Wednesday, February 29, 2012

Biografi Hoegeng

Biografi Hoegeng


Di dalam beberapa kesempatan, Gus Dur pernah berkata, "Di Indonesia, hanya ada tiga polisi yang jujur, yaitu polisi tidur, patung polisi dan Hoegeng".

Hoegeng yang disebut-sebut oleh Gus Dur sebenarnya adalah Jendral Hoegeng Imam Santoso, mantan Kapolri yang lahir di Pekalongan pada tanggal 14 Oktober 1921. Beliau menamatkan pendidikan dasarnya di HIS pada tahun 1934 dan dilanjutkan menempuh pendidikan di MULO hingga 1937 dan mengenyam pendidikan di AMS Westers Klasiek.  Setelah itu, dia belajar ilmu hukum di Rechts Hoge School Batavia tahun 1940.

Karier kemiliteran Hoegeng muda di dapat setelah beliau mengikuti latihan kemiliteran Nippon (1942) dan Koto Keisatsu Ka I-Kai (1943). Jabatan pertama yang di embannya adalah sebagai Wakil Kepala Polisi Seksi II Jomblang Semarang pada tahun 1944 dan setahun kemudian di angkat menjadi Kepala Polisi Jomblang dan Komandan Polisi Tentara Laut Jawa Tengah. Tahun 1950, Hoegeng mengikuti Kursus Orientasi di Provost Marshal General School pada Military Police School Port Gordon, George, Amerika Serikat. Dari situ, dia menjabat Kepala DPKN Kantor Polisi Jawa Timur di Surabaya (1952). Lalu menjadi Kepala Bagian Reserse Kriminil Kantor Polisi Sumatera Utara (1956) di Medan. Tahun 1959, mengikuti pendidikan Pendidikan Brimob dan menjadi seorang Staf Direktorat II Mabes Kepolisian Negara (1960), Kepala Jawatan Imigrasi (1960), Menteri luran Negara (1965), dan menjadi Menteri Sekretaris Kabinet Inti tahun 1966. Setelah Hoegeng pindah ke markas Kepolisian Negara kariernya terus menanjak. Di situ, dia menjabat Deputi Operasi Pangak (1966), dan Deputi Men/Pangak Urusan Operasi juga masih dalam 1966. Jabatan terakhir beliau adalah Kepala Kepolisian Negara pada 5 Mei 1968 yang selanjutnya berubah menjadi Kapolri.

Beberapa hal yang menonjol selama Hoegeng bertugas antara lain pewajiban penggunaan helm bagi pengendara sepeda motor, di mana pada saat itu penggunaan helm bagi pemotor merupakan hal yang baru bagi masyarakat indonesia.
Beliau pernah juga membuat kehebohan pada saat di tunjuk sebagai Kepala Reskrim Sumatra Utara di Medan. Saat pertama kali sampai di Medan, beliau tidak mau menempati rumah dinasnya dan memilih tinggal di hotel setelah tahu jika perabotan yang ada dalam rumah dinasnya berasal dari cukong-cukong pengusaha yang sering memanfaatkan oknum-oknum polisi demi kepentingan mereka. Selanjutnya beliau mau mendiami rumah dinas tersebut setelah semua isi (perabot) yang tidak jelas sumbernya di keluarkan dan di letakkan di pinggir jalan.
Dalam suatu kesempatan, Hoegeng pernah menyuruh ajudannya untuk mengembalikan motor yang tiba-tiba di kirim oleh perusahaan motor baru ke garasi rumahnya. Bahkan satu hari sebelum di angkat sebagai Kapala Jawatan Imigrasi beliau memerintahkan istrinya yang saat itu memiliki usaha penjualan bunga untuk menutup tokonya. Beliau takut jika semua yang berhubungan dengan imigrasi akan membeli bunga di toko istrinya dan itu akan memberikan kerugian pada toko-toko bunga lainnya.


Hoegeng diberhentikan dari Kapolri oleh Presiden Soeharto karena berani mengungkap kasus penyelundupan mobil mewah lewat Pelabuhan Tanjung Priok yang di dalangi oleh Robby Tjahyadi atau Sie Tjie It dan di duga melibatkan keluarga cendana. Beliau semakin di kucilkan oleh pemerintahan orde baru setelah terlibat dalam lahirnya Petisi 50 yang mengkritik Soeharto karena menafsirkan Pancasila terlalu sempit dan mempromosikan kerja sama ABRI dengan Golkar.

Pada tanggal 14 Juli 2004, akhirnya Beliau di panggil ke haribaanNya di RSCM karena menderita sakit stroke dan Pendarahan Lambung. Jendral yang sangat termasyhur itu akhirnya di makamkan di TPU Gintama , Bojong Gede Bogor, bukan di taman makam pahlawan layaknya pahlawan-pahlawan yang lain.
(dari berbagai sumber)

Saturday, February 18, 2012

Blantik

Blantik


Mungkin hanya sebagian kecil dari teman-teman yang paham dengan istilah nyentrik ini. Blantik adalah nama sebuah profesi yang hanya terindex di mbah google sebagian kecil wilayah negara kita terutama di jawa (tengah) dan sekitarnya. Blantik sebenarnya adalah nama lain dari makelar, calo atau marketer tapi hanya berlaku bagi makelar hewan terutama sapi dan kambing.

Pada jaman dahulu, profesi blantik sapi atau blantik kambing merupakan salah satu profesi yang dihormati oleh sebagian besar masyarakat di pedesaan. Tidak semua orang bisa melakukan profesi ini karena harus di dukung oleh keahlian khusus terutama berkaitan dengan loby dan negosiasi (pnpm banget...). Dan kalau dibandingkan dengan profesi sebagian besar masyarakat jawa yaitu sebagai petani (dan peternak) pendapatan yang didapatkan oleh seorang Blantik bisa berkali-kali lipat.

Adakah yang masih ingat, ciri khas atau pakaian kebesaran seorang blantik terutama blantik sapi seperti apa...?

Tuesday, February 14, 2012

Undangan Pernikahan

Undangan Pernikahan


Ada yang belum menikah dan ingin menikah ? Atau sudah menikah ingin menikah lagi?
Pernikahan adalah salah satu ajaran agama yang di sunahkan oleh Rosulullah, bahkan ada orang yang berpendapat bahwa salah satu ibadah yang paling enak untuk dilakukan adalah menikah. Jika anda adalah salah satu dari dua jenis manusia di atas, apakah persiapan yang sudah anda lakukan?. Banyak sekali hal-hal yang perlu di siapkan sebelum kita menikah, antara lain waktu dan tempat, undangan pernikahan, busana untuk menikah dan yang tidak boleh lupa adalah pasangan yang akan kita ajak untuk menikah

Undangan pernikahan merupakan salah satu hal yang harus kita persiapkan dengan baik sebelum kita menikah. Undangan yang kita kirimkan kepada sanak saudara merupakan salah satu bentuk penghormatan yang kita sampaikan kepada mereka. Oleh karena itu, bentuk, jenis dan desainnya harus benar-benar bisa mewakili kita dalam memberikan penghormatan tersebut.

Jika kita tidak bisa membuat dan mendesain undangan pernikahan, sekarang banyak jasa-jasa percetakan yang memberikan layanan itu. Kita bisa mengajukan usulan desain undangan sesuai dengan budget yang kita miliki. Kita juga bisa memilih model dan layout undangan yang sudah ada dan sudah pakem akan tetapi biasanya modelnya sudah sering digunakan orang lain.

Salah satu penyedia jasa pembuatan undangan pernikahan yang cukup terkenal adalah Dani-Craft yang beralamat di Jl Kasongan Dn Tirto Kulon RT 4 Bantul Jogja. Jika anda datang dan berkunjung ke sana atau juga di websitenya, anda akan disuguhi berbagai corak undangan pernikahan yang cantik, unik dan elegan. Selain undangan, di tempat itu kita juga bisa memesan pernak-pernik souvenir pernikahan dengan berbagai macam bentuk, jenis, bahan dan harga.
Monggo silahkan mampir apabila ada yang tertarik.

Saturday, February 11, 2012

Investasi Emas

Investasi Emas


Emas merupakan salah satu logam mulia yang memiliki nilai stabil di bandingkan dengan logam-logam mulia yang lain. Sehingga tidaklah heran apabila banyak masyarakat yang menggunakan emas sebagai sarana investasi.  Jika ingin berinvestasi menggunakan emas, sebaiknya jangan di wujudkan dalam bentuk emas perhiasan, tetapi dalam bentuk emas batangan. Jika kita berinvestasi melalui emas perhiasan, maka apabila kita ingin menjual kembali, harganya akan dikurangi sesuai dengan desain dari perhiasan tersebut.

Salah satu keuntungan kita apabila berinvestasi menggunakan emas adalah bahwa kita akan bisa melindungi aset kita. Apabila kita menabung dalam bentuk uang, maka tanpa kita sadari nilai uang tersebut akan berkurang terutama dalam jangka waktu yang lama. Meskipun ada bungan (bank) tetapi besarannya tidak akan bisa mengimbangi laju inflasi. Untuk jangka panjang, emas dapat digunakan untuk memenuhi tujuan jangka panjang kita seperti naik haji, umroh, biaya pendidikan anak, maupun dana pensiun.

Jika kita ingin membeli emas batangan, sebaiknya membeli langsung ke PT Anega Tambang yang berada di Jakarta dan Surabaya. Atau bisa juga membeli di pegadaian syariah yang ada di sekitar tempat tinggal kita.

Akan tetapi jika anda sudah memiliki kelebihan emas dan ingin menghibahkan kepada orang lain, silahkan menghubungi saya. 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu saya siap menerimanya dengan lapang dada.

Wednesday, February 8, 2012

Page Rank TUrun

Page Rank TUrun


Baru sadar saat lihat Page Rank blog ini ternyata turun lagi. Meskipun dulu sempat bertengger di rank 5 kemudian turun ke angka 3 dan sekarang ke angka 2. Memang karena banyak kesibukan offline, membuat ane jarang posting maupun blogwalking. Semoga saja ini menjadi titik awal peningkatan PR blog ini. Sehingga di ibaratkan pantulan bola, setelah turun ke PR 2 kemudian memantul lagi ke PR 5 dan selanjutnta naik ke PR 8

Amien hehehehe