Sunday, March 6, 2016

Preketek

Gak tau istilah ini muncul sedari kapan. Cuma yang saya ingat pada waktu masih bocah seumuran 7-10 tahun, istilah ini sudah muncul dalam permainan kami. Preketek gambar bajing, begitulah yang kami katakan sambil mencorat-coret tanah ketika lawan akan menembak kelereng kita.  Preketek sebenarnya adalah sebuah olokan bagi lawan yang menyatakan bahwa kemampuan lawan tidaklah sehebat kita. 

Dan ketika istilah preketek dijadikan senjata bagi seorang caon gubernur untuk memperolok calon gubernur lawannya sebenarnya sangat klop. Karena pertandingan yang hendak mereka suguhkan hanya pertandingan ala anak-anak dengan berbagai trik dan intrik ala bocah-bocah ketika bermain. Tinggal para penonton saja yang duduk manis menyaksikan anak-anak itu bermain dan bertanding dengan memberi semangat pada mereka. Dan ketika mereka mulai kebablasan dalam bertanding tinggal kita panggil dan jewer mereka saja.

1 comment:

  1. "Karena pertandingan yang hendak mereka suguhkan hanya pertandingan ala anak-anak dengan berbagai trik dan intrik ala bocah-bocah ketika bermain."

    Tepat sekali.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopann dan bertanggung jawab