Friday, July 31, 2009

Lomba Nge-Blog : Nothing Impossible

Lomba Nge-Blog : Nothing Impossible



sebuah kontes (lomba) ngeblog dibuka lagi. Kali ini yang punya gawe adalah Dindasmart [dot] Com bekerja sama dengan Mas Purba admin AdaBisnis.Com. Lomba Nge-blog yang bertajuk Nothing Impossible (Tak Ada Yang Tak Mungkin) ini sudah diluncurkan secara terbuka dan bisa diikuti oleh Masyarakat Blogger Sekitar di seluruh Indonesia.

Adapun ketentuan lomba adalah sebagai berikut:

  1. Peserta menuliskan artikel bebas bertema Nothing Impossible / Tak Ada yang Tak Mungkin (temanya loh, bukan judulnya. Tema boleh jadi judul kok!) di blog.
  2. Peserta juga menuliskan info tentang lomba ini di blog. (boleh disatuin, bloeh dipisah dengan tulisan pokok.)
  3. Peserta kemudian mendaftarkan dirinya via e-mail ke kontes[at]dindasmart.com dengan subjek : Blog Contest Nothing Impossible formatnya :

Nama :

E-Mail :

Alamat Rumah :

No.Telp/HP :

Alamat Blog :

Alamat Artikel :

Batas akhir pensubmittan artikel hingga tanggal 10 September 2009 dan pemenang akan diumumkan tanggal 15 September di Blognya yang punya gawe.

Yang perlu diperhatikan, bahwa yang punya gawe tidak akan serampangan atawa ngawur dalam memberikan penilaian terhadap peserta/kontestan. Adapun pedoman penilaiannya adalah sebagai berikut:
  1. Konten / Bagusnya Artikel
  2. Gambar (artikel tersebut diselingi gambar ya biar lebih menarik. Ini nilai plus loh!)
  3. Update : Jumlah komentar (semakin banyak komentar, menambah poin)

Ini bukanlah kontes SEO. Jadi, semua blogger baik blogger pemula ataupun para Master SEO, berkesempatan sama untuk memenangkan lomba ini.

Kalau ada lomba, maka wajib adanya suatu pencerah berupa hadiah. Hadiah yang akan diberikan bagi pemenang adalah sebagai berikut:
  • Pemenang 1 : Domain .Com + hosting 300 MB + Rp 100.000,00
  • Pemenang 2 : Domain .Com + hosting 300 MB + Rp 50.000,00
  • Pemenang 3 – 5 : Domain .Com + hosting 300 MB
  • Pemenang 6 – 7 : Domain .Com+ hosting 200 MB
  • Pemenang 8 – 10 : Domain .Web.id + hosting 200 MB
  • Pemenang 11 – 15 : Domain .Web.id + hosting 100 MB
  • Pemenang 16 – 20 : Domain .Info
  • Pemenang 21 – 25 : Pulsa @ Rp 10.000,00
  • Untuk pemenang 1 – 20 : Gratis keanggotaan di http://scriptmurah.fibsite.com

(Jumlah pemenang dan hadiah akan kami update apabila ada tambahan sponsor)

Demikian pengumuman mengenai lomba tersebut, apabila diantara teman-teman ada yang tertarik dan mau berpartisipasi, dipersilahkan langsung datang ke blognya yang punya gawe.

Thursday, July 30, 2009

Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil

Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil:

Pengoptimalan Potensi Lokal di Kabupaten Pemalang





Keberadaan pohon kelapa merupakan suatu hal yang biasa di wilayah negara Indonesia. Hampir disetiap daerah, terutama kawasan pesisir pohon serbaguna tersebut tumbuh dengan tegaknya.
Untuk memanfaatkan potensi yang ada tersebut, masyarakat Desa Kendalrejo Kec Petarukan Kab Pemalang mengajukan usulan kepada BKM Maju Mandiri untuk mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil), salah satu produk turunan buah kelapa yang bisa dijadikan obat.


Secara kebetulan, didesa Kendalrejo terdapat pembuat VCO yang sudah cukup berhasil. Proposal yang diajukan oleh masyarakat Kendalrejo melalui KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) Bina Usaha langsung diterima. Adapun dana yang nantinya akan digunakan untuk membiayai kegiatan pelatihan tersebut diambilkan dana dari BLM PNPM Mandiri Perkotaan Tahap III sebesar Rp 3.814.000,- yang ditambahkan dengan swadaya masyarakat sebesar Rp 1.372.000,-.

Pelatihan yang diikuti oleh 20 peserta tersebut akhirnya diadakan di Balai Desa Kendalrejo pada hari Selasa, 12 Mei 2009. Pada saat penjelasan teori, M Suja’i tentor kegiatan pelatihan menyampaikan bahwa pelatihan pembuatan VCO terdiri dari 6 kegiatan pokok, yaitu teori umum, pengenalan alat dan bahan, praktek pembuatan VCO, penyaringan, pengolahan limbah dan pengemasan hasilnya.



Kegiatan praktek pembuatan VCO dimulai dengan pengupasan kelapa dan pembersihan yang dilanjutkan dengan pemarutan kelapa. Untuk memarut kelapa tersebut, diipergunakan dua buah mesin pemarut kelapa. Selanjutnya ampas kelapa tersebut diperas dengan menggunakan mesin pengepres untuk diambil santannya yang selanjutnya di saring dan diendapkan selama 2 jam.
Setelah diendapkan dan diambil airnya dengan selang penyedot, maka tersisa krim santan yang selanjutnya diendapkan lagi selama 6 jam. Hasil endapan yang sebenarnya terdiri dari VCO, minyak goreng (Blondo) dan air. Setelah ketiganya dipisahkan, maka VCO disaring dengan batu zeolit dan blondo dipanaskan untuk diambil minyak kelapanya. VCO yang sudah bersih selanjutnya dikemas dan siap untuk dipasarkan.

Satu kemasan VCO dengan volume 100 cc, biasanya dijual di apotik-apotik dengan harga Rp 30.000,-. VCO merupakan salah satu minuman kesehatan yang memiliki banyak manfaat, antara lain untuk obat kolesterol tinggi, penyakit jantung, darah tinggi, osteoporosis, HIV/AIDS, Liver, diabetes, hepatitis, obesitas, kanker, TBC, asma, berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur serta sebagai anti oksidan dan peningkat daya tahan tubuh. Untuk kedepannya, KSM Bina Usaha juga sedang merintis kemitraan dengan Disperindag Kabupaten Pemalang untuk mendapatkan pelatihan pembuatan sabun dari buah kelapa.

Semoga dengan adanya kegiatan pelatihan pembuatan VCO yang dilaksanakan oleh KSM Bina Usaha Desa Kendalrejo Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang tersebut mampu menggugah kelompok masyarakat lainnya untuk memanfatkan potensi yang ada disekitarnya. Saatnya kita kembali ke potensi alam untuk mengembalikan fitrah negara indonesia sebagai negara agraris yang disegani oleh negara-negara lain.



(Eka, Tim V PNPM MP Kab Pemalang)

Monday, July 27, 2009

Antara (mbah) Surip, sarap dan sarip

Antara (mbah) Surip, Sarap, sirup dan Sarip.


Demi melihat judul diatas, pasti Masyarakat Bloger Sekitar (MBS) sudah paham kalau gaya bahasa tulisan saya agak mengadopsi gaya bahasa Pakdhe Mars. Tp gak apa-apa, yang penting LANJUTKAN...

Fenomena Mbah Surip sudah sering diulas oleh Masyarakat Blogger. Melalui lagunya yang merakyat, mbah Surip digendong kemana-mana. Hampir semua orang tahu lagu yang dibawakan oleh embah yang satu ini. Dari kakek dan nenek sampai anak berumur 4-5 tahun fasih mendendangkannya.


Fenomena sarap, ternyata tidak mau kalah dengan mbah surip. Seiring dengan masuknya globalisasi dan meningkatnya beban hidup, membuat manusia yang tidak kuat berubah menjadi sarap (gila). Janganlah heran kalau sekarang RSJ dan psikiater menjadi laris manis tanjung kimpul.


Tidak banyak yang tahu kalau sekarang mbah Maridjan, penguasa Gunung Merapi memilik usaha sambilan membuat sirup. Kalau tidak percaya silahkan lihat di TV karena iklan sirupnya sering keluar.


Pada jaman saya ikut Kejar Paket D di Undip, Sarip merupakan salah satu pantangan yang harus dihindari. Karena sarip bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Tapi tunggu dulu, sarip disini bukan salah satu jenis makanan, tapi singkatan dari Seputar Awak (badan) Rai (muka) dan IPk. 3 hal yang paling sensitif di kampus pada waktu itu.


(mau nambah tulisan tentang sirip ikan dan ban serep, tapi waktu kerja dah mulai. Saatnya mencari pencerahan di dunia luar)

Thursday, July 23, 2009

Penilai yang Tidak Bisa Menilai

Penilai Yang Tidak Bisa Menilai.


Memberikan penilaian merupakan hal yang mudah, tetapi memberikan penilaian secara obyektif hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki kecerdasan pikiran (otak) dan emosi.

Untuk membuat penilaian yang bagus dan obyektif, kita perlu merumuskan beberapa variabel terlebih dulu. Semakin banyak variabel yang dinilai, semakin bagus penilaian. Namun, perlu pemikiran yang teliti dan waktu yang tidak sedikit.

Penilaian akan lebih mudah dilakukan apabila variabel yang digunakan bersifat kuantitatif (angka). Sedangkan penilaian dgn variabel kualitatif sangat mengedepankan kemampuan dari si penilai itu sendiri.

Jadi, apabila kita pernah merasa didholimi karena penilaian terhadap diri kita yang kurang pas, maka silahkan perhatikan Sang Penilai. Mungkin kemampuannya dalam menilai sesuatu 'hanya segitu', sebab Tuhan tidak menganugrahi semua manusia dengan kemampuan otak dan hati yang baik. Semoga bisa menjadi pencerah bagi kita semua. Amien

Monday, July 20, 2009

Dilarang Bicara Pada Waktu Khotbah

Dilarang Bicara Pada Waktu Khotbah


Peristiwa ini terjadi kala saya sedang menjalankan tugas pendampingan masyarakat di salah satu bagian di Kabupaten Pemalang, tepatnya beberapa hari yang lalu. Berhubung sudah masuk waktu sholat, maka bersama teman-teman menunaikan kewajiban didalam kewajiban menjalankan pekerjaan.

Tanpa di sengaja dan tanpa diduga, mak bedunguk, mak jegagik, tiba-tiba pandangan saya tertuju pada secarik kertas yang ditempel di dinding masjid. Seuntai kalimat yang maksudnya bagus tapi penulisannya membuat ketawa, minimal tersenyum pembacanya: "Dilarang Bicara pada waktu khotbah"

Setelah membaca tulisan itu, saya langsung grenengan dengan teman saya.

"Kang, kasihan bener ya jadi khotib di sini", kata saya pada temen saya

"Loh kenapa emangnya...?"

"Coba njenengan baca tulisan itu....!!! Khotib disini kalau khotbah harus pake bahasa isyarat", kata saya sambil menunjukkan tulisan yang ada.

Bukan jawaban yang aku dapatkan, tetapi tawa yang menggelegak melebihi bom JW Marriot dan Ritz Charlton. (lebai dikit gak apa-apa ah).

Mungkin kalau Paijo melihatnya dia akan ngamuk-ngamuk seperti pada saat lihat rambu lalu lintas Belok Kiri Jalan Terus atau tulisan di gerbang kota yang berbunyi Selamat datang/Jalan Kota Ngan.

Perlu diketahui, bahwa tulisan ini bukan untuk menyalahkan atau menggungat tukang tulis menulis. Hanya saja saya merasa agak risih juga membaca tulisan yang seharusnya bisa mencerahkan bagi kita akan tetapi justru menggelikan.

Friday, July 17, 2009

Ledakan bom di Ritz Carlton dan JW Marriot

Ledakan Bom di Ritz Carlton dan JW Marriot.


Hari ini, Jum'at Legi tanggal 17 Juli 2009 tepat pukul 07.50 terjadi ledakan bom di hotel Ritz Carlton dan JW Marriot. Belum diketahui secara persis siapa yang berani iseng dengan nyawa manusia ini. Yang jelas kurban sudah berjatuhan.

Semoga saja aparat keamanan bisa menjaga unsur-unsur fasilitas penting yang lain dan melakukan Counter attack dengan menangkap pelakunya.

Semoga saja Manchester United tidak membatalkan turnya ke indonesia karena insiden itu.

Semoga pelakunya mendapatkan pencerahan sehingga cepat sadar. Dan alangkah lebih baiknya kalau jangan belajar membuat bom, tapi belajar SEO para pemula.

Dan tak lupa kami mengucapkan turut berduka cita. Smg korbannya mendapat ketabahan dan kesembuhan. Amien

Apa kabar alexa?

Apa kabar alexa ?


Ternyata alexa malam jum'at ini naik turun. Apakah karena memenuhi kewajiban malam jum'at atau hanya sekedar mencari kenikmatan sesaat?

Alexa yang sungguh cantik. Dambaan blogger yang senang bila dia di bawah

Tuesday, July 14, 2009

Pupuk Hantu untuk Pertanian Organik

Pupuk Hantu untuk Pertanian Organik.



Pupuk Hantu, singkatan dari hormon tanaman unggul merupakan pupuk cair organik yang diperuntukkan bagi semua jenis tanaman. Pupuk Hantu dibuat dari tumbuh-tumbuhan sirih, brotowali, madu, lemak hewan dan beberapa zat lainnya.


Sebagai salah satu pupuk yang 100% organik, pupuk ini sangat bersahabat bagi lahan pertanian. Berbeda dengan pupuk kimia yang justru bisa merusak struktur tanah. Zat-zat yang terkandung dalam pupuk hantu antara lain: AUKSIN untuk memperbanyak akar dan mata akar, GIBRELIN GA7 untuk merangsang pengawetan buah secara alami, GIBRELIN GA3 untuk merangsang bunga, ZEATIN untuk mengurai hara dan SITOKININ/KINETIN untuk merangsang vegetatif/tubuh/batang secara ekstrim.


Kemunculan Pupuk Hantu sungguh fenomenal. Bp jimmy selaku penemunya ditawari oleh beberapa negara untuk mengembangkan pertanian disana tapi menolak. Beliau lebih tertarik untuk mengembangkan pupuk yang sudah mendapatkan izin dari Deptan PPI No 753/58.130/A.10/2/2009 ini di indonesia.


Adapun testimoni dari petani yang sukses sebagai berikut:

Padi organik panen 14 ton/ha, musim berikutnya dlm 1 rumpun rata2 40 anakan (jember). Cabai tinggi 2 meter (blitar), gambas panjang 1.3 meter, bengkoang diameter 30 cm, buah naga 6 butir/sulur (bogor). Jeruk habis diserang CVPD tetap menghasilkan dgn hasil melimpah, singkong panen 170 ton/ha, sengon laut dan jati cepat bongsor (jember & pemalang).


Dan bagi teman2 yang ingin membuktikan keajaiban berikutnya dipersilahkan dengan gembira. Dan sampe saat ini sudah banyak petani yang mendapatkan pencerahan.
Harga Rp 65 000,- ( 0,5 lt) dan (Rp 125.000 (1 Lt) + ongkos kirim
Hubungi: gupy15@gmail.com

Friday, July 10, 2009

Award dari Chalief

Award dari Chalief


Award atau hadiah biasanya diberikan oleh seorang blogger kepada blogger yang lain untuk memupuk rasa persaudaraan. (dan kalau memang dapat backlink itu hanya merupakan suatu kebetulan sajah). Demikian pula blog Pencerah atawa Kata Hati ini. Tanpa dinyana tak diduga, datang tak diundang tapi pulangnya minta diantar, muncullah si Chalief Kecil yang datang membawakan award ijo endol2 yang bertajuk "bertuah award".


Terima kasih saya ucapkan atas hadiahnya, semoga persaudaraan dan silaturahmi selalu terjaga sampai kapanpun meskipun hanya melalui dunianya Bu Maya.

Dan mohon maaf karena saya tidak meneruskan award ini kepada 5 teman terdekat. Bukan karena apa-apa, cuma saya merasa teman-teman semua berhak mendapatkan hadiah ini, sehingga kalau hanya 5 masih sangat kurang sekali

Tuesday, July 7, 2009

Antara Kisruh DPT dan Penggunaan KTP

Antara Kisruh DPT dan Penggunaan KTP

Sebelumnya saya mengucapkan turut berduka cita atas musibah tertabraknya minibus oleh KA Prambanan Ekspress (Prameks) di perlintasan tanpa palang pintu Desa Jombor Kec Ceper Kab Klaten. Semoga seluruh korban yang meninggal diampuni segala kesalahannya dan diberikan tempat yang sempurna di sisi-Nya. Dan sebagai warga Klaten saya berharap kepada Pemkab Klaten untuk berkoordinasi dengan PJKA agar ratusan perlintasan kereta api yang belum ada palang pintunya segera dibenahi.

Minggu-minggu ini, media kita banyak juga dipenuhi oleh berita miring berkaitan dengan cacut marutnya DPT. Memang dari dulu saya mengamati kalau hampir sebagian besar yang ada di negara kita DPT-DPTsemrawut. Berbagai kepentingan tumpang tindih di dalam penataannya. Daerah Pinggiran Trotoar (DPT) yang seharusnya diperuntukkan untuk taman-taman kota di serobot oleh PKL, pemilik toko, tukang parkir atau manusia-manusia lain yang menguasainya secara ilegal. Dan tentu saja dampak yang kita rasakan adalah adanya kesemrawutan baik itu dalam kegiatan maupun tampilannya.

Sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kekisruhan DPT tersebut, beberapa ahli menganjurkan untuk menggunakan KTP (Ketegasan Terpadu Pemerintah). Ketegasan terpadu maksudnya ketegasan yang terpadu antara berbagai instansi pemerintah dan harus dilakukan oleh seluruh aparat pemerintahan. Jadi tidak ada oknum yang diberikan kesempatan untuk “bermain” disini. Terpadu yang lain adalah adanya keterpaduan antara perangkat/aparat pemerintahan dengan aturan yang sudah ada dan berlaku. Tidak bisa kita pungkiri kalau adanya beberapa aparat pemerintah yang justru tidak mengusai peraturan yang sudah ada bahkan ada yang pura-pura tidak tahu. Sehingga kadangkala setiap ada perijinan yang masuk mereka langsung memberikan ijin tanpa melihat peraturan yang memang sudah di tetapkan dan berlaku di kawasan tersebut.

Semoga kisruh DPT yang terjadi di negara kita bisa segera diatasi dengan penggunaan KTP yang memang sudah dimiliki oleh seluruh aparat pemerintahan. Saya yakin apabila peraturan yang ada mampu memberikan pencerahan kepada seluruh stakeholders serta pembuat kebijakan.

Saturday, July 4, 2009

Antara Motor dan Jalan Tol

Antara Motor dan Jalan Tol


Sebuah kejutan baru dibuat oleh pemerintah berkaitan dengan diperbolehkannya motor masuk ke jalan tol, apabila ada jalur khususnya. Suatu kebijakan yang dibuat tanpa didasari oleh pemikiran yang normal bin waras.


Kebijakan tersebut bertentangan dengan kebijakan sebelumnya berkaitan dengan angkutan umum masal. Seharusnya, untuk mengatasi kemacetan pemerintah membatasi kepemilikan kendaraan pribadi dengan kenaikan pajak, kenaikan tarif parkir serta menggalakkan angkutan umum yang bermartabat.


Apabila motor boleh masuk jalan tol, maka kepemilikan motor akan meningkat. Dan saya yakin pertumbuhan jalan, termasuk jalan tol tidak akan mampu mengimbangi kenaikan jumlah kendaraan pribadi termasuk sepeda motor. Terkecuali pemerintah menggusur, perumahan, perkantoran dan kawasan perdagangan untuk dibangun jalan. Jadi suatu kota hanya terdiri dari jalan saja, dijamin tidak akan macet.


Tak bisa kita pungkiri, semakin ringan jenis kendaraan kita semakin kurang pula disiplin kita dalam berlalu lintas. Dikota-kota besar, korban meninggal terbanyak akibat laka lalin adalah pengendara sepeda motor. Jadi apabila pemerintah terlalu memanjakan pengendara motor tanpa diimbangi dengan penegakan disiplin yang tegas, jumlah korban akan meningkat dengan pesat. Tapi tak bisa kita pungkiri kalau hal ini sesuai dgn program pemerintah yaitu KB. Jadi pemerintah menciptakan alat kontrasepsi baru berupa motor.


Asas keadilan, adalah salah satu alasan yang bisa dijadikan acuan. Dan alangkah lebih adil lagi apabila sepeda angin, becak, delman, bajai, bahkan grobag dibolehkan juga melintasi jalan tol.


Semoga kata hati para pembuat kebijakan selalu dikaruniai pencerahan. Semoga mereka selalu belajar layaknya Belajar SEO Para Pemula.

Wednesday, July 1, 2009

Debat Kusir Capres-Cawapres 2009

Debat Kusir Capres-Cawapres 2009


Seiring digelarnya tahapan kampanye pilpres RI 2009, maka hampir tiap minggu kita disuguhi aksi capres maupun cawapres melalui media debat/diskusi. Format acara yg sebenarnya saduran dari pilpres Amerika Serikat tersebut mampu menarik banyak orang untuk melihat, mendengar dan menyimaknya. Akan tetapi bagi saya sendiri, acara tersebut layak untuk di sebut sebagai DEBAT KUSIR dari capres-cawapres 2009.

Kenapa saya menganalogikan demikian? Karena saya menganggap bhw setelah jadi presiden dan wakil presiden, mereka adalah kusir dari delman Republik Indonesia. Dan kita adalah penumpang yang memberikan mandat kepada mereka untuk mengemudikan delman dengan baik demi tujuan kita bersama.

Maaf, bukan berarti menghina kalau membandingkan negara kita layaknya delman. Tapi kalau kita bandingkan dengan negara maju, memang seperti mobil dengan delman. Negara maju bisa berkembang dengan cepat dibungkus dengan body yang aduhai layaknya sebuah mobil. Sedangkan indonesia, layaknya delman, jalannya pelan tapi pasti. Tampilannya juga biasa saja karena memang kita suka kesederhanaan.

Tapi jangan khawatir... Ternyata naik delman tidak kalah dengan mobil. Meskipun tanpa AC, kita malah bisa merasakan semilir angin serta kebebasan untuk melihat pemandangan yang indah di sekitar kita. Jadi tidak heran apabila banyak penumpang mobil yang ingin merasakan nikmatnya naik delman seperti kita.

Oh iya, ada yang kelupaan... Kalau ada kusir, delman, penumpang tentu harus ada kudanya. Terus siapa yang layak dijadikan kuda...? (ada yang mau ? Hehehe...) santai ajah, kali ini yang saya ibaratkan kuda adalah negara2 donor termasuk IMF dan ADB. Tidak bisa kita pungkiri bahwa penarik delman kita agar tetap berjalan adalah mereka-mereka itu. Untuk mereka kita harur menyediakan rumput berkualitas (kekayaan alam milik kita). Tapi perlu diingat, meskipun mendapat rumput bagus, kadang jalan mereka seenaknya, jadi kita berharap kusir kita berani mencambuknya. Jangan sampe rumput kita hanya ditukar dengan kotoran saja.


Semoga kita mendapatkan kusir yang berani menggunakan cambuknya dengan baik dan benar. Saya yakin, delman yang kita naiki akan segera berubah menjadi mobil yang indah. Amien...!!