Tuesday, July 22, 2014

Jembatan Comal


Perbaikan Jembatan Comal (Foto:  www.detiknews.com)
Jalur Pantura Jawa merupakan salah satu jalur paling sibuk yang ada di Indonesia, terutama saat mudik lebaran. Oleh karena itu tidaklah mengherankan apabila dana yang dianggarkan  pemerintah untuk pemeliharaan jalan panturan seolah-olah tak terbatas. Berbeda halnya dengan biaya perawatan jalan di luar Pulau Jawa.

Pemeliharaan jalan Pantura yang dilakukan sepanjang tahun  seolah-olah menegaskan bahwa pemerintah dalam hal ini KemenPU tidak mau main-main dalam pemeliharaan jalan tersebut. Setiap ada kerusakan jalan segera di respon meskipun kadang sifatnya perbaikan sementara. Akan tetapi rupanya tahun ini pemerintah kecolongan. 
Diluar perhitungan, ternyata bukan ruas jalannya yang bermasalah tapi jembatan khususnya jembatan Comal yang membentang di atas Kali Comal Kabupaten Pemalang. Nyaris 2 minggu sebelum ritual mudik dimulai, oprit jembatan yang merupakan penghubung ujung jembatan dengan jalan ambles. Usut punya usut ternyata tanah di bagian ujung jembatan longsor karena tergerus banjir. Mengingat parahnya kerusakan oprit jembatan tersebut, semua kendaraan di stop tidak boleh lewat untuk menjaga keselamatan pengendaranya

Efek dari kerusakan jembatan tersebut adalah terjadinya kemacetan yang cukup panjang. Jalur alternatif yang seharusnya dipersiapkan jauh-jauh hari ternyata kondisinya juga kurang maksimal. Selain ruas jalannya sempit, di beberapa tempat juga terjadi kerusakan. Jarak comal-Pemalang yang biasanya bisa ditempuh 30 menit sekarang menjadi 3-4 jam.

Semoga saja perbaikan yang dilaksanakan oleh pihak-pihak terkait bisa segera selesai sehingga dapat dilalui oleh para tahun pemudik. Dan bisa dijadikan peringatan bagi pemerintah pusat dan daerah bahwa perlunya jalur-jalur alternatif di sekitar jalur Pantura Jawa yang sesuai dengan aturan KemenPU sehingga apabila terjadi permasalahan di jalur pantura, pengguna jalan masih bisa memanfaatkan jalur-jalur alternatif tersebut.

13 comments:

  1. biar segera beres dan arus mudik pun tidak menjadi terkendala

    ReplyDelete
  2. Nama nya unik juga. Saya sudah liat tayangannya di TV mengenai perbaikan jalan atau jembatan Comal ini. Namnya mirip "comel" yang dalam Bahasa Malaysia artinay keren, cakepppppppppppp

    ReplyDelete

  3. katanya udah beres kan?
    pak gub aja sampai memujinya kok,
    akan tetapi perbaikan jalur pantura malah mau diaudit sama kpk..

    ReplyDelete
  4. Denger2 berita hari ini sudah bisa dilalui lagi.

    ReplyDelete
  5. walau sudah bisa di lewati saat mudik, tetap memakan waktu 30 jam utk sampai ke daerah Jateng, norrmalnya hanya 12 jam, hiks.

    ReplyDelete
  6. banyak pungli nya di sana sekarang jembatanya russak lagi

    ReplyDelete
  7. karena ini ni jembatan, aktifitas mudik kita jadi terganggu, sodara saya ampe kejebak lumayan lama dijalan karena macetnya jadi mengular kemana2, untung saya ga jadi mudik hehe, jd ga ngerasain ikut kena macet2an :D

    ReplyDelete
  8. semoga jalan tolnya cepat selesai, sehingga bisa memecah arus lalu lintas ke pemalang bagian selatan

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab