murah daripada sony corp?

    ReplyDelete
  14. berharap sony-ak.com dibeli sama sony corporation...
    penyelesaian seperti itu kayaknya keren banget...

    ReplyDelete
  15. tapi untunglah semua sudah berakhir....:D

    ReplyDelete
  16. gimana nih kelanjutannya.. jarang liat berita soalna....

    ReplyDelete
  17. waduh..onok onok ae dasar geblek sony corp iku pancen...

    ReplyDelete
  18. emang namanya dunia usaha mana yang kuat itulah yang menang kayak di hutan aja pake hukum rimba.

    mampir ke blog kami

    ReplyDelete
  19. kasihan bener ya? sekarang kasusnya masih berlanjut?

    ReplyDelete
  20. oalah, ada2 saja :D

    tapi setidaknya ada hikmahnya buat Sony, Minimal blognya jadi terkenal, hehehe :D

    ReplyDelete
  21. waahh.. aku udah posting juga soal ini.

    ReplyDelete
  22. ada gak yang sama dengan "digituck" ... ??? :D

    sy turut m'dukung Sony AK ...

    ReplyDelete
  23. Kasihan Sony..tar Sony Dwi Kuncoro ga boleh main Badminton juga dong?
    Salam

    ReplyDelete
  24. Kayaknya yang punya uang akan selalu diatas dan yang tak punya uang akan selalu di tekan..pengalaman pribadi ...
    good luck sony

    ReplyDelete
  25. ck ck blogger adalah penyebar informasi di internet... berurusan sama blogger wah kacau juga nama baik yg sedikit tercemar jadi lbh parah malah bisa jadi bau bangke :(

    ReplyDelete
  26. munkin kalah banyak pengunjung atau kalah dalam urutan google.. wah repot ku gitu

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab