Tuesday, April 28, 2009

Flu Babi

FLU BABI


Flu Babi atau dalam istilah barat dikenal dengan nama swine influenza benar-benar telah mengguncang dunia. Sumber penyakit ini diketahui secara umum setelah 70 orang di Mexico menjadi korban. Flu babi pada manusia di Meksiko diduga disebabkan oleh strain baru virus H1N1. Berdasarkan riset Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, virus H1N1 yang berkembang di Meksiko diduga kuat gabungan flu unggas, flu babi, dan flu manusia. Karena virus tersebut berkembang ditubuh babi, maka akan mudah menular ke manusia karena sama-sama mamalia. Cara penularan flu babi, bisa melalui udara atau kontak langsung dengan penderita. Masa inkubasinya virus H1N1 ini 3 sampai 5 hari


Gejala-gejala Flu Babi

Gejala yang ditunjukkan oleh manusia yang tertular oleh virus ganas tersebut antara lain: demam, lelah, nafsu makan hilang, dan batuk. Beberapa penderita bahkan mengalami hidung berlendir, tenggorokan sakit, muntah-muntah, dan diare. Jadi apabila diantara keluarga atau tetangga kita yang mendapatkan gejala-gejala tersebut diatas, kita harus waspada. Apalagi apabila didekat permukiman yang kita diami terdapat peternakan babi dan peternakan ayam yang letaknya berdekatan. Alangkah lebih baiknya apabila kita langsung menghubungi puskesmas atau dokter terdekat.


Adapun tips yang dapat kita lakukan untuk mencegah penularan flu babi adalah sebabai berikut:

Bagi penderita Flu Babi :

Dibawa ke puskesmas, dokter atau rumah sakit terdekat untuk diisolasi

Dilarang berjabat tangan dan mencium orang lain

Menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk dengan tisu atau sapu tangan

Buang tisu di tempat sampah dan gunakan masker untuk melindungi orang disekitarnya

Hubungi dokter untuk mendapatkan arahan tindakan


Bagi kita semua (cara menghindari agar tidak tertular Flu babi):

Tidak melakukan perjalanan ke tempat yang terjangkit penyakit Flu Babi

Jangan sering menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Hindari makan daging babi (karena haram, heheheh)

Memakai masker apabila diperlukan untuk mencegah penularan kuman

Rajin mencuci tangan dan kaki dengan sabun yang higienis

Hindari merokok, tidur cukup, olahraga yang cukup, kelola stres, banyak minum air


Semoga tulisan yang berasal dari berbagai sumber ini bisa membuka kata hati kita tentang penyakit-penyakit berbahaya yang berada di sekitar kita. Semoga dapat menjadi pencerah bagi kita semua. Amien



Friday, April 24, 2009

Dilihat, Diraba , Disayang

Dilihat, Diraba , Disayang



Pertama kali melihatmu, hati ini sungguh bergetar. Pandanganku serasa berkunang-kunang serta membuatku merasa sulit untuk berpaling darimu. Setiap kali lewat di jalan itu, pandanganku selalu tertuju padamu yang seolah-olah tersenyum mengundang diriku untuk mendekat. Meskipun berada diantara kawan-kawanmu yang cantik nan rupawan dirimu serasa beda. Lama-kelamaan diri ini tak kuasa untuk sekedar mendekat dan melihatmu sang rupawan.

Semakin aku mendekat ternyata pesonamu membuatku semakin terpana. Telapak tanganku segera terulur untuk sekedar membelai kulitmu yang memang halus bak sutra. Ku pandang dirimu dengan tatapan yang menggebu untuk sekedar mengajakmu keluar menelusuri jalan yang berkelok-kelok menuju singgasana abadi. Tapi apa daya, aku hanya bisa memandang dan sedikit meraba tubuhmu saja hingga waktu harus menuntunku pergi. Dan dalam hatiku aku berjanji bahwa kepergianku hanya tuk sementara. Aku akan segera datang lagi untuk menjemputmu.

Beberapa hari kemudian setelah melalui pergulatan batin yang panjang akhirnya kuberanikan diri untuk mencoba mengikatmu. Setelah melalui ahad yang sah akhirnya aku bisa memiliki dan membawamu menuju istanaku yang sederhana. Kini aku bisa menyayangimu dengan sepenuh hatiku, membelaimu tiap pagi dari kepala, tubuh sampai kaki-kakimu yang betul-betul harus dijaga. Dan aku juga rela apabila tiap hari harus memberikan pemanasan kepada sebelum diriku menaikimu dan kita berpacu dalam waktu menikmati keindahan dunia. Semoga dirimu selalu setia menemani dalam menempuh perjalanan hidupku memberikan pencerahan kepada semua makhluk yang ada wahai motorku tersayang.

Wednesday, April 22, 2009

Mobil Murah, sebuah Blunder Pemerintah

Mobil Murah: Sebuah Blunder Pemerintah


Baru saja saya baca berita dari detik, pemerintah sedang merengek-rengek kepada produsen mobil untuk memproduksi mobil murah. Berbagai kebijakan telah dipersiapkan sebagai upaya melobi para produsen tersebut.

Saya sendiri jadi bingung dengan pejabat-pejabat pemerintahan itu. Kemungkinan besar mereka tidak pernah bermain catur atau permainan otak yang lain. Terbukti, dalam membuat kebijakan mereka tidak pernah berfikir untuk waktu yang akan datang. Atau justru pikiran mereka memang dangkal sehingga tidak mampu berfikir beberapa langkah ke depan.

Apabila hal itu jadi kenyataan, bisa dibayangkan apabila dikemudian hari jalan-jalan kita semakin penuh dengan mobil. Kemacetan semakin merajalela, polusi semakin menjadi, kecelakaan meningkat dan lain sebagainya. Pemerintah tidak akan mampu mengimbangi pertambahan jumlah mobil dengan pembangunan jalannya. Atau mungkin mereka akan menggusur permukiman, perkantoran dan bangunan lain untuk dibangun jalan. Orang-orang akan seperti keong karena mereka akan tinggal dimobil yang bisa dibawa kemana-mana.

Harusnya pemerintah menekan jumlah mobil dengan menggalakkan angkutan umum yang berkualitas dan sarana prasarana penunjangnya. Busway, subway, monorel, car free day dan lain-lain merupakan solusi kritis bagi kita semua. Semoga kehidupan kita semakin berkualitas dengan berkurangnya kemacetan

Sunday, April 19, 2009

Surat Terbuka untuk Caleg yang Gagal

Alhamdulillah Anda Gagal
(Surat terbuka untuk caleg yang gagal)


Sebuah doa yang tulus kami ucapkan atas kegagalan dari saudara-saudara kita yang telah bertarung untuk menjadi wakil dari kami, seluruh Rakyat Indonesia.

Kami tidak bisa membayangkan apabila bajingan-bajingan seperti anda terpilih menjadi wakil kami. Berapa banyak kesejahteraan kami yang akan anda renggut, berapa hak kami yang akan kalian langgar serta berapa banyak diantara kami yang nantinya kalian korbankan demi keserakahan kalian.

Kemarin kalian datang kepada kami layaknya saudara yang menawarkan segala sesuatu yang menjadi kebutuhan kami. Uang, barang dan jasa kalian bawakan kami dengan bumbu-bumbu kata iklas. Layaknya malaikat yang membawa pencerahan, kalian datang seolah-olah sebagai Makluk Tuhan yang Paling Suci.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini terkuak kalau ternyata kalian hanya manusia yang derajatnya dibawah binatang. Karena saya yakin tidak ada manusia yang memiliki sifat untuk menjilat ludahnya sendiri, meminta sesuatu yang telah mereka berikan kepada saudara-saudaranya yang betul-betul membutuhkan.

Dan bagi manusia-manusia seperti kalian, saya akan selalu mendoakan semoga Tuhan memberi balasan sesuai dengan kehendakNya yang Maha Adil dan Maha Pembalas. Amien

Tuesday, April 14, 2009

Sesuatu yang Tertunda

Sesuatu yang Tertunda


Menunda-nunda pekerjaan terutama pekerjaan yang kita anggap kecil dan remeh bukanlah suatu hal yang tabu bagi kita. Bahkan tanpa kita sadari, kegiatan menunda pekerjaan tersebut meningkat menjadi kebudayaan dan kebiasaan kita.

Seperti halnya pengalaman saya dan teman-teman kuliah, menunda dan menumpuk tugas merupakan hal yang biasa. Semangat akan tumbuh secara kuat saat deadline pengumpulan tugas tersebut datang. Yah maklumlah, kebanyakan masih memegang mitos bahwa "malas pertanda cerdas". Beberapa teman bahkan mengatakan Kalau bisa lembur ngapain kita tidur ?

Permasalahan menjadi semakin rumit apabila pekerjaan yang tampaknya kecil tersebut menumpuk-numpuk dan batas waktu penyelesaiannya bersamaan. Diperlukan adanya manajemen waktu dan efisiensi sehingga kadangkala mengurangi kualitas dari pekerjaan kita tersebut. Dalam hal ini berlaku juga bahwa idealisme akan kalah oleh waktu.

Dan salah satu hal yang tanpa kita sadari, kadangkala kita masih menunda-nunda pekerjaan wajib kita sebagai umat beragama. Saat waktu sholat, kita masih asyik menyelesaikan pekerjaan atau malah asyik bercengkrama dengan orang sekitar kita. Padahal bisa dipastikan, kita semua akan protes bila Tuhan menunda-nunda datangnya rejeki atau jodoh kita.

Semoga saja pikiran selalu cerah ceria sehingga kita bisa menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggungan kita semua, baik itu bersifat dunia maupun akhirat

Sunday, April 12, 2009

Pemilu Paling Bersejarah

Pemilu Paling Bersejarah


Kabar baik bagi anda yang sudah berpartisipasi dalam Pemilu Indonesia 2009 kemarin. Pemili yang menurut sebagian orang bermasalah tersebut ternyata menjadi pemilu paling bersejarah di Indonesia dan layak untuk dimasukkan dalam MURI (Museum Rekor Indonesia) untuk berbagai katagori. Adapun katagori yang layak untuk dimasukkan dalam MURI antara lain:

Pemilu yang dilakukan pertama kali dengan mencontrengModel pemilihan umum dengan cara mencontreng baru pertama kali dilakukan diindonesia. Sebelumnya dilaksanakan dengan cara mencoblos, sehingga banyak pemilih yang merasa kagok sebab mereka terbiasa mencoblos dan dicoblos (terutama bagi yang sudah berumah tangga). Apabila pemilu dengan model mencontreng ini terus dilaksanakan, dikhawatirkan kehidupan suami istri akan terganggu sebab mereka akan terbiasa melakukan aktifitas contreng-mencontreng bukannya coblos mencoblos


Pemilu yang diobok-obok oleh pihak luar sehingga menghasilkan dualisme partai yaitu partai lokal dan non lokalKehadiran Partai Lokal di Aceh sebenarnya merupakan suatu bom waktu yang suatu saat akan mampu meledakkan persatuan dan kesatuan negara kita. Bisa kita bayangkan apabila seluruh propinsi menuntut keberadaan partai lokal. Pemilih yang saat ini sudah pusing akan bertambah pusing. Apalagi PPS yang akan bertambah beban tugasnya.

Pemilu dengan biaya terbesar (yang dikeluarkan oleh pemerintah dan caleg)Dalam setiap kegiatan pemilu, pasti pemerintah akan mengeluarkan anggaran yang besar untuk membiayainya. Sistem pemilu saat ini yang menggunkan suara terbanyak juga mendorong para caleg untuk leih banyak mengeluarkan uang demi meraih suara yang terbanyak pula. Berdasarkan sumber berita yang tidak resmi, bagi caleg DPRD kabupaten Kota/Kab rata-rata menghabiskan 150 juta untuk sosialisasi, DPRD Propinsi 500 juta dan DPR pusat 1-1,2 M. Apabila seluruh pengeluaran dari para caleg tersebut dikumpulkan akan cukup untuk menanggulangi kemiskinan yang menjadi masalah krusial di negara kita. Belum lagi kalau dibelikan kerupuk atau kwaci, dijamin seluruh rakyat Indonesia bisa pesta selama dua hari atau bahkan seminggu.
Pemilu dengan masalah paling banyakPemilu kali ini, ternyata meninggalkan banyak sekali masalah. Dari penentuan partai yang lolos, kampanye sampai pelaksanaanny banyak sekali yang perlu dibenahi. Belum adanya supermasalah yang bernama Daftar Pemilih Tetap atau DPT .
Pemilu dengan golput terbanyakPemilu kali ini merupakan pemilu dengan tingkat partisipasi masyarakat terendah sebab banyak sekali masyarakat yang ingin berpartisipasi namanya tidak tercatat di DPT sedangkan sebagian masyarakat yang namanya tercatat justru tidak mau memanfaatkannya untuk mencontreng.

Wednesday, April 8, 2009

Tips dasar memilih HP

Tips dasar memilih HP


Handphone pada saat ini sudah menjadi kebutuhan dasar bagi kita semua, baik itu pegawai negeri, swasta, buruh pabrik, petani, tukang kayu-batu, tukang nggame, bahkan sampai anak-anak SD. Berbagai merk HP bertebaran di muka bumi indonesia, baik itu nokia, benq siemens, sony ericsson, samsung, LG dan lain sebagainya yang menyajikan berbagai fitur dan fasilitas. Ada yang sms, gprs, mms, kamera, internet, game, kalkulator, radio, walkman dan masih banyak lagi. Dibawah ini, sebagai pencerahan hari ini akan kami sajikan pedoman atau tips bagi kita dalam memilih HP yang bagus sesuai dengan kebutuhan kita.


Kenali dulu kebutuhan kita dan Pilih fasilitas/fitur sesuai
HP tersebut nantinya mau kita gunakan untuk apa, apakah sms, telepon, ngegame, internetan, remote tipi, remote mobil atau hanya sebagai gengsi saja. Jika kebutuhan kita paling banyak adalah SMS, maka pilih HP yang keypadnya enak dan awet buat ngetik. Kalau perlu cari yang bisa dihubungkan dengan keyboard.
Jika hanya untuk telepon cari yang speakernya besar seperti speaker komputer. Kalau hanya buat ngitung mending beli kalkulator yang murah atau beli PS saja jika anda maniak game, dijamin lebih puas.
Jika anda penjaga malam, ada pilihan HP yang bagus buat anda, yaitu HP jadul yang besar-besar, sehingga kalau buat nimpuk maling bisa langsung pingsan.
Jika anda suka chating, main facebook, browsing/internetan, buka-buka email dan lain sebagainya saya sarankan membeli PC atau leptop saja, karena fasilitasnya lebih lengkap.


Menentukan budget atau anggaran
Bukan hanya dalam hal kampanye, anggaran atau uang juga sangat berperan dalam memilih HP. Kalau uang anda terbatas pilih saja HP yang murah, namun apabila anda orang kaya, maka silahkan pilih sesuka anda.


Teliti garansinya
HP yang baru belum tentu memiliki garansi yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Badan Perlindungan Konsumen. Apalagi HP yang baru nyuri, atau nilep atau bahkan baru nemu.
Oleh karena itu apabila ingin membeli HP baik itu di toko atau ditempat lain, untuk menjamin garansinya anda harus bertanya kepada penjualnya apakah dia pencopet, perampok atau pencuri HP. Dijamin anda akan puas (masuk rumah sakit).


Pilih HP yang nyaman
Nyaman dalam hal ini adalah mudah dibawa, tidak memakan tempat dan mudah disembunyikan. HP yang kecil dan tipis saya sarankan dipakai oleh pelajar dan mahasiswa yang suka mencontek.
Selain itu, HP yang nyaman juga menyediakan program autodelete sms, sehingga bagi yang suka selingkuh akan nyaman menggunakan HP tipe ini.


Pilih HP yang awet (kekuatannya bagus)
HP laksana istri, sehingga bisa diajak kemanapun kita suka. Agar tahan lama, maka kita harus bisa memilih HP yang tahan banting/jatuh, tahan panas/api dan juga disarankan bisa berenang (tahan air). HP tahan jatuh/banting biasanya terbuat dari gabus/kapas yang lembut dan tidak licin. HP yang tahan panas biasanya terbuat dari teflon. Selain tahan panas, juga tidak lengket. HP tahan air memang sulit didapatkan, akan tetapi sebagaimana kita ketahui air tidak akan mungkin bercampur dengan minyak. Oleh karena itu lumuri HP anda dengan minyak atau oli bekas agar tidak basa apabila terkena air.

Demikian tadi tips dan pedoman bagi kita semua dalam hal memilih HP. Dan perlu anda ketahui segala sesuatu yang terjadi pada HP anda saat mempraktekkan tips ini bukan menjadi tanggung jawab dari saya.

Saturday, April 4, 2009

Antara Cahaya, Wanita dan Paha

Antara Cahaya, Wanita dan Paha


Cahaya, wanita dan paha merupakan ciptaan Tuhan yang melambangkan keindahan dan kelembutan. Ketiga hal tersebut bisa menjadi pemacu semangat dan pencerah akan tetapi juga bisa mencelakakan hidup kita.

Cahaya merupakan salah satu unsur yang menjadi kebutuhan bagi kehidupan umat manusia. Bisa kita bayangkan apabila dunia tanpa cahaya. Semuanya akan tampak gelap dan membuat kehidupan tidak bergairah

Wanita merupakan salah satu ciptaan Tuhan yang mampu mewakili kelembutanNya. Apabila didunia tidak ada wanita, maka semuanyan tampak monoton dan membuat kehidupan kita menjadi tidak bergairah

Paha (wanita) juga merupakan salah satu keindahan bagi mata-mata nakal para pria. Kalau jaman dahulu cinta datang dari mata terus turun ke hati, kemudian berubah dari wajah turun kehati, dari dada masuk kehati, sekarang terjadi pergeseran dari paha naik ke hati.

Paha wanita merupakan cahaya yang mampu membius dan menyilaukan kaum pria. Seiring dengan jamannya keterbukaan (termasuk paha wanita) banyak sekali bencana yang melanda kita. Banyak pengguna jalan yang mengalami kecelakaan gara-gara mata sopir jelalatan melihat paha wanita. Banyak telinga yang jadi panjang sebelah karena para pria di jewer istrinya saat ngelirik paha wanita di dekatnya.

Semuga kita bisa bijak dalam menilai dan memperlakukan cahaya, wanita dan pahanya

Wednesday, April 1, 2009

Tukang

Tukang


Pencerahan kali ini tidak akan membahas tukang nggame yang suka nembak keyword dimanapun yang dia suka atau tukang kampanye yang suka nyebar-nyebar gambar dan rayuan palsu. Yang ingin dibahas kali ini adalah tukang-tukang lain yang banyak sekali jenis dan spesiesnya.

Tukang sayur biasanya suka menebarkan pesonanya ke ibu-ibu rumah tangga serta pembantu-pembantu yang membutuhkan jasanya. Kalau penggemarnya dah kumpul, tukang sayur akan merelakan arena kekuasaannya digunakan oleh tukang rumpi untuk beraktifitas dan berganti pekerjaan menjadi tukang dengar

Tukang becak merupakan salah satu pekerja keras bermodalkan kaki. Berbeda dengan tukang bola, penghasilan tukang becak tidak ada satu persennya dari mereka (yang sukses). Dan perlu kita ketahui, tukang becak merupakan salah satu obyek yang digemari oleh tukang kampanye.

Salah satu tukang dari segala tukang adalah tukang cukur. Dia bisa mencukur rambut dari tukang-tukang yang lain tanpa bisa mencukur dirinya sendiri. Bahkan tukang presiden-pun akan menundukkan kepala dan merelakan kepalanya dipegang-pegang oleh tukang cukur tadi.

Dari keseluruhan tukang yang saya sebutkan diatas, paling benci apabila bertemu dengan tukang tipu, sebab apapun yang mereka miliki bisa hilang dengan sekejap ditangan tukang tipu tadi.

Di akhir tulisan ini saya menghimbau, mengajak dan memberi tahu kepada teman-teman sekalian agar tetap mendedikasikan dirinya sebagai tukang ngeblog dan tukang koment. Sebab itu adalah salah dua tukang yang banyak manfaat dari pada mudlorotnya sebelum hidup kita berakhir dan badan kita berubah menjadi tukang belulang.

Ps: Tukang apa yang disukai oleh ibu-ibu?
jawab: Tukang yang hilang TK-nya