Thursday, March 31, 2011

Iklan

Iklan


Hampir tiap hari, mata kita disuguhi oleh berbagai macam tontonan iklan. Telinga, mulut, bahkan otak dan hati kita sudah dijejali oleh barang bernama iklan itu semenjak kita lahir.Bahkan semenjak masih berada di dalam kandungan kitapun sudah menjadi obyek iklan.

Setiap kita keluar rumah, iklan sudah menunggu kita. Saat berjalan menuju tempat beraktivitas, iklan pun selalu mengiringi dan menyambut kita. Sampai dikantor, iklan juga sudah menunggu kita. Saat istirahat, sholat, ke kamar mandi/toilet, tidur bahkan mimpi pun kita selalu dibayang-bayangi oleh iklan.

Kapan sih kita bisa terbebas dari iklan? apakah setelah kita mati? tapi kayaknya gak mungkin karena kuburan pun sekarang diiklankan. Doa yang katanya menemani orang mati juga mulai diiklankan. Surga, neraka juga ikut-ikutan diiklankan.

Bahkan Tuhanpun sekarang dijadikan sebagai iklan.......

Thursday, March 24, 2011

Hal yang ada dalam Pikiran dan Kehidupan 90 % Pria

Hal yang ada dalam Pikiran dan Kehidupan 
90 % Pria


Anda seorang wanita? kira-kira tahukah anda kalau 90% pria memiliki pikiran seperti di bawah ini? (berdasarkan penelitian yang tidak dilakukan oleh siapapun). 

- 90% pria tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk berbelanja, tapi 90% pria dipaksa untuk menemani kekasih atau istrinya berbelanja.
- 90% pria tidak ingin mengunjungi ibu mertuanya, tapi 90% pria dipaksa harus mengunjungi ibu mertuanya.
- 90% pria ingin mempunyai banyak uang yang dapat digunakan sebagai bahan pelampiasan atas berbagai macam ketidakpuasan dalam hidupnya, seperti kebosanannya terhadap istri; tapi, faktanya 90% pria gagal dalam menghasilkan banyak uang.
- 90% pria gemar menonton film porno atau membaca cerita erotis, tapi 90% dari mereka tidak mau mengakuinya. (termasuk anda dan saya barangkali?!?! ^_^)
- 90% pria mempunyai fantasi seks, sementara 90% dari fantasi mereka bukan mengenai istri mereka sendiri. ^_^
- 90% pria ingin membuat kesan pertama yang sempurna di depan wanita, namun 90% dari mereka gagal melakukannya.
- 90% pria merasa bahwa mereka telah melakukan segala tugas dengan baik, tapi istri mereka justru mampu menemukan 90% masalah dan ketidakberesan dari segala yang dilakukan suaminya.
- 90% pria tidak ingin diomeli oleh istrinya, tapi 90%-nya justru sering diomeli.
- 90% pria selalu waspada akan hasil dari usaha mereka, dan juga 90% dari mereka merasa tidak berdaya untuk mengubah hasil-hasilnya jika tidak sesuai keinginan.
- 90% pria berpikir mereka cukup perkasa di tempat tidur, tapi 90% dari mereka tidak tahu apa-apa soal orgasme palsu yang dilakukan oleh istrinya.

Bagi kaum pria dilarang tersinggung setelah membaca opini yang bersumber dari sini. 

Monday, March 21, 2011

Kenapa Gagal...?

 Kenapa Gagal...?


[www.pencerah.blogspot.com] Pernahkah anda merasa gagal...? menyalahkan diri sendiri karena kegagalan ? atau justru tidak pernah gagal karena memang tidak pernah berbuat/bertindak ?

Sesungguhnya kegagalan yang kita alami tidak berasal dari orang lain. Bukan atasan yang galak, bukan bawahan yang sulit diatur, bukan teman kerja yang malas, tapi karena kita sendirilah yang mengambil keputusan dengan penuh kesadaran untuk... Gagal....

Berikut ada beberapa kisah yang bisa kita jadikan pencerahan bagi hidup kita


Seorang pesenam dari Jepang meraih medali emas impiannya setelah menari dengan indah di Olympiade. Padahal hari sebelumnya, tumitnya retak dan dokter mengatakan di akan cacat seumur hidupnya. Rasa sakit dikalahkan oleh kemauan yang kuat untuk mempersembahkan medali emas bagi negaranya.

Sepasang mahasiswa drop-out memulai sebuah perusahaan software kecil-kecilan yang sama sekali tidak diperhitungkan akan menjadi besar. Kini Bill Gates dan Tim Allen merupakan dua orang legenda software dunia, padahal hanya berijazahkan high school (SMA). 
Seorang veteran perang dunia pertama menawarkan resep masakan keluarganya kepada lebih dari seribu orang yang dinilainya dapat memberinya modal usaha mengembangkan restoran. Seribu orang itu menolaknya. Tapi ia tidak menyerah. Bayangkan bila saat itu Kolonel Sanders memutuskan berhenti pada penolakan yang ke 999, hari ini kita tidak akan mengenal Kentucky Fried Chicken. 

Ketika percobaan lampunya yang ke-sekian ratus gagal. Thomas Alfa Edison berkata pada seorang wartawan. "Saya tidak gagal! Bahkan saya baru saja berhasil menemukan cara ke 879 untuk tidak membuat lampu !" 
(cerita-cerita diatas bersumber dari milis motivasi)


Tuesday, March 15, 2011

Pengorganisasian Masyarakat


 Pengorganisasian Masyarakat



Pengorganisasian dalam konteks perubahan sosial menjadi titik strategis yang harus mendapat perhatian lebih seksama. Keberhasilan mencapai titik perubahan akan sangat ditentukan oleh pekerjaan pengorganisasian ini. Tanpa suatu pengorganisasian yang memadai, kuat dan sistematik, maka agenda pengembangan komunitas akan senantiasa bergantung kepada niat baik kekuasaan, pasar politik, atau situasi lain yang tidak pasti. Satu-satunya faktor yang akan memastikan bahwa pembangunan komunitas berjalan dalam rel yang benar adalah kehendak dan kemampuan komunitas sendiri untuk memperbaiki keadaan.


Asumsi Dasar
Melakukan pengorganisasian masyarakat dengan maksud memperkuat (memberdayakan) sehingga masyarakat mampu mandiri dalam mengenali persoalan-persoalan yang ada dan dapat mengembangkan jalan keluar (upaya mengatasi masalahtersebut) berangkat dari asumsi:
1.     bahwa masyarakat punya kepentingan terhadap perubahan (komunitas harus berperan aktif dalam menciptakan kondisi yang lebih baik bagi seluruh masyarakat);
2.     bahwa perubahan tidak pernah datang sendiri melainkan membutuhkan perjuangan untuk dapat mendapatkannya;
3.     bahwa setiap usaha perubahan (sosial) pada dasarnya membutuhkan daya tekan tertentu, dimana usaha memperkuat (daya tekan) juga memerlukan perjuangan.

Arah
Pengorganisasian tidak mengabdi pada dirinya sendiri. Atau hendak dikatakan bahwa pengorganisasian bukan untuk pengorganisasian, melainkan untuk mengembangkan apa yang disebut sebagai peningkatan kapasitas dan daya tawar masyarakat (komunitas).
Pemikiran ini bermuara pada prinsip demokrasi, yang menegaskan bahwa kedaulatan ada di tangan rakyat, atau suatu proses dari, oleh dan untuk rakyat. Secara mendasar pengorganisasian diarahkan untuk meningkatkan kesadaran kritis masyarakat dan disisi lain mempersiapkan basis sosial bagi tatanan dan situasi yang baru dan lebih baik yang ingin diciptakan.

Urgensi Pengorganisasian
Letak Penting pengorganisasian komunitas pada:
1.     kenyataan  bahwa masyarakat pada kebanyakan berposisi dan berada dalam kondisi lemah, sehingga diperlukan wadah yang sedemikian rupa dapat dijadikan wahana untuk perlindungan dan peningkatan kapasitas “bargaining”;
2.     kenyataan masih adanya ketimpangan dan keterbelakangan, dimana sebagian kecil memilki akses dan asset untuk bisa memperbaiki keadaan, sementara sebagian besar yang lain tidak. Kenyataan ini menjadikan perubahan pada posisi sebagai jalan yang paling mungkin untuk memperbaiki keadaan. Tentu saja pengorganisasian tidak selalu bermakna persiapan melakukan “perlawanan” terhadap tekanan dari pihak-pihak tertentu, tetapi juga dapat bermakna sebagai upaya bersama dalam menghadapi masalah-masalah bersama seperti bagaimana meningkatkan produksi, memperbaiki tingkat kesehatan masyarakat, dan lain-lain.

Substansi Pengorganisasian
Suatu pengorganisasian merupakan usaha untuk membangun kekuatan (keberdayaan) masyarakat, sehingga dapat secara optimal memanfaatkan potensi yang dimiliki, dan disi lain masyarakat dapat memahami secara kritis lingkungannya serta mampu mengambil tindakan yang mandiri, independen dan merdeka (tanpa paksaan) dalam rangka mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi.

Harus diakui bahwa pada kebanyakan masyarakat tidak berada dalam keadaan kritis. Oleh sebab itu pengorganisasian memikul beban mendorong peningkatan kesadaran kritis masyarakat. Bagi organisator dan atau fasilitator pekerjaan ini berarti suatu usaha untuk “memenangkan hati dan pikiran” masyarakat.

Inti Kerja Mengorganisasi Masyarakat
1.     Membangun dan mengembangkan kesadaran kritis masyarakat dalam melihat persoalan-persoalan yang menghambat pencapaian keadaan yang lebih baik dan bermakna, seperti masalah mengapa posisi masyarakat lemah dan kondisi mereka “kurang beruntung”.
2.     Mendorong dan mengembangkan organisasi yang menjadi alat dalam melakukan perjuangan kepentingan masyarakat;
3.     Melakukan usaha-usaha yang mengarah kepada perbaikan keadaan dalam kapasitas yang paling mungkin, dan dengan kalkulasi kekuatan yang cermat, serta melalui pentahapan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tahap-tahap perkembangan masyarakat yang dinamis.

Prinsip Pengorganisasian
Segi-segi yang perlu dipikirkan mengenai pengorganisasian:
1.     mengutamakan yang terabaikan (pemihakan kepada yang lemah dan miskin);
2.     merupakan jalan memperkuat masyarakat, bukan sebaliknya;
3.     masyarakat merupakan pelaku, pihak luar hanya sebagai fasilitator;
4.     merupakan proses saling belajar;
5.     sebagai bagian dari upaya mengoptimalkan capaian;
6.     bersedia belajar dari kesalahan;
7.     terbuka, bukan merupakan usaha pembentukan kelompok eksklusif.


(Dikutip dari Manual COMBINE, sebagaimana disarikan dan diubah seperlunya dari Manual Kursus Intensif Gerakan Pembaruan Agraria, KPA, 2000).

Wednesday, March 9, 2011

Jadwal LPI

Jadwal LPI (Liga Primer Indonesia)


Bagi teman2 yang ingin mengetahui jadwal LPI (Liga Primer Indonesia), silahkan disimak tulisan di bawah ini:



6 Maret 2011

KABAU PADANG - BATAVIA UNION

MEDAN BINTANG - PERSEBAYA

ACEH UNITED - SEMARANG UNITED

MANADO UNITED - MEDAN CHIEFS


12 Maret 2011

TANGERANG WOLVES - BOGOR RAYA FC

BANDUNG FC - KABAU PADANG

PSM - MEDAN CHIEFS

PERSEMA - BALI DEVATA

SOLO FC - CENDRAWASIH PAPUA


13 Maret 2011

PERSIBO - MEDAN BINTANG

PERSEBAYA - ACEH UNITED

SEMARANG UNITED - REAL MATARAM

JAKARTA 1928 FC - MANADO UNITED

19 Maret 2011


BOGOR RAYA FC -PS Makassar

KABAU PADANG - TANGERANG WOLVES

ACEH UNITED - PERSIBO

CENDRAWASIH PAPUA - PERSEMA

BALI DEVATA - BATAVIA UNION


20 Maret 2011

MEDAN CHIEFS - JAKARTA 1928 FC

MEDAN BINTANG - SOLO

REAL MATARAM - PERSEBAYA

MANADO UNITED - SEMARANG UNITED
26 Maret 2011

BOGOR RAYA FC - KABAU PADANG

PSM - JAKARTA 1928 FC

BANDUNG FC - BALI DEVATA

BATAVIA UNION - CENDRAWASIH PAPUA

PERSEMA - MEDAN BINTANG


27 Maret 2011

SOLO FC - ACEH UNITED

PERSIBO - REAL MATARAM

PERSEBAYA - MANADO UNITED

SEMARANG UNITED - MEDAN CHIES

2 April 2011


KABAU PADANG -PS Makassar

JAKARTA 1928 FC - SEMARANG UNITED

BALI DEVATA - TANGERANG WOLVES

CENDRAWASIH PAPUA - BANDUNG FC

MEDAN BINTANG - BATAVIA UNION

3 April 2011

ACEH UNITED - PERSEMA

REAL MATARAM - SOLO FC

MANADO UNITED - PERSIBO

MEDAN CHIEFS - PERSEBAYA

9 April 2011

PSM - SEMARANG UNITED

BOGOR RAYA FC - BALI

TANGERANG WOLVES - CENDRAWASIH PAPUA

BANDUNG FC - MEDAN BINTANG

BATAVIA UNION - ACEH UNITED

10 April 2011

PERSEMA - REAL MATARAM

SOLO FC - MANADO UNITED

PERSIBO - MEDAN CHIEFS

PERSEBAYA - JAKARTA 1928 FC


16 April 2011

SEMARANG UNITED - PERSEBAYA

BALI DEVATA - KABAU PADANG

CENDRAWASIH PAPUA - BOGOR RAYA FC

MEDAN BINTANG - TANGERANG WOLVES

ACEH UNITED - BANDUNG FC

17 April 2011

REAL MATARAM - BATAVIA UNION

MANADO UNITED - PERSEMA

MEDAN CHIEFS - SOLO FC

JAKARTA 1928 FC - PERSIBO

23 April 2011

KABAU PADANG - CENDRAWASIH PAPUA

BOGOR RAYA FC - MEDAN BINTANG

TANGERANG WOLVES - ACEH UNITED

BANDUNG FC - REAL MATARAM

24 April 2011

BATAVIA UNION - MANADO UNITEAD

PERSEMA - MEDAN CHIEFS

SOLO FC - JAKARTA 1928 FC

PERSIBO - SEMARANG UNITED

PSM - PERSEBAYA

30 April 2011

BALI DEVATA -PS Makassar

PERSEBAYA - PERSIBO

MEDAN BINTANG - KABAU PADANG

ACEH UNITED - BOGOR RAYA FC

REAL MATARAM - TANGERANG WOLVES

1 Mei 2011

MANADO UNITED - BANDUNG FC

MEDAN CHIEFS - BATAVIA UNION

JAKARTA 1928 FC - PERSEMA

SEMARANG UNITED - SOLO FC

7 Mei 2011

BALI DEVATA - CENDRAWASIH PAPUA

PSM - PERSIBO

KABAU PADANG - ACEH UNITED

BOGOR RAYA FC - REAL MATARAM

TANGERANG WOLVES - MANADO UNITED

8 Mei 2011

BANDUNG FC - MEDAN CHIEFS

BATAVIA UNION - JAKARTA 1928 F

PERSEMA - SEMARANG

SOLO FC - PERSEBAYA

14 Mei 2011

PSM - CENDRAWASIH PAPUA

MEDAN BINTANG - BALI DEVATA

PERSIBO - SOLO FC

REAL MATARAM - KABAU PADANG

MANADO UNITED - BOGOR RAYA FC

15 Mei 2011

MEDAN CHIEFS - TANGERANG WOLVES

JAKARTA 1928 FC - BANDUNG FC

SEMARANG UNITED - BATAVIA UNION

PERSEBAYA - PERSEMA

21 Mei 2011

CENDRAWASIH PAPUA - MEDAN BINTANG

BALI DEVATA - ACEH UNITED

SOLO FC -PS Makassar

KABAU PADANG - MANADO UNITED

BOGOR RAYA FC - MEDAN CHIEFS
22 Mei 2011

TANGERANG WOLVES - JAKARTA 1928 FC

BANDUNG FC - SEMARANG UNITED

BATAVIA UNION - PERSEBAYA

PERSEMA - PERSIBO

28 Mei 2011

ACEH UNITED - CENDRAWASIH PAPUA

PSM - MEDAN BINTANG

----

11 Juni 2011

PSM - BATAVIA UNION

PERSEMA - BANDUNG FC

SOLO FC - TANGERANG WOLVES

PERSIBO - BOGOR RAYA FC

PERSEBAYA - KABAU PADANG

12 Juni 2011

REAL MATARAM - ACEH UNITED

JAKARTA 1928 FC - BALI DEVATA

MEDAN CHIEFS - CENDRAWASIH PAPUA

MANADO UNITED - MEDAN BINTANG

18 Juni 2011

BATAVIA UNION - PERSEMA

CENDRAWASIH PAPUA - MANADO UNITED

TANGERANG WOLVES - PERSIBO

BOGOR RAYA FC - PERSEBAYA

KABAU PADANG - SEMARANG UNITED

19 Juni 2011

ACEH UNITED -PS Makassar

BALI DEVATA - MEDAN CHIEFS

BANDUNG FC - SOLO FC

MEDAN BINTANG - REAL MATARAM

25 Juni 2011

PSM - PERSEMA

SOLO FC - BATAVIA UNION

ACEH UNITED - MEDAN BINTANG

PERSEBAYA - TANGERANG WOLVES

SEMARANG UNITED - BOGOR RAYA FC

26 Juni 2011

JAKARTA 1928 FC - KABAU PADANG

PERSIBO - BANDUNG FC

MANADO UNITED - BALI DEVATA

REAL MATARAM - CENDRAWASIH PAPUA

2 Juli 2011

CENDRAWASIH PAPUA - ACEH UNITED

BATAVIA UNION - PERSIBO

BANDUNG FC - PERSEBAYA

BALI DEVATA - REAL MATARAM

KABAU PADANG - MEDAN CHIEFS

3 Juli 2011

BOGOR RAYLVES - SEMARANG UNITED

PERSEMA - SOLO FC
A FC - JAKARTA 1928 FC

TANGERANG WO
MEDAN BINTANG -PS Makassar

9 Juli 2011

BANDUNG FC - BATAVIA UNION

TANGERANG WOLVES - PERSEMA

CENDRAWASIH PAPUA - JAKARTA 1928 FC

KABAU PADANG - PERSIBO

REAL MATARAM -PS Makassar

10 Juli 2011

BALI DEVATA - SEMARANG UNITED

BOGOR RAYA FC - SOLO FC

MEDAN BINTANG - MEDAN CHIEFS

ACEH UNITED - MANADO UNITED

16 Juli 2011

MEDAN CHIEFS - ACEH UNITED

BATAVIA UNION - TANGERANG WOLVES

PERSEMA - BOGOR RAYA FC

SOLO FC - KABAU PADANG

MANADO UNITED - REAL MATARAM

17 Juli 2011

PERSEBAYA - BALI DEVATA

SEMARANG UNITED - CENDRAWASIH PAPUA

JAKARTA 1928 FC - MEDAN BINTANG

PSM - BANDUNG FC

23 Juli 2011

TANGERANG WOLVES - BANDUNG FC

BOGOR RAYA FC - BATAVIA UNION

KABAU PADANG - PERSEMA

CENDRAWASIH PAPUA - PERSEBAYA

24 Juli 2011

BALI DEVATA - PERSIBO

ACEH UNITED - JAKARTA 1928 FC

MANADO UNITED -PS Makassar MAKASAR

MEDAN BINTANG - SEMARANG UNITED

REAL MATARAM - MEDAN CHIEFS

30 Juli 2011

PSM - TANGERANG WOLVES

BANDUNG FC - BOGOR RAYA FC

BATAVIA UNION - KABAU PADANG

JAKARTA 1928 FC - REAL MATARAM

SOLO FC - BALI DEVATA

31 Juli 2011

PERSIBO - CENDRAWASIH PAPUA

PERSEBAYA - MEDAN BINTANG

SEMARANG UNITED - ACEH UNITED

MEDAN CHIEFS - MANADO UNITED

10 September 2011

BOGOR RAYA FC - TANGERANG WOLVES

KABAU PADANG - BANDUNG FC

CENDRAWASIH PAPUA - SOLO FC

BALI DEVATA - PERSEMA

ACEH UNITED - PERSEBAYA

11 September 2011

MEDAN BINTANG - PERSIBO

MEDAN CHIEFS -PS Makassar

REAL MATARAM - SEMARANG UNITED

MANADO UNITED - JAKARTA 1928 FC

17 September 2011

PERSIBO - ACEH UNITED

TANGERANG WOLVES- KABAU PADANG

SOLO - MEDAN BINTANG

BATAVIA UNION - BALI DEVATA

PERSEMA - CENDRAWASIH PAPUA

18 September 2011

JAKARTA 1928 FC - MEDAN CHIEFS

PSM - BOGOR RAYA FC

PERSEBAYA - REAL MATARAM

SEMARANG UNITED - MANADO UNITED

24 September 2011

KABAU PADANG - BOGOR RAYA FC

JAKARTA 1928 FC -PS Makassar

BALI DEVATA - BANDUNG FC

CENDRAWASIH PAPUA - BATAVIA UNION

MEDAN BINTANG - PERSEMA

25 September 2011

ACEH UNITED - SOLO FC

REAL MATARAM - PERSIBO

MANADO UNITED - PERSEBAYA

MEDAN CHIEFS - SEMARANG UNITED

1 Oktober 2011

SOLO FC - REAL MATARAM

SEMARANG UNITED - JAKARTA 1928 FC

TANGERANG WOLVES - BALI DEVATA

BANDUNG FC - CENDRAWASIH PAPUA

BATAVIA UNION - MEDAN BINTANG

2 Oktober 2011

PERSEMA - ACEH UNITED

PSM - KABAU PADANG

PERSIBO - MANADO UNITED

PERSEBAYA - MEDAN CHIEFS

8 Oktober 2011

BALI - BOGOR RAYA FC

CENDRAWASIH PAPUA - TANGERANG WOLVE

MEDAN BINTANG - BANDUNG FC

ACEH UNITED - BATAVIA UNION

9 Oktober 2011

REAL MATARAM - PERSEMA

MANADO UNITED - SOLO

Thursday, March 3, 2011

Islam KTP

Islam KTP
Wajah Baru Persinetronan Kita



“Kata Bapak Tebe, kalau ada Bang Madit, lari......!!!”
Hampir sebagian masyarakat kita hapal dengan kata-kata yang diucapkan oleh seorang anak kecil yang   menyambangi kita setiap malam melalui sinetron Islam KTP di salah satu stasiun televisi nasional.  Memang sudah beberapa waktu ini, dunia pertelevisian terutama persinetronan dihebohkan dengan fenomena baru berupa sinetron religius modern. Bermula dari sinetron Para Pencari Tuhan (PPT) yang dibintangi oleh Dedy Miswar dan Trio Bajaj, sinetron religius modern mulai datang mengetuk hati para pemirsa televisi. 
 
 
Sinetron yang pada mulanya ditayangkan pada saat Bulan Ramadhan tersebut mampu menyihir kita melalui pesan-pesan religius yang dikemas secara modern ala anak muda atau anak gaul, berbeda dengan sinetron religius tradisional yang cenderung mengeksploitasi hal-hal gaib bahkan kadang diluar nalar kita.

Fenomena kesuksesan sinetron Islam KTP memang tidak lepas dari pemilihan setting dan alur cerita yang sesuai dengan perkembangan jaman. Pesan-pesan agama yang di usung oleh Bang Ali mudah sekali masuk ke dalam akal pikiran penonton, karena ditampilkan melalui peristiwa-peristiwa yang kita alami sehari-hari.  Bahkan peristiwa-peristiwa yang sedang hangat di negara kita, seperti kekerasan berlatarbelakang kepercayaanpun mampu di kemas melalui alur cerita yang bagus untuk memunculkan pencerahan yang mampu diterima oleh semua pemirsanya.

Meskipun kadang-kadang jalan cerita yang diusung tidak jauh berbeda dengan sinetron yang lain yaitu tentang percintaan anak muda, tapi perceritaan tentang cinta dalam Islam KTP mampu ditampilkan dengan sudut pandang yang berbeda, tapi menarik.  Penggambaran strata-strata yang ada dalam masyarakatpun mampu di terima dengan baik sesuai dengan logika kita. Berbeda sekali dengan sinetron-sinetron lain yang dilebih-lebihkan, tapi unsur pemaksaan jalan ceritanya begitu kelihatan.

Semoga saja  dunia persinetronan kita bisa didominasi oleh tontonan yang benar-benar bisa dijadikan sebagai tuntunan, bukan hanya sekedar hiburan berbau pembodohan layaknya sinetron-sinetron yang selalu muncul di layar televisi kita.