Tuesday, June 28, 2011

Tips Membeli Rumah

 Tips Membeli Rumah
Bunda Bijak yang masih tinggal di rumah orang tua atau mertua pasti ingin memiliki rumah sendiri. Saat ini, untuk memiliki rumah sendiri banyak caranya, antara lain dengan membeli rumah baru/bekas dengan cash atau kredit atau bisa juga dengan membeli tanah dan kemudian dibangun sendiri.
Berikut ini akan kami berikan tips-tips membeli rumah kepada bunda bijak, semoga bisa dijadikan acuan:
1. Menentukan terlebih dahulu anggaran yang akan kita gunakan untuk membeli rumah.
Apabila Bunda bijak akan membeli rumah, tentukan dulu berapa anggaran yang tersedia untuk membeli rumah, terutama jika akan membeli secara cash. Apabila ingin membeli rumah secara kredit dengan sistem KPR biasanya pihak Bank akan menghitung jumlah kemampuan mengangsur yaitu 1/3 gaji.
2. Memperhatikan aksesibilitas/pencapaian rumah yang akan dibeli
Rumah yang terletak di tempat strategis  yaitu pencapaiannya mudah pasti harganya juga mahal. Paling tidak, jika bunda bijak ingin membeli rumah harus melihat ketersediaan sarana prasarana transportasi.
3. Pastikan lingkungan rumah nyaman dan aman untuk ditinggali
Lingkungan yang nyaman, tentu saja sangat bergantung pada persepsi masing-masing penghuni rumah. Akan tetapi setiap manusia pasti ingin memiliki rumah yang enak dipakai buat istirahat serta beraktivitas sehari-hari. Jauh dari kebisingan serta polusi udara yang menurunkan kualitas lingkungan.
Tingkat keamanan dalam hal ini adalah lingkungan rumah yang aman dari tangan-tangan jahil. Di perumahan, kebanyakan saat ini menganut sistem satu pintu, sehingga tingkat keamanannya lebih terkamin. Apabila rumah yang ingin bunda beli berada di luar perumahan, paling tidak tanya pada penghuni sekitar tentang keamanan tempat tersebut. 
4. Cek status rumah di badan pertanahan terdekat, termasuk perijinan-perijinan yang ada
Cek status rumah digunakan untuk memastikan bahwa rumah tersebut bukan merupakan obyek sengketa yang dikemudian hari akan merugikan Bunda. Silahkan juga dilihat keaslian dari dokumen pendukung seperti sertivikat, IMB dan lain-lain. Selain itu, pastikan juga bahwa lokasi rumah berada di kawasan yang memang diperuntukkan bagi kawasan permukiman.
5. Pastikan ketersediaan sarana-prasarana yang lengkap di sekitar rumah
Sarana prasarana yang perlu diperhatikan antara lain: sarana pendidikan, perdagangan dan jasa, peribadatan, kesehatan, hiburan, olahraga dan lain sebagainya. Jangan sampai lingkungan rumah yang ingin dibeli jauh dari fasilitas-fasilitas tersebut diatas.
6. Pastikan rumah tidak berada dalam kawasan rawan bencana
Saat ini banyak sekali masyarakat yang salah memilih rumah karena keterbatasan informasi. Di kantor pemerintahan, biasanya sudah tersedia tempat-tempat yang termasuk dalam kawasan rawan bencana seperti rawan bencana banjir, rawan tanah longsor, daerah patahan, kawasan bencana gunung berapi dan lain sebagainya. 
7. Lihat kembali kondisi dan kualitas bangunan secara detail
Silahkan juga dicek   kondisi atap, tembok, kusen, jendela, kamar mandi, saluran air, serta lubang angin serta kualitas dari bangunan utama rumah yang akan dibeli. Kalau perlu ajaklah orang yang ahli dalam bidangnya.

Demikian beberapa tips membeli rumah yang bisa kami sajikan kepada Bunda bijak, semoga bisa memberikan informasi yang berguna (www.bundabijak.web.id)

Friday, June 24, 2011

Ada Emas di Banyumas

Ada Emas di Banyumas


Banyumas merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Tengah. Meskipun saya belum terlalu familier dengan Kota Banyumas, tapi saya yakin kalau di kota ini banyak banyu (air) dan emasnya. Kalau hanya sekedar air, sebenarnya bukan hanya Banyumas yang memiliki persediaan air melimpah, tapi juga Melinda Dee kebanyakan daerah lain di pulau jawa. Minimal kalau bukan emas yang dijual di toko ya mas-mas yang suka menggoda mbak-mbak penjaga toko emas.

Tapi ini bukan cerita tentang mas-mas nakal yang suka menggoda mbak-mbak genit, tapi adanya ditemukannya tambang emas baru di Sungai Logawa yang kebetulan ada di Kabupaten Banyumas, tepatnya di Desa Kediri, Kecamatan Karanglewas. Alkisah, di sana banyak ditemukan butiran emas yang katanya sebesar jerawat peluru senapan angin di tengah bongkahan batu yang dibelah. 

Apakah fenomena itu ada kaitannya dengan nama Banyumas atau Mbakyu yang sering digoda mas-mas atau bukan, yang jelas pendapatan yang diterima para penambang emas disana mampu mengalahkan pendapat dari para pegiat bisnis ptc meskipun terpautnya tidak terlalu jauh (apabila dilaksanakan sesuai petunjuk dokter).   

Tuesday, June 21, 2011

Jalan Kartini di Negeri Belanda

 Jalan  Kartini di Negeri Belanda



Pada tanggal 21 April lalu, Belanda tidak memperingati Hari Kartini seperti di Indonesia. Namun demikian, nama Kartini cukup dikenal di Belanda sebagai pejuang hak-hak perempuan.
Maklum, Kartini memang lebih dulu dipopulerkan oleh orang Belanda dan terutama di Belanda, baru kemudian di Hindia Belanda, kelak jadi Indonesia. Berikut ini beberapa kota di Belanda yang punya Kartinistraat, atau Jalan Raden Adjeng Kartini.

Utrecht Jalan RA Kartini terletak di kawasan tenang dengan perumahan apik dan kebanyakan dihuni kalangan menengah. Jalan utama ini berbentuk 'U' yang ukurannya lebih besar dibanding jalan-jalan yang menggunakan nama tokoh perjuangan lainnya seperti Augusto Sandino, Steve Biko, Chez Geuvara, Agostinho Neto.

Venlo Di Venlo, Belanda Selatan, RA Kartinistraat berbentuk 'O' di kawasan Hagerhof, di sekitarnya terdapat nama-nama jalan tokoh wanita Anne Frank dan Mathilde Wibaut.
Amsterdam Amsterdam, ibukota Belanda, juga mengabadikan nama penjuang hak-hak perempuan Jawa di abad 17 itu. Wilayah Amsterdam Zuidoost atau yang lebih dikenal dengan Bijlmer, Jalan Raden Adjeng Kartini ditulis lengkap. Di sekitarnya adalah nama-nama wanita dari seluruh dunia yang punya kontribusi dalam sejarah: Rosa Luxemburg, Nilda Pinto, Isabella Richaards.

Haarlem Paling menarik mengamati letak jalan Kartini di Haarlem. Di sana Jalan RA Kartini berdekatan dengan Jalan Mohammed Hatta, Jl Sutan Sjahrir dan langsung tembus ke Jalan Chris Soumokil, presiden kedua Republik Maluku Selatan (RMS).   Di Belanda, tanggal 21 April tidak ubahnya dengan hari-hari lainnya. Pasangan Peters yang tinggal di Kartinistraat di Utrecht tahu bahwa Kartini adalah seorang Jawa yang berjuang untuk persamaan hak wanita.

Mereka juga tahu bahwa Kartini adalah wanita Jawa pertama yang menuntut pendidikan yang lebih tinggi. Ia menyayangkan bahwa Kartini meninggal pada usia yang terlalu muda.
"Dia adalah pejuang persamaan derajat pria dan wanita. Sayang sekali dia meninggal pada usia muda," kata Peters. Selebihnya, mereka tidak tahu bahwa tanggal 21 April adalah hari kelahiran pahlawan Indonesia  ini.
Kartini lahir pada 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah dan meninggal pada usia 25 tahun. Salah satu buku kumpulan surat RA Kartini ditulis dalam bahasa Belanda, Door duisternis tot licht diterjemahkan menjadi, "Habis Gelap Terbitlah Terang".
Menurut Dr Liliek Suratminto, pakar Sastra Belanda di Indonesia, Door duisternis tot licht lebih cocok lain. "Jadi sebenarnya, 'Melalui kegelapan menuju ke arah yang terang'. Kalau 'Habis Gelap Terbitlah Terang' itu lebih cocok sebagai slogan PLN (Perusahaan Listrik Negara),"  katanya.
Menurut Suratminto, sebenarnya tekanannya harus lebih pada perjuangan. "Terang itu didapat melalui jalan yang gelap dulu baru mendapat titik terang, itulah yang dicita-citakan Kartini," ungkap dosen Universitas Indonesia itu. (Sumber: Aneh Indah )

Monday, June 13, 2011

Kali Reyeng Carnival Kendal Indonesia

 Kali Reyeng Carnival
Dalam rangka peresmian kawasan pedestrian kalireyeng Kebondalem Kendal diprakarsai oleh PNPM Mandiri Kelurahan Kebondalem dengan program Noto Deso menggelar hajatan akbar bertajuk Kalireyang Carnival.


Karnaval Kalireyeng ini menggelar berbagai kegiatan dari 1 Mei – 16 Juni 2011. Kegiatanya diantaranya :

    Lomba K3 20 April – 10 Juni 2011
    Lomba Membuat Taman 1-20 Mei 2011
    Bunda Paud Mendongeng 15 Mei 2011
    Lomba Ibu-ibu dan Lomba Lukis Payung 15 Mei 2011
    Lomba Puisi dan Festival Band 22 Mei 2011
    Lomba Permainan Anak-anak 29 Mei 2011
    Lomba Membatik Anak-anak 5 Juni 2011
    Lomba Mural/Lukis Lantai 12 Juni 2011
    Talk show dengan tema
        "Menjual Gagasan Perubahan Sosial dalam rangka membangun TRUST/Kepercayaan"  14 Juni 2011
     Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Donor Darah 16 Juni 2011
    Pameran dan Bazar Program 15-16  Juni 2011
    Pagelaran Seni dan Budaya 16 Juni 2011

Festival Kalireyeng ini mestinya terbuka untuk umum, siapa ingin mendaftar menjadi peserta lomba bisa langsung mendaftar ke sekretariat Kalireyeng Carnival di Kantor Kelurahan Kebondalem Kendal,Jalan Pahlawan I no 5A Kebondalem Kendal telp. 0294 3689276 atau 081325108708.

Untuk hadiah lombanya saya tidak tahu karena belum mendapatkan bocoran. Berikut ini selebaran yang saya foto di papan pengumuman Mushola Baiturrahman RT. 11 RW. 03 Kebondalem Kendal.

Sumbernya: dari sini

Kalau gak ada aral dan rintangan, tanggal 15-16 bersama teman-teman pelaku PLPBK Kabupaten Jepara akan meramaikan acara puncak Kali Reyeng Carnival tersebut. Semoga saja Bupati dan Wakil Bupati Blogger setempat ikut meramaikan juga.

Wednesday, June 8, 2011

Hormat Bendera

Hormat Bendera


Menghormati bendera yang merupakan simbol aliyas perwujudan dari negara merupakan kewajiban semua warga negara. Hanya saja apakah rasa hormat harus diwujudkan secara simbolis yaitu dengan mengangkat satu tangan di samping kepala saja? 

Sungguh memprihatinkan saat ada beberapa masyarakat yang memiliki keyakinan untuk tidak memberikan penghormatan  secara simbolis bendera langsung di vonis penghianat negara oleh sebagian orang? Padahal saya yakin orang yang memvonis itu juga jarang melakukan penghormatan secara simbolis kepada benderanya. 

Bandingkan dengan tingkah laku sebagian besar politikus dan pejabat kita yang mungkin setiap saat mengangkat tangan memberikan hormat kepada bendera negara, tapi dibelakangnya mereka melakukan korupsi, kolusi, dll. Apakah mereka menghormati (bendera) negaranya? atau justru mengencinginya...?

Sekedar pengekuan saja, sudah lebih dari 10 tahun saya tidak melakukan penghormatan secara simbolis kepada bendera merah putih. Bagaimana dengan teman-teman....?

Saturday, June 4, 2011

Negara dengan Jalan paling menyesatkan

Negara dengan Jalan Paling Menyesatkan


Negara maju, biasanya memiliki sarana prasarana yang lengkap, termasuk sarana prasarana jalannya. Akan tetapi, ada salah satu negara yang masuk dalam katagori negara maju justru memiliki kualitas prasarana jalan yang kurang memadai, sehingga mampu menyesatkan warga negara lain yang datang berkunjung. 

Alkisah, lebih dari 25 orang warga negara kita yang tersesat di negara ini. Mungkin karena jalan-jalan disana yang penuh semak belukar laksana di hutan belantara atau karena luasnya negara ini sehingga memiliki jalan yang sangat panjang sehingga menyulitkan penggunanya. Disinyalir warga negara kita tersebut lupa jalan pulang setelah berkunjung ke negara itu, yaitu Singapura. Bahkan sampai presiden, dubes, polisi  hingga KPK pun kesulitan untuk mencari mereka yang tersesat agar bisa kembali ke rumah masing-masing.