Sunday, April 25, 2010

Pengumuman Ujian Nasional SMU 2010

Pengumuman Ujian Nasional SMU 2010


Sebuah moment yang sangat dinanti-nantikan pada hari esok adalah Pengumuman Kelulusan Ujian Nasional SMU tahun 2010. Semenjak dimulainya era Ujian Nasional yang sarat dengan kontroversi, banyak siswa tingkat akhir yang ketakutan dengan ujian itu. Kalau jaman dulu, saat saya menginjak tahun-tahun akhir di SMU, yang menjadi momok justru UMPTN. Karena memang tidak ada Ujian Nasional, saat itu untuk menentukan kelulusan ditentukan oleh banyak faktor atau variabel. Dan saya juga ingat kalau saat itu banyak teman-teman yang menganggap remeh ujian akhir karena bisa dipastikan semua siswa lulus (sebuah klaim dari siswa yang sebenarnya belum tentu benar).

Kini, karena standar akhir kelulusan adalah Ujian Nasional, maka mau tidak mau semua siswa akan bekerja keras untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional. Dan untuk Ujian Nasional SMU/SMA Tahun 2010 yang pengumumannya baru akan dilaksanakan besuk senin tanggal 26 April 2010. Dan dari berbagai bocoran yang bocor, dari   76.508 jumlah peserta, tercatat 73.466 siswa yang lulus dan 3.042 siswa dinyatakan tidak lulus. Bahkan menurut detik.com, ada salah satu siswa di salah satu SMU yang seluruh siswanya tidak lulus UN.

Semoga saja Pengumuman Ujian Nasional SMU/SMA tahun 2010 dapat berjalan dengan lancar, maksudnya tidak menimbulkan permasalahan dan gejolak baru di masyarakat. Kepada siswa yang tidak lulus saya hanya berpesan agar tetap sabar dan tawakal. Perlu diingat bahwa ketidaklulusan dalam Unas 2010 bukanlah akhir segalanya. Dan kepada siswa-siswa yang lulus ujian agar jangan  terlalu berbangga diri, dan selalu ingatlah masih banyak ujian-ujian lagi untuk kehidupan ini.

Thursday, April 22, 2010

Analogi oh analogi

Analogi oh analogi


Karena ada segelintir pegawai pajak yang menilep pajak, banyak orang yang membuat gerakan untuk menolak membayar pajak

Karena adanya oknum Satpol PP yang melakukan kekerasan saat terjadi penggusuran, banyak ormas yang demo ke pemda untuk membubarkan Satpol PP

Karena disinyalir ada gerakan tebang pilih dan penyimpangan yang dilakukan oleh penegak hukum dalam  menangani kasus perjudian. seorang pengacara terkenal mengusulkan untuk melegalkan perjudian

Karena rokok yang notabene adalah racun dinikmati oleh orang banyak, maka tidak boleh diharamkan untuk dikonsumsi

Karena dia adalah publik figur, meskipun melakukan perzinaan dan melahirkan anak kharam dia tetap dielu-elukan dan disanjung dimana-mana

Entah analogi aneh apalagi yang akan digunakan oleh bangsa kita dalam menilai suatu kejadian atau peristiwa. Dan apakah kita akan tetap mengikuti analogi tersebut?

Saturday, April 17, 2010

Nyanyi Bareng Gubernur Jateng di Peluncuran PLPBK

Nyanyi Bareng Gubernur Jateng di Peluncuran PLPBK
 
Peluncuran ND juga dibarengi dengan kegiatan tanam pohon [Dok. KMW Provinsi Jateng, PNPM Mandiri Perkotaan]Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Bibit Waluyo meresmikan peluncuran Program Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) atau lebih dikenal dengan Neighborhood Development (ND), pada Minggu (11/4/2010). Kegiatan itu dihadiri 18 bupati/walikota penerima PLP-BK, juga Direktur Penataan Bangunan dan Lingkungan (PBL) Ditjen Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum (PU) Joessair Lubis, CES, dan Kepala SNVT Pusat Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan Boby Ali Azhari.
Bibit menyatakan, PLP-BK merupakan reward bagi BKM-BKM yang telah mandiri dan mempunyai kinerja sangat baik. Pada 2009 ini, di Provinsi Jateng terdapat 151 desa/kelurahan di 18 kabupaten/kota yang mendapatkannya. Berarti, 57% dari total nasional yang mendapatkan program ini.
“Pertahankan prestasi Jateng ini, semoga bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain,” tegas Bibit, bangga. Semangat dan kegembiraan ini disambut meriah oleh ribuan masyarakat Jepara yang memadati acara. Begitu pula pelaku PNPM Mandiri Perkotaan di Jateng, merasa turut bangga.
Gubernur Jateng Bibit Waluyo dan rombongan tampak mengamati produk-produk KSM yang dipamerkan [Dok. KMW Provinsi Jateng, PNPM Mandiri Perkotaan]Acara dilanjutkan dengan kegiatan menanam pohon rambutan silengkeng yang dilakukan oleh Joessair Lubis. Kemudian, semua yang menghadiri kegiatan dapat menikmati pameran, pesta patok, penanaman pohon dan menyaksikan program KB.
Kegiatan ini juga disambut masyarakat Desa Plajan, Kecamatan Pakis Aji, dengan melaksanakan konvoi sekitar 800 sepeda motor, musik rebana dan reyog, serta arena pameran produk unggulan dari BKM kelurahan/desa penerima PLP-BK di Kabupaten Jepara. Diikuti oleh pilot project PLPBK di BKM Podosugih, Kota Pekalongan, serta partisipasi dari PNPM Mandiri Perdesaan.
Lebih lanjut, menurut Gubernur Jateng Bibit Waluyo, PLP-BK atau ND yang lebih sering dijuluki “Noto Deso” oleh masyarakat setempat ini akan diperkuat dengan program gubernur, “Bali Ndeso Mbangun Deso”.
Satu hal yang berkesan dirasakan oleh seluruh tamu yang menghadiri peluncuran PLP-BK ini adalah saat Fasilitator Jepara, bersama ibu-ibu PKK Desa Plajan menyumbangkan lagu “Mars PNPM” ciptaan KMW Jateng, dan lagu “Bali Ndeso, Mbangun Deso.” Saking terkesan dan bangganya dengan semangat ibu-ibu PKK dan fasilitator menyanyikan lagu tersebut, Bibit Waluyo dan Bupati Jepara H.Hendro Martojo turut naik panggung dan bernyanyi bersama dengan tim fasilitator.
Gubernur Jateng Bibit Waluyo spontan naik panggung, ikut menyanyikan "Mars PNPM" dan "Bali Ndeso, Mbangun Deso" bersama paduan suara [Dok. KMW Provinsi Jateng, PNPM Mandiri Perkotaan]Menyaksikan ini, seluruh tamu tampak terharu dan bertepuk tangan riuh. Bahkan, mata Korkab Jepara Khoiruzat terlihat berkaca-kaca, begitu pula tim paduan suara. Sungguh sebuah peristiwa yang pasti akan dikenang dan memberi semangat kepada seluruh pelaku PNPM Mandiri Perkotaan untuk bekerja lebih baik.
Selamat kepada seluruh teman-teman, fasilitator, BKM, relawan, pemkab, Pemprov Jateng dan pelaku PNPM Mandiri yang telah membuat acara peluncuran PLP-BK menjadi hal yang luar biasa. (Suharto SS, TA Sosialisasi KMW Provinsi Jateng, PNPM Mandiri Perkotaan; Firstavina. www.p2kp.org)