Sunday, July 25, 2010

Green Valley - Lembah Hijau

Green Valley  - Lembah Hijau




-->
Kalau kita sering membaca kisah-kisah tentang suksesor di bidang IT, tentu kita akan teringat pada suatu tempat yang bernama Silicon Valley atau lembah silikon yang menjadi kiblat industri kreatif tersebut. Dan di dalam tulisan ini saya tidak akan membahas tentang Silicon Valley karena sangat kompleks dan multidimensional. Saat ini saya ingin membahas tentang Green Valley atau lembah hijau tempat dimana para ahli dibidang komputer dan internet peternakan, perikanan dan perkebunan berkumpul. Kalau Panjenengan ingin datang ke Lembah Hijau, silahkan datang ke Solo, tepatnya daerah Palur ke timur, kemudian ada pertigaan bangjo (lampu merah- maklum ndeso) belok kanan, lalu silahkan mengikuti papan petunjuk yang ada.
Dan dalam kunjungan perdana ini, saya sebenarnya hanya diajak oleh teman-teman dari Tim Inti Perencanaan Partisipatif (TIPP) Ds Karanggondang Kec Mlonggo Kab Jepara yang sedang mengadakan study banding dalam rangka Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK). Gambaran awal yang ada di benak saya, ditempat tersebut kami hanya akan disuguhi hijaunya suatu perkebunan yag di olah secara modern. Dan ternyata, tebakan saya meleset 50% karena hal pertama yang ditunjukkan kepada kami adalah Mbak Mawar yang berbaju kuning  kandang-kandang sapi yang dikelola secara modern.
Langsung saja ingatan saya tertuju pada Romo di rumah yang juga memelihara sapi bersama kelompok ternaknya. Hampir sama dengan yang ada di desa saya, kandang  yang ada disana dibuat secara permanen, sapi dikasih makan konsentrat + ampas tahu dan jerami kering, kotorannya ditampung untuk dijadikan pupuk dan biogas.  Akan tetapi setelah mendengarkan penjelasan dengan seksama, ternyata ada beberapa hal mendasar yang berbeda: makanan untuk sapi di Lembah hijau difermentasikan terlebih dahulu, pengolahan kotorannya lebih modern, kotorank langsung diolah menjadi kemasan-kemasan yang siap dan layak jual dan lain sebagainya.
Selain disuguhi kotoran sapi, dan produk-produk olahannya seperti susu, es krim dll kami, juga diperlihatkan pemeliharaan ikan Patin yang katanya tanpa lemak dan juga diberi kesempatan untuk menikmati bakso dan steak patin. Di sana kami juga diajak berkeliling melihat perkebunan yang diolah menggunakan pupuk organik yang mereka hasilkan sendiri.  Dan selama 3 jam berkeliling di sana banyak sekali ilmu yang bisa saya copy paste untuk dipraktekkan sendiri (kalau gak males).
Apakah diantara teman-teman ada yang tertarik berkunjung kesana untuk bertemu dengan sapi yang montok dan semok-semok?

Monday, July 19, 2010

Mebel Ukir Jepara

Mebel Ukir Jepara



[http://pencerah.blogspot.com] kalau mendengar kata "Jepara", ingatan kita pasti akan terpaut pada  dua hal, yaitu RA Kartini, seorang pahlawan wanita yang cukup terkenal serta kerajinan ukirnya. Memang selama beratus-ratus tahun, daerah Jepara terkenal sebagai daerah penghasil mebel bermotif ukir. Jika kita berjalan-jalan di seputar kota Jepara, memang dimana-mana akan terlihat aktifitas yang berkaitan dengan industri ukir tersebut..

Namun seiring berjalannya waktu, kerajinan ukir yang memerlukan bahan baku berupa kayu cukup besar ini mengalami penurunan. Salah satu penyebabnya adalah over production atau produksi yang berlebihan sebagai upaya untuk memenuhi permintaan eksport. Produksi yang terus digenjot tanpa diimbangi penyediaan bahan baku yang cukup ternyati menjadi momok yang cukup besar dalam industri ukir ini. 

Adapun sejarah munculnya seni ukir di Jepara ada banyak versi. Salah satunya adalah sebagai berikut :
Berdasarkan cerita sejarah, ukiran Jepara sudah ada sejak zaman Majapahit. Saat itu ada seorang seniman yang diminta untuk melukis tubuh dan wajah permaisuri raja di media kayu atau mengukir. Ternyata hasil lukisan di kayu tersebut sangat mirip dengan bentuk asli permaisuri. Dan ini bukannya membuat sang raja senang, tapi justru murka, karena ini mengartikan bahwa sang seniman sudah memahami betul secara detil bentuk tubuh dan wajah sang permaisuri.


Karena murkanya, sang raja mengusir seniman dan "melemparkannya" bersama alat-alatnya ke daerah yang kini dikenal Jepara. Sang seniman lantas melanjutkan hidupnya di Jepara dengan menjual produk mebel dan kerajinan tangan lainnya dengan ciri khas ukiran kayu. (www.suarakarya-online.com)
Yang jelas, sampai saat ini Kota Jepara masih terkenal di seluruh penjuru dunia sebagai pusat kerajinan ukir dengan motif yang sangat unik.
Kira-kira adakah yang mau datang kesini untuk diukir  ...?

Thursday, July 15, 2010

Google Maps Rekam Area Misterius di China

Google Maps Rekam Area Misterius di China


Sejumlah gambar-gambar misterius dan unik di kawasan China dan Inggris tertangkap Google Maps. Dua gambar diduga merupakan area yang dibangun oleh pihak militer China.

Seperti dilansir PC World, gambar pertama merupakan garis-garis putih raksasa yang terbentang di kawasan padang pasir China.

Gambar garis-garis putih raksasa itu berada pada koordinat 40°27'4.87" Utara, 93°44'42.90" Timur. Belum diketahui apa yang membentuk bentangan gambar garis putih raksasa itu.

Diyakini, hanya pihak militer China yang mengetahui fungsi bangunan asli dari kawasan itu. Dugaan bahwa wilayah itu adalah areal militer muncul setelah ditemukan gambar lain tak jauh dari lokasi itu.

Gambar berikutnya adalah areal yang mirip lapangan parkir pesawat jet di kawasan itu. Gambar 'lapangan parkir' pesawat jet itu berada pada koordinat 40°27'23.66" Utara, 93°23'7.78" Timur.
Area diduga milik militer China
Pada gambar ini terlihat tiga pesawat jet terparkir di tengah area lingkaran. Area berbentuk lingkaran itu diduga pangkalan militer China. Belum diketahui kepentingan tiga pesawat jet itu.

Gambar garis-garis putih sejenis juga terlihat di kawasan Norwich, Inggris. Gambar yang mirip area parkir dan lapangan olahraga juga tak kalah misteriusnya.
Bagi penggemar film X-Files meyakinin bahwa gambar-gambar itu adalah pembuktian makhluk asing. "Saya percaya itu," kata seorang fans Fox Mulder. (Ismoko Widjaya/vivanews.com)

Kira-kira adakah yang tahu, tempat apakah itu gerangan?



Monday, July 12, 2010

Ramalan Gurita Paul

Ramalan Gurita Paul


[www.pencerah.blogspot.com] Di jaman yang serba modern ini, ternyata masih banyak juga orang-orang yang percaya pada ramalan. Baik itu ramalan yang dikeluarkan oleh peramal, orang gila, binatang dan lain-lain. dan yang paling menarik, fenomena tersebut tidak hanya terjadi di dunia orang-orang yang kurang terpelajar, namun juga terjadi pada kaum-kaum terpelajar yang dianggap lebih mementingkan aspek ilmiah daripada aspek non ilmiah.

Dan fenomena ramal-meramal yang saat ini ramai diperbincangkan adalah Ramalan Paul, si gurita yang hidup di negara jerman. Dalam pelaksanaan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan ini Paul sudah meramalkan berbagai pertandingan dan hampir semuanya benar. Entah karena kebetulan atau karena binatang tersebut memiliki daya linuwih saya juga tidak tahu. Yang jelas, karena ramalannya tersebut Paul menjadi musuh nomor satu (public enemy) di beberapa negara yang diramal kalah dalam perhelatan piala dunia. 


Seandainya Paul berada di Indonesia kira-kira apa yang ingin anda tanyakan kepadanya untuk diramal?
....kalau saya akan menanyakan edisi mana dari album Ariel yang akan segera keluar...heheheheh




Thursday, July 8, 2010

Cut Tari dan Luna Maya Minta maaf

Cut Tari dan Luna Maya Minta maaf



[http://pencerah.blogspot.com]Mungkin bagi teman-teman sekalian yang sering mengikuti perkembangan blog Kata Hati ini jadi bertanya-tanya. Kenapa blog yang biasanya berisi  curahan hati berkaitan dengan kondisi yang sedang terjadi berubah menjadi blog mesum karena sering berkisah dengan tindakan permesuman yang sering terjadi. Baik itu dari berita tentang Genduk Miyabi, sampai berita sedikit pedas dan hot yaitu heboh video panas ariel peterpan dengan Luna Maya dan Cut tari sampai kepada berita tentang ditemukannya new version of Peterporn yaitu video Ariel dan BCL. Dan mungkin sebentar lagi akan berkisah tentang download Video Mesum mirip Shireen Sungkar yang sampai saat ini masih dirilis dalam versi beta.

Dan kesan blog mesum ini mungkin akan semakin dirasakan oleh teman-teman semua karena pada edisi ini saya ingin mengisahkan tentang Permintaan maaf Luna Maya dan Permintaan maaf Cut Tari berkaitan dengan hebohnya berita video mesum yang katanya mirip mereka berdua. Dan inilah bunyi permintaan maaf dari Cut tari yang disampaikan hari ini
 Assalamualaikum, kepada Bapak Presiden Indonesia, Kapolri dan ibu, Bapak Kabareskrim beserta ibu, Kadiv Humas dan Direkutr 1, penyidik, tokoh agama dan masyarakat dan para orangtua dan masyarakat Indonesia, atas nama pribadi dan keluarga saya mohon maaf sebesar-besarnya atas pemberitaan baru-baru ini yang menimbulkan keresahan.

Sekali lagi saya mohon maaf, pembelajaran tersebut merupakan introspeksi berharga buat saya. Saya mohon maaf pada suami dan terima kasih selama ini setia mendampingi saya menghadapi masalah saya. Insya Allah saya kuat.

Saya mau meminta semua, mungkin nggak tau rasanya jadi saya, saya minta dimaafkan (Sumber: www.detikhot.com)
 
 Dan tak mau kalah dengan rekan sejawatnya, Luna Maya juga meminta maaf kepada masyarakat berkaitan dengan banyaknya tinta yang dihabiskan, banyaknya waktu yang tersita untuk menulis dan membicarakan dirinya. dan ini adalah cuplikan permintaan maaf Luna Maya itu

"Saya juga ingin minta maaf pada keluarga saya yang mungkin ...emh...ya intinya saya benar-benar minta maaf pada semua...Jadi...emmm mudah-mudahan...

Saya sebagai warga negara Indonesia yang taat hukum, karena ini negara hukum, proses yang sudah berjalan saya percayakan pada pihak yang berwajib dan mudah-mudahan masalah ini bisa diselesaikan secara damai tidak ada pihak lagi yang merasa dirugikan.

Ya sekali lagi saya minta maaf atas ketidaknyamanan pemberitaan tentang saya. Itu saja. Saya ucapkan terimakasih. Assalamu'alaikum"
(Sumber: www.detikhot.com)
 Dan sebenarnya alangkah baiknya kalau mereka juga meminta maaf kepada Tuhan, serta melobi kepada malaikat yang bertugas mencatat amalan buruk agar tidak mencatat semua keburukannya.  Dan saya juga meminta maaf kepada teman-teman semua apabila ada suatu hal yang membuat saya harus meminta maaf.

Monday, July 5, 2010

Daftar Kenaikan Tarif Dasar Listrik 2010

Daftar Kenaikan Tarif Dasar Listrik 2010




Secara resmi, mulai tanggal 1 Juli 2010 ini, Tarif  Dasar Listrik mengalami kenaikan. Menurut  Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), kenaikan TDL ditetapkan   setelah mendapatkan persetujuan dari DPR RI.  Perlu diketahui bersama,  kenaikan ini tidak berlaku bagi pelanggan yang mempunyai daya 450 VA dan 900 VA. Akan tetapi, pelanggan dengan daya 450 VA dan 900 VA tetap dibebani biaya kenaikan harga sembako dan harga barang-barang lainnya sebagai imbas kenaikan TDL (yo mesti...ti...)

Adapun daftar kenaikan TDL secara lengkap adalah sebagai berikut:
- Pelanggan 450 VA – 900 VA tidak mengalami kenaikan
- Pelanggan 6600 VA ke atas golongan rumah tangga, bisnis, dan pemerintah, dengan batas hemat 30 persen tidak naik karena tarif listriknya sudah mencapai keekonomian.
- Pelanggan Sosial dinaikkan sebesar 10%
- Pelanggan Rumah Tangga lainnya dinaikkan sebesar 18%
- Pelanggan Bisnis naik sebesar 12% hingga 16%
- Pelanggan Industri lainnya sebesar 6%-15%
- Pelanggan Pemerintah lainnya sebesar 15%-18%.

Semoga daftar kenaikan TDL ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sehingga mampu menggunakan listrik dengan bijak. 

Thursday, July 1, 2010

Video Ariel dan BCL

Video Ariel dan BCL


Lagi-lagi kisah ini bercerita tentang Ariel yang sedang mengendarai daun dengan ngebut. Setelah beberapa waktu lalu siaran televisi dan berita surat kabar dipenuhi dengan berita tentang video mesum Ariel, Luna Maya dan Cut Tari yang menurut ketiga orang tersebut cumi (cuma mirip), sekarang muncul lagi berita tentang video mesum Ariel dan BCL. Tidak jelas tentang kebenaran berita itu, yang jelas pengacara BCL sempat menyatakan bahwa itu adalah fitnah. 


Kalau kemarin video-video tersebut dapat di download lewat internet, video terbaru yang katanya Ariel dan BCL tersebut dijual dalam bentuk CD dalam kemasan limited edition. yang hanya bisa  dijumpai di Kota Manado saja. Mungkin pengedarnya takut apabila menyebarkan video tersebut lewat internet akan dicari oleh pihak berwajib dengan mendeteksi ip adressnya.Terlepas dari benar dan tidaknya berita tersebut, rasa penasaran telah menggelitik jiwa saya. oleh karena itu dengan segala daya dan upaya saya ingin menyelidiki dan membuktikan kalau berita itu tidak benar.
Dan setelah dicari kesana kemari, ternyata video Ariel Peterpan dan BCL benar-benar ada. Kalau mau download video tersebut, silahkan teman2 berkunjung ke youtube. Saya juga takut kalau memberikan linknya disini atau menaruhnya dalam blog ini. Jangan-jangan saya nanti ditangkap polisi karena mengedarkan video Ariel dan BCL tersebut. Namun agar teman-teman tidak terlalu penasaran saya akan tampilkan screen shootnya saja.

                              
                                         Free Ad
Bisnis Murah Bisnis Mudah                Dapat Rumah/ruko Gratis       
Cukup modal 10.000 saja                      Bonus pinjaman tanpa bunga
dapat penghasilan takterbatas              dan agunan